Sukses

5 Momen Besar dalam Perjalanan Karier Titiek Puspa

Hal menarik apa saja yang pernah mewarnai hidup Titiek Puspa selama 81 tahun?

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi legendaris Titiek Puspa dikenal dengan lagu-lagunya yang melejit pada masanya. Sebut saja "Kupu-Kupu Malam", "Jatuh Cinta", "Dansa Yok Dansa", dan "Marilah Kemari". 

Beberapa karya Titiek Puspa bahkan dinyanyikan kembali oleh sejumlah musisi ternama Tanah Air. Melodi dan lirik yang menarik menjadi ciri khas lagu-lagu ciptaan Titiek Puspa.

Namun, bermusik bukanlah satu-satunya keahlian yang dimiliki Titiek Puspa. Artis serba bisa ini juga pernah menjajal dunia akting, bahkan menjadi guru TK.

Lantas, hal menarik apa saja yang pernah mewarnai hidup Titiek Puspa selama 81 tahun? Berikut adalah 5 momen besar dalam perjalanan karier Titiek Puspa, yang diceritakan dalam buku berjudul Titiek Puspa A Legendary Diva karya Alberthiene Endah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Berawal dari Guru TK

Setelah Titiek Puspa menamatkan Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Guru Taman Kanak-Kanak (SGTK). Sekolah tersebut dipilih Titiek Puspa lantaran dirinya menyukai anak kecil.

Tak hanya itu, Titiek Puspa juga menganggap bahwa dengan menjadi guru TK, bakat menyanyinya akan tersalurkan dengan baik. Langkah awal ini menjadi pengalaman yang mengesankan bagi Titiek Puspa.

 

3 dari 6 halaman

2. Menjajal Dunia Akting

Setelah sukses dalam dunia tarik suara, Titiek Puspa mulai melebarkan sayapnya ke dunia seni peran. Nama Titiek Puspa yang kian dikenal masyarakat, membuatnya mendapatkan banyak tawaran bermain film.

Film yang memengaruhi karier Titiek Puspa ini berjudul Dibalik Tjahaja Gemerlapan (Ejaan yang Disempurnakan: Di Balik Cahaya Gemerlapan). Film ini berkisah tentang sekelompok grup penyanyi yang menghadapi berbagai konflik ketika melakukan perjalanan untuk serangkaian pementasan.

4 dari 6 halaman

3. Jadi Ketua Papiko

Papiko atau Persatuan Artis Penyanyi Ibu kota adalah paguyuban para artis penyanyi yang tinggal di Jakarta. Organisasi yang didirikan pada 27 Mei 1972 ini berawal dari niat baik Titiek Puspa untuk memayungi kiprah penyanyi ibu kota yang sering berkumpul di rumahnya.

Dengan perolehan suara terbanyak, Titiek Puspa terpilih menjadi ketua Papiko. Sejumlah pergelaran Papiko mengukir kesuksesan, khususnya pertunjukan operet yang ditayangkan setiap malam takbiran di TVRI.

5 dari 6 halaman

4. Membuka Usaha Katering

Titiek Puspa saat ini memiliki sebuah wirausaha yang bergerak di bidang penyedia jasa makanan, atau dikenal dengan istilah katering. Cikal bakal usaha kuliner ini berawal dari tawaran TVRI untuk menyediakan makanan selama operet Papiko dikerjakan di bulan Ramadan pada tahun 1984.

Titiek Puspa kemudian teringat pada masa-masa perjuangan keluarganya yang harus berjualan makanan demi menyambung hidup. Akhirnya, Titiek Puspa resmi membuka bisnis katering yang diberi nama Puspa Catering.

6 dari 6 halaman

5. Konser dan Drama Musikal

Dalam rangka merayakan ulang tahun Titiek Puspa ke-70, sebuah konser bertajuk Karya Abadi Sang Legenda: 70 Tahun Titiek Puspa digelar pada 14 November 2007. Dilangsungkan di Jakarta International Expo, konser tersebut dimeriahkan dengan penampilan sederet musisi ternama, di antaranya Ari Lasso, Vina Panduwinata, dan Yovie Widianto.

Sebelumnya, Titiek Puspa juga membuat sebuah drama musikal pada tahun 2006. Dihelat di Jakarta Convention Center, drama musikal tersebut didukung oleh sejumlah selebriti Tanah Air, seperti Ariel, Inul Daratista, Tika Panggabean, dan masih banyak lagi.

(Affiyah Tri Yuni Sari/Mgg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.