Sukses

Film Bumblebee jadi Kisah Terakhir Transformers? Ini Fakta-Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Buat pecinta seri Transformers film Bumblebee sangat ditunggu-tunggu. Film ini mengobati kerinduan fans Transformers sejak The Last Knight yang tayang pada 2017 lalu.

Film Bumblebee berkisah tentang Autobot kuning muda yang punya nama asli B-127 dari planet Cybertron ini menceritakan tentang pertama kali dia ke bumi untuk melaksanakan sebuah misi yang diberikan oleh pemimpinnya, Optimus Prime.

Walau badannya tidak sebongsor Optimus Prime, Bumblebee punya tempat tersendiri di hati para penggemar Transformers. Apalagi Autobot warna kuning ini memiliki kepribadian riang, sekaligus petarung yang pantang menyerah.

Nah, dalam film solonya yang juga bertajuk Bumblebee, kepribadian robot ini akan semakin bersinar. Selama hampir dua jam durasinya, Anda mungkin bakal gemas dengan tingkah Bumblebee di film yang tayang mulai Rabu (19/12/2018).

Cerita Bumblebee dibuka dengan sedikit kilas balik robot kuning ini. Ia terluka parah, bahkan kehilangan memorinya setelah berduel dengan salah satu Decepticon.

2 dari 7 halaman

Sutradara yang Berbeda

Ditilik lebih dalam, Bumblebee merupakan film Transformers pertama yang tidak disutradarai oleh Michael Bay. Film Bumblebee ini digarap oleh Travis Knight.

Ia merupakan sosok sineas yang tak asing lagi dengan film animasi. Sebelumnya, ia sempat menyutradarai film animasi Kubo and the Two Strings dan memproduseri ParaNorman serta The Boxtrolls.

Namun, bukan berarti Michael Bay benar-benar meninggalkan franchise Transformers satu ini. Dalam film Bumbleebe, Michael Bay masih terlibat dalam produksi film tersebut sebagai produser.

3 dari 7 halaman

Dalam Bentuk Lain

Penampilan Bumblebee di film ini akan berbeda dengan film Transformers (2007) di mana Bumblebee digambarkan hadir dalam wujud mobil Chevrolet Camaro.

Dalam film Bumblebee, robot kuning itu akan diperlihatkan memiliki wujud lain berupa mobil Volkswagen Beetle koleksi tahun 1967. Wujud mobil tersebut sama seperti dalam serial animasinya.

 

4 dari 7 halaman

Setting era 1980-an

Berbeda dengan film Transformers yang mengambil latar waktu masa kini. Sutradara Travis Knight menerapkan latar waktu masa lalu, yakni era 1980-an. Pada keterangan di sinopsisnya, film ini mengambil tempat pada tahun 1987.

Hal lain yang membuat film ini semakin asyik dinikmati, terutama untuk penonton berusia dewasa, adalah banyaknya referensi tentang budaya populer tahun 80-an. Mulai dari film The Breakfast Club, juga lagu-lagu ngetop dari The Smith sampai Rick Astley.

Menariknya, pada era 1980-an merupakan era kelahiran waralaba Transformers, tepatnya pada tahun 1984.

5 dari 7 halaman

Plot cerita lebih manusiawi

Cerita Bumblebee dibuka dengan sedikit kilas balik robot kuning ini. Ia terluka parah, bahkan kehilangan memorinya setelah berduel dengan salah satu Decepticon.

Charlie (Hailee Steinfeld), seorang remaja kesepian, tak sengaja menemukan dan menghidupkan kembali Bumblebee yang selama ini tersembunyi di tempat rongsokan.

Meski berasal dari dunia berbeda, keduanya mulai saling mengisi kekosongan di kehidupan masing-masing. Charlie membantu Bumblebee menemukan suaranya. Sementara Bumblebee menjadi sahabat rahasia Charlie.

Hanya saja, kebangkitan Bumblebee tak sengaja membuat Decepticon menyadari bahwa ia masih hidup. Si robot kuning ini diburu oleh Dropkick (Justin Theroux) dan Shutter (Angella Basset) demi menemukan markas rahasia Autobot.

Satu hal yang langsung terasa dari Bumblebee, adalah plot ceritanya yang terasa lebih manusiawi ketimbang aksi-aksi hiperbola yang tampil di film pendahulunya.

Persahabatan antara Charlie dan Bumblebee terasa hangat dan menyenangkan untuk dinikmati. Terutama, karena kepribadian sang autobot yang imut, kocak, dan naif. Performa nomine Oscar Hailee Steinfeld pun tak tenggelam oleh Bumblebee. Ia berhasil menghadirkan sisi remaja galau tanpa membuatnya menjadi sosok yang kelewat sinis.

6 dari 7 halaman

John Cena ikut serta dalam film

Pegulat WWE, John Cena turut berakting dalam film Bumblebee. Pegulat WWE tersebut memerankan Agent Burns yang juga punya peranan penting dalam cerita. Ia menjadi saksi pertama datangnya Autobot kuning di bumi.

"Ini benar-benar pengalaman yang luar biasa bekerja dengannya (sutradara Travis Knight). Dia benar-benar tipe pencerita yang istimewa dengan hati yang sensitif. Satu hal yang sangat penting bagi saya dengan hubungan antara Bee dan Charlie Watson adalah sangat otentik dan penuh emosional dan saya pikir kami mencapai itu," kata John Cena dalam sebuah presentasi di CinemaCon.

7 dari 7 halaman

Disinyalir bakal jadi kisah terakhir Transformers

Bumblebee The Movie berfungsi sebagai prekuel dari film transformers yang sudah dirilis pada tahun 2007 lalu. Transformers sendiri saat ini sudah memiliki 5 film yang telah dirilis. Sayangnya di balik gegap gempita penyambutannya, film Bumblebee ini disinyalir akan menjadi seri terakhir dari franchise Transformers. Namun hingga kini, belum ada keterangan resmi terkait rumor ini.

Kabar lainnya, menyebut waralaba film Transformers versi Michael Bay bakal didaur ulang. Menurut situs Transformer World 2005, seperti dilaporkan Comicbook.com, Hasbro yang merupakan pemilik produk mainan Transformers, mengumumkan rencana mengejutkan itu.

Waralaba film-film bioskop Transformers yang selama ini disutradarai atau diproduseri Michael Bay, akan dibuat ulang oleh tim baru dari Paramount. Rencana tersebut akan berjalan setelah film Bumblebee rilis.

Pengumuman tersebut disampaikan pada Jumat lalu dalam ajang Toy Fair 2018 Hasbro Investor Preview. Disitu, diungkapkan bahwa rencana pembuatan enam film baru Transformers yang akan melanjutkan cerita utama, telah ditarik oleh Hasbro dan Paramount demi mengakomodasi proyek-proyek daur ulang mendatang.

Sebuah kesepakatan baru antara Hasbro dan Paramount juga telah terjalin. Dari situ, nantinya Hasbro akan memiliki kendali penuh dalam hal proses kreatif untuk pembuatan film-film daur ulang. Bahkan, bisa atau tidaknya sebuah proyek film dijalankan juga diputuskan secara sepihak oleh Hasbro.

 

Loading