Sukses

Setelah ke Jakarta, Matt Damon Periksa Toilet Umum di Jawa Tengah

Matt Damon sempat mengunjungi rumah dua pelanggan PDAM serta memantau fasilitas toilet umum.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 3 Juli lalu, tersiar kabar bahwa aktor Hollywood Matt Damon sedang berada di Jakarta, Indonesia. Bukan untuk promosi film, aktor Jason Bourne itu datang sebagai co-founder water.org, organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pemenuhan sumber air bersih.

Setelah menyambangi kantor Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Matt Damon juga sempat berkunjung ke Jawa Tengah. Ia menyambangi beberapa desa yang ada di Batang dan Kendal.

Sebuah siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (10/7/2018), menyebutkan bahwa Matt Damon berkunjung ke tiga desa di Batang, Jawa Tengah, pada 4 Juli 2018. Di Desa Selopajan Barat, Kecamatan Blado, ia mendatangi sebuah pondok pesantren untuk bertemu ustaz setempat.

Sementara itu, di Desa Denasri Kulon, Batang, Matt Damon mengunjungi rumah dua pelanggan PDAM serta memantau fasilitas jamban umum. Ia juga mengunjungi Desa Dukuh Kertosari, Kelurahan Sesepuhan, untuk berdiskusi dengan anggota Komida.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejalan dengan Organisasi

Sementara itu, saat berada di Kendal, Matt Damon sempat mengunjungi Desa Kalirandu Gede, Kecamatan Cipiring dan Desa Kartika Jaya, Patebon.

Ia melihat bagaimana Perusahaan Daerah BPR BKK (Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan) menyediakan akses biaya kepada BPPSPAM (Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum) yang ada di kedua desa tersebut.

Pembiayaan ini dirasa sejalan dengan organisasi water.org yang didirikan Matt Damon karena telah memberikan manfaat kepada warga desa setempat dalam mendapatkan akses air bersih yang sebelumnya sulit didapat.

3 dari 4 halaman

Tidak Dipublikasikan

Staf divisi operasional Komida, Alfaris, sempat membenarkan kedatangan Matt Damon di Indonesia pada 3 Juli lalu. Alfaris menjelaskan, kedatangan Matt Damon sengaja tidak dipublikasikan karena bukan untuk konsumsi publik.

Ia menegaskan bahwa Matt Damon hanya memiliki kepentingan dengan lembaga keuangan mikro Komida sesuai kapasitas bisnis water.org.

4 dari 4 halaman

Sempat Diabadikan

Kedatangan Matt Damon yang singkat dan mendadak sempat diabadikan di Instagram @komidaofficial. Organisasi water.org bentukan aktor Hollywood itu telah mulai berdiri sejak empat tahun lalu di Indonesia.

Dikutip dari situs water.org, saat ini organisasi nirlaba tersebut telah bekerja sama dengan 14 lembaga keuangan mikro di seluruh Indonesia.

Berbasis komunitas, organisasi tersebut memiliki misi untuk menyediakan layanan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.