Sukses

Gara-Gara Adegan Kontroversial, Film Peter Rabbit Diboikot

Liputan6.com, Los Angeles - Peter Rabbit, karakter kelinci lucu dari buku anak-anak karangan Beatrix Potter ini, diadaptasi dalam sebuah film yang dirilis pada Februari 2018.

Trailer film Peter Rabbit juga telah diedarkan sejak beberapa waktu lalu. Namun, salah satu adegan di trailer film ini ternyata mengundang masalah.

Pasalnya, ada satu cuplikan adegan dalam trailer Peter Rabbit yang dinilai kontroversial.

 

1 dari 5 halaman

Serangan Blackberry

Dilansir dari The Guardian, Senin (12/2/2018), adegan yang dimaksud adalah saat sekumpulan kelinci yang dipimpin Peter (James Corden) menyerang Thomas McGregor (Domhnall Gleeson) dengan blackberry. Padahal, pria ini diketahui menderita alergi buah tersebut.

Protes lantas muncul karena adegan ini dianggap menyepelekan, bahkan bisa membahayakan para penderita alergi.

2 dari 5 halaman

Dianggap Mengejek

Grup yang mewakili penderita alergi di Australia, Global Anaphylaxis Awareness and Inclusivity, membuat sebuah petisi di internet untuk menuntut permintaan maaf dari distributor film ini, Sony Pictures.

"Mengejek alergi yang sebenarnya serius, adalah hal yang sangat tidak terhormat bagi keluarga yang kehilangan orang terkasihnya karena anaphylaxis," tutur juru bicara kelompok ini.

Anaphylaxis adalah kondisi alergi serius yang dapat menyebabkan penderitanya kehilangan nyawa.

3 dari 5 halaman

Dianggap Berbahaya

Kelompok yang berbasis di Amerika, Kids with Food Allergies Foundation, juga mengingatkan orangtua bahwa adegan ini berbahaya.

"Menyepelekan kondisi ini sangat menyakitkan anggota kami karena mendorong publik untuk tak menganggap reaksi alergi secara serius. Sikap seperti ini bisa membuat penderita alergi berada dalam bahaya," tutur juru bicara kelompok ini.

 

 

4 dari 5 halaman

Seruan Boikot

Tak hanya lewat dua kelompok ini, seruan protes juga muncul di media sosial. Bahkan di Twitter muncul tagar #boycottpeterrabbit yang cukup ramai disuarakan warganet.

"Anakku yang berusia 10 tahun sangat ingin menonton Peter Rabbit, tapi aku tak bakal mengajaknya. Dia punya sejumlah alergi makanan, beberapa membahayakan nyawanya. Aku melihatnya mengalami anaphylaxis dan membawanya ke UGD, Ini BUKAN sesuatu yang lucu #boycottpeterrabbit," tutur seorang warganet.

"Sebagai orangtua yang anaknya menderita alergi pada beberapa makanan, aku jijik pada Sony yang membuat candaan tentang melempar makanan alergen pada penderita alergi. Hal ini akan mendorong orang untuk melakukan penyerangan! Pesan apa yang disampaikan di adegan ini untuk anak-anak?! #boycottpeterrabbit," tutur warganet lain.

Film Peter Rabbit sendiri menceritakan tentang pertengkaran antara Peter dan Thomas McGregor. Meski hidup bertetangga, keduanya tak pernah akur. Perselisihan mereka kian menghebat setelah Thomas menjalin kasih dengan Bea (Rose Byrne), sahabat Peter Rabbit.

Artikel Selanjutnya
Selain Yayan Ruhian, Ini Deretan Aktor Top di John Wick 3
Artikel Selanjutnya
Trailer Mowgli Gambarkan Film The Jungle Book Versi Suram