Sukses

5 Perbandingan Visual Mulan Versi Live Action dan Animasi

Liputan6.com, Jakarta Teaser perdana Mulan versi live action akhirnya dirilis Disney pada Minggu (7/7/2019) kemarin. Publik akhirnya bisa menyaksikan seperti apa visual film yang diangkat dari legenda Tiongkok ini nantinya.

Bila dibandingkan dengan versi animasi yang rilis pada 1998, ada banyak perbedaan dalam Mulan live action. Yang paling menonjol, adalah absennya karakter Mushu, Li Shang, dan Cri-Kee si jangkrik dalam trailer versi baru ini. Unsur musikal juga dipangkas dari film yang bakal tayang tahun depan tersebut. 

Dari teaser yang telah ditonton hampir 13 juta kali ini, terlihat pula bahwa tone Mulan versi live action ini akan lebih serius dari pendahulunya. Dalam keterangannya, Walt Disney Studios memang menjelaskan bahwa film ini adalah adaptasi langsung dari puisi "Balada Mulan". Tak heran, versi ini lebih dekat dengan legenda aslinya ketimbang animasinya. 

Apakah perbedaan ini juga terjadi di segi visual? Simak sejumlah perbandingan dua versi Mulan berikut ini:

2 dari 6 halaman

1. Keluarga Mulan

Dalam dua versi film ini, keluarga Mulan terlihat hidup berkecukupan, tapi tetap tampil sederhana. Dalam film animasi, diceritakan bahwa ayah Mulan adalah seorang veteran perang, sementara dalam sinopsis versi live action disebutkan bahwa ia adalah seorang pejuang yang dihormati.

Dalam versi live action, tidak nampak keberadaan sang nenek. Gantinya, Mulan terlihat memiliki seorang saudara  perempuan. 

3 dari 6 halaman

2. Perjodohan

Salah satu adegan paling ikonis dalam film animasi Mulan, adalah saat ia dirias dengan dandanan tebal untuk menjalani perjodohan. Tak lama, Mulan menghapus makeup tersebut, karena menyadari hal itu bukan jati dirinya. 

Dalam momen ini, Mulan versi animasi dan live action terlihat mengenakan gaya makeup yang berbeda. Yang paling menonjol, adalah riasan kuning dengan bunga di keningnya. 

4 dari 6 halaman

3. Reflection

Lagu"Reflection", bisa dikatakan sebagai salah satu soundtrack film versi animasi yang paling ikonis. Pasalnya, lagu inilah menggambarkan pergolakan batin Mulan dalam mencari jati dirinya yang sesungguhnya.

"Reflection" atau dalam bahasa Indonesia berarti refleksi, juga digambarkan secara visual saat Mulan berdiri di depan kolam yang memperlihatkan bayangan di dirinya. Dalam vesi animasi, refleksi ini terlihat saat Mulan tengah berdandan feminin. Sementara dalam teaser live action, Mulan terlihat tengah berlatih dan tampil dengan dandanan maskulin.

5 dari 6 halaman

4. Peperangan

Adegan peperangan dalam dua versi ini memiliki unsur yang terlihat mirip, yakni pertempuran kolosal di dataran luas bersalju. Kuda hitam milik Mulan juga kembali muncul di versi live action ini. 

Bedanya, dalam versi baru ini Mulan mengenakan kostum warna merah, yang terlihat kontras dengan latar belakang salju yang putih.

6 dari 6 halaman

5. Adegan di Atap

Teaser Mulan versi live action juga menampilkan adegan ikonis dalam versi animasi. Yakni saat Mulan berlari di atas atap untuk berduel dengan Shanyu. Dalam versi pendahulunya, Mulan berhasil memenangkan pertarungan ini dengan bantuan Mushu.

Namun lewat trailer, belum terlihat apakah ada sosok yang akan menyokong perjuangan Mulan, seperti kawan-kawannya di versi animasi.