Sukses

Berendam di Tempat Meditasi Suzzanna, Begini Kesan Luna Maya

Luna Maya ditemani Clift Sangra menuju tempat peristirahatan terakhir Suzzanna.

Liputan6.com, Jakarta Sabtu (13/10/2018) lalu adalah peringatan hari lahir mendiang Suzzanna. Pada momen ini Luna Maya menyempatkan diri untuk mampir ke Magelang, Jawa Tengah, bertandang ke sejumlah tempat yang dekat dengan kehidupan Suzzanna. Selain rumah masa kecil Suzzanna, Luna juga sempat berziarah ke makam aktris yang meninggal pada 15 Oktober 2008 ini. 

Hal ini ia lakukan, karena ia membintangi film Bernapas dalam Kubur sebagai karakter Suzzanna. 

"Kebetulan November aku akan ada film sebagai Suzzanna. Jadi ingin ziarah, silaturahmi dan ingin kenal lebih dekat, lebih banyak tahu tentang beliau. Nyuwun sewu dulu istilahnya, mudah-mudahan beliau lihat dari atas bisa senang," tutur Luna Maya yang nyekar sambil membawa bunga melati.

Usai bertandang ke rumah, Luna Maya ditemani Clift Sangra menuju tempat peristirahatan terakhir Suzzanna di TPU Giriloyo untuk nyekar. Makam Suzzanna tampak berbeda dengan yang lain karena badan makam berlapis keramik warna oranye bergrafir melati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat Meditasi

Setelah nyekar ke makam, perjalanan berlanjut ke Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah. Tepatnya ke Umbul Jumprit yang ternyata sering digunakan mendiang Suzzanna untuk berendam dan bermeditasi di pagi buta sebelum bermain film.

Tak sekadar melihat, Luna juga mencoba berendam di air yang begitu jernih dan dingin bukan main. Luna ingin merasakan seperti apa dulu Suzzanna habiskan waktu di sini untuk merilekskan pikiran.

 

3 dari 3 halaman

Kesan Luna Maya

"Well, ini sesuatu yang baru, something yang belum familiar. Kalau di Jawa kan ada adat Kejawen dengan segala kepercayaannya. Ya enggak salah, namanya culture, kalau kita di kota gede kan jarang ada berpikir untuk mandi ritual," tutur Luna Maya. 

Luna Maya berusaha mengambil sisi positif dari tradisi ini. "Aku berpikir ritual seperti ini bagus juga untuk sebuah simbol membersihkan diri. Ya kita ambil positifnya aja, ya belajar sesuatu yang baru juga sih bahwa kalau dulu Bunda Suzzanna itu sering ke sini," pungkas Luna. (Soraya/Kapanlagi.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini