Sukses

Jadi Trending Topic, Film Bumi Manusia Diapresiasi Positif

Liputan6.com, Jakarta Film Bumi Manusia bersama film Perburuan tayang di bioskop sejak 15 Agustus 2019. Film Bumi Manusia, menjadi sebuah film yang ditunggu, tahun ini, mendapatkan respons yang positif dari netizen, pemerhati film Indonesia, maupun penonton dari berbagai kalangan. Meski dengan durasi 3 jam, film ini mampu menyedot perhatian penonton untuk tidak beranjak dari tempat duduknya di dalam studio. 

Salah satunya adalah artis senior Christine Hakim. Usai menonton Film Bumi Manusia, dirinya mengungkapkan rasa kagumnya pada film ini.

"Luar biasa, bagus banget filmnya. Ini harusnya bisa 10 juta penonton. Kalau tidak sampai 10 juta penonton, ada yang salah dengan negara ini," kata Christine Hakim dalam keterangannya kepada wartawan, baru-baru ini.

Selain Christine Hakim, banyak lagi selebritis Indonesia yang merasa senang dengan film yang diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer ini, seperti Marcela Zalianty, Cinta Laura, Tissa Biani, dan Maudy Ayunda. Bukan hanya itu, film Bumi Manusia juga mendapatkan apresiasi positif dari politisi dan pejabat negara seperti Budiman Sudjatmiko dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. 

2 dari 2 halaman

Komentar Warganet

Perhatian luar biasa juga diberikan para netizen dan pemerhati film Indonesia kepada film Bumi Manusia. Seperti yang disampaikan akun @aiyebe. "Belum sempat baca bukunya & hanya dengan review macam-macam yang memberi rating rendah untuk film ini, hingga malam ini ku buktikan sendiri. Orang itu, semuanya omong kosong #bumimanusia,". 

@TryMaharani19 menuliskan,”Ga ngerti lagi, ga bisa komentar apapa, pokoknya keren parah bikin aku mau nonton lagiiiii””” walau ga rela sama endingnya.” Hal senada juga ditulis oleh akun @ChardMaya “Baru kelar nonton #BumiManusia 3 jam ga sia-sia, sesuai & sama bagus dengan bukunya, 9/10 “seorang terpelajar harus juga berlaku adil sudah sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan” -Pramoedya Ananta Toer-.

Pemerhati film Shandy Gasela juga menaruh hati pada film Bumi Manusia. Menurutnya, film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan, Sha Ine Febryanti, dan Mawar De Jongh, ini adalah film terbaik Hanung Bramantyo. "Bumi Manusia: Film terbaik produksi Falcon Pictures Sejauh Ini," tulisnya.

Menurut filmindonesia.or.id, pada hari pertama penayangannya, film Bumi Manusia meski hanya 4 kali show dalam sehari, mampu mendapatkan 98 ribu lebih penonton.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jefri Nichol Mendadak Muncul di Premier Habibie & Ainun 3, Ini Penjelasannya
Artikel Selanjutnya
Zaskia Adya Mecca Bikin Kebijakan Ini untuk Selamatkan Bisnis Kue Kekinian