Sukses

5 Fakta Gerard Butler, Pemeran Mike Banning di Film Angel Has Fallen

Liputan6.com, Jakarta Film Angel Has Fallen yang dibintangi Gerard Butler dan Morgan Freeman ramai diperbincangkan publik pekan ini. Pasalnya ia menempatkan Gerard Butler sebagai pemeran utama.

Dalam Angel Has Fallen, Gerard Butler memerankan Mike Banning, personel Pasukan Pengamanan Presiden yang berupaya menyelamatkan Presiden AS, Allan Trumbell (Morgan) dari serangan drone saat memancing di danau. Celakanya, justru Mike yang dituding sebagai dalang makar. Ia pun berupaya mengurai skandal politik tingkat tinggi ini.

Pria bernama lengkap Gerard James Butler ini lahir di Paisley, Skotlandia, 13 November 1969. Kariernya meroket usai membintangi film box office seperti 300, Olympus Has London, dan London Has Fallen.

Hingga artikel ini disusun, Gerard Butler telah membintangi lebih dari 50 film. Sebelum menonton Angel Has Fallen, simak dulu lima fakta seputar Gerard Butler yang dikumpulkan Liputan.com dari berbagai sumber.

Selamat menyimak dan selamat menonton! 

2 dari 4 halaman

1. Dari Hukum ke Akting

Gerard Butler sebenarnya memegang gelar Sarjana Hukum dari Universitas Glasgow, Britania Raya. Namun ia tidak menjadikan bidang ini sebagai karier setelah dipecat dari sebuah firma hukum. Ironisnya, tragedi ini terjadi seminggu sebelum upacara pengucapan sumpah jabatan.

Usai menyelesaikan studi hukum di bangku universitas, Gerard Butler banting setir ke dunia akting, pertengahan dekade 1990-an. Ia memulai dengan mengambil peran-peran kecil di film Mrs. Brown (1997) dan film James Bond, Tomorrow Never Dies (1997).

 

2. Mantan Anak Band

Siapa sangka, Gerard Butler pernah menjadi vokalis band asal Skotlandia bernama Speed. Namun musik hanya cinta keduanya setelah akting.

Semasa sekolah, Gerard Butler juga punya band sendiri. Meski demikian, ia tidak punya pengalaman musikal yang spesifik. Itu sebabnya Gerard Butler terkejut saat diterima audisi untuk membintangi film The Phantom of the Opera tahun 2004.

3 dari 4 halaman

3. Mantan Pelayan Toko

Sebelum menjadi aktor, Gerard Butler pernah berprofesi sebagai pelayan restoran, telemarketer, dan peraga mainan di berbagai pameran. Kini ia tak hanya dikenal sebagai aktor tapi juga pengisi soundtrack dan produser. Di Angel Has Fallen, Gerard Butler merangkap aktor dan produser. Karakter Mike Banning pun terbilang kompleks, dari pahlawan negara menjadi buronan. 

Menyoal ini, Gerard Butler saat diwawancara ScreenRant menjelaskan, “Ini terasa aneh, memang. Saat tiba di lokasi syuting, saya merasa berasal dari kehidupan yang lebih baik. Kemudian mengalami banyak kecelakaan dan luka. Jadi saya bisa memahami mengapa Mike ingin menyelesaikan pekerjaan ini sama seperti saya berusaha menuntaskan film.”

 

4. Mati-matian Berhenti Merokok

Gerard Butler berusaha keras untuk berhenti merokok. Ia menjalani berbagai metode dari hipnoterapi, plester antirokok, laser, dan lain-lain. Gerard Butler berhasil berhenti merokok selama setengah tahun saat syuting 300, tahun 2006. Sayang, ia kembali merokok jelang akhir produksi film. 

Gagal berhenti merokok, Gerard Butler justru sukses berhenti mencandu alkohol di usia 27 tahun. Ia telah merasakan beragam dampak buruk alkohol dari memukul kepala sendiri dengan botol miras, hingga tersadar dengan tubuh penuh luka sayatan di Paris, yang jaraknya bermil-mil dari tempat kali terakhir ia menenggak miras.

 

4 dari 4 halaman

5. Peran yang Jadi Judul Film

Sepanjang kariernya, Gerard Butler lima kali bermain di film di mana nama tokoh yang diperankannya dijadikan judul film. Kelima film itu, yakni Dracula 2000, Attila, The Phantom of the Opera, Beowulf & Grendel, serta Burns.

Aktif di film sejak 1997, Gerard Butler diketahui berteman dekat dengan Bradley Cooper.

(Wayan Diananto)

Loading
Artikel Selanjutnya
Angel Has Fallen: Makar Di Amerika Serikat, 18 Paspampres Tewas!
Artikel Selanjutnya
Angel Has Fallen Tayang di Bioskop, Ini 5 Fakta Menariknya