Sukses

Rizal Mantovani Terpaksa Belajar Bahasa Prancis di Lokasi Syuting

Rizal Mantovani adalah sutradara film Eiffel I'm in Love 2 yang mengambil syuting 80 persen di Paris.

Liputan6.com, Jakarta - Rizal Mantovani bisa bernafas lega. Film terbarunya, Eiffel I'm in Love 2 siap tayang di bioskop di Valentine's Day, 2018 mendatang. Film yang dibintangi Shandy Aulia dan Samuel Rizal itu sangat berkesan bagi Rizal Mantovani. 

Itu karena Rizal Mantovani harus menjalani syuting di Paris, Prancis, selama beberapa waktu jelang musim panas tahun lalu.

"Syutingnya seru. Lagi jelang musim panas, terus saya terpaksa harus belajar bahasa Prancis," ungkap Rizal Mantovani saat berkunjung ke kantor redaksi Liputan6.com, di Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sesuai Prosedur dan Ijin

Rupanya belajar bahas Prancis itu terkait dengan kondisi kru di lapangan. Sesuai pesan produser Sunil Soraya dari Soraya Intercine Film, Rizal Mantovani harus mematuhi apapun yang menjadi konsekuensi syuting di negeri orang.

"Pesan Pak Sunil kita harus ikuti prosedur. Sesuai skenario kan lokasi syuting 80 persen di Paris. Jadi terbanglah kami ke sana. Semua harus sesuai ijin. Ternyata di sana kita harus memakai local crew. Mereka memakai bahasa Prancis dan tak mau pakai bahasa Inggris dalam gunakan istilah selama syuting," papar Rizal Mantovani yang sukses menyutradarai film Jelangkung, 2001 lalu, bersama rekannya, Jose Poernomo.

3 dari 5 halaman

Teriakan dalam Bahasa Prancis

Alhasil, selama syuting di Paris, Rizal Mantovani harus menggunakan istilah lazim di lokasi dalam bahasa Prancis. Jadi lupakan kata 'camera roll', atau 'action', dan atau 'cut', selama syuting. 

"Semua harus dalam bahasa Prancis. Bayangin ya saya jadi belajar kan terpaksa biar para crew di sana ngerti dan mau ikuti perintah saya," papar sutradara yang mengawali karier sebagai sutradara video klip di awal tahun 2000-an ini. 

4 dari 5 halaman

Roti Gosong

Ketika ditanya kata-kata apa dalam bahasa Prancis yang diingat Rizal Mantovani, sutradara ini mengucapkan beberapa kata. "Tuh saya ingatnya begini begini.. Tapi yang paling saya hafal sih 'roti gosong''," katanya sambil tergelak. 

Tentu, Rizal Mantovani berseloroh karena kata dalam bahasa Indonesia itu sering diplesetkan sebagai bahasa Prancis karena memiliki sound sengau mirip dengan gaya orang Prancis bicara.

 

5 dari 5 halaman

Kejar Syuting Mulai Malam

Film Eiffel I'm in Love 2 adalah kelanjutan dari film pertama yang sukses menyedot angka penonton di tahun 2003. Film ini juga dibintangi oleh Helmy Yahya, Tommy Kurniawan dan Hilda Arifin. 

Rizal Mantovani menuturkan film terbaru yang disutradarai ini bakal lebih menarik dan bikin penasaran penonton jalan ceritanya.

"Ini kisah Adit (Samuel Rizal) dan Tita (Shandy Aulia) yang telah menjalani long distance relationship atau LDR selama 12 tahun. Dan jawaban tentang pernikahan mereka ada atau nggak ya di film ini. Anak muda sekarang dan juga orang yang remajanya dulu suka film pertama sama-sama bisa menikmati film ini" papar Rizal Mantovani. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini