Sukses

Pemain Film Bumi Manusia Dijamu Sri Sultan Hamengkubuwono X di Keraton

Liputan6.com, Yogyakarta - Para bintang film Bumi Manusia melanjutkan rangkaian kegiatan promosinya di Yogyakarta. Usai meresmikan Museum Bumi Manusia di Gamplong, kali ini Mawar de Jongh, Ine Febrianti, Donny Damara dan sutradara Hanung Bramantyo menyambangi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Setibanya di keraton, rombongan pemain film Bumi Manusia langsung disambut oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Suasana yang awalnya kaku, perlahan mencair setelah orang nomor satu di Yogya itu melontarkan beberapa candaan.

Dalam kesempatan itu, Hanung Bramantyo mengundang Sri Sultan Hamengkubuwono X secara langsung untuk menghadiri gala premiere film Bumi Manusia di Atrium Empire, Yogyakarta, Selasa (12/8/2019) malam. Gayung bersambut, Sultan pun mengiyakan ajakan Hanung Bramantyo.

"Baik, nanti mungkin saya bertiga atau berempat, bareng ibu (istri)," ucap Sri Sultan Hamengkubuwono X.

 

2 dari 3 halaman

Pendidikan Sinematografi

Menariknya, Sultan balik meminta satu hal kepada Hanung Bramantyo. Pria 73 tahun ini berharap Hanung Bramantyo bisa membantu pendidikan sinematografi di Yogyakarta.

"Saya ingin Yogyakarta memiliki lembaga pendidikan sinematografi. Supaya bisa mendidik seniman di bidang film. Kalau belajar film tidak perlu jauh-jauh. Yang penting ada sertifikasi kompetensi. Kalau cuma SMA sudah tidak laku lagi," kata Sultan.

 

3 dari 3 halaman

Tak Perlu Sarjana

"Jadi enggak mesti S1 dulu. Seperti kameraman pun lulusan SMA bisa, yang penting memiliki kemampuan," dia mengakhiri.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Whani Darmawan, Pemeran Darsam dalam Film Bumi Manusia
Artikel Selanjutnya
Bumi Manusia Sukses, Christine Hakim Kirim Pujian Buat Hanung Bramantyo