Sukses

Reaksi Yon Koeswoyo ketika Lagu Koes Plus Dibajak

Liputan6.com, Jakarta - Para penggemar Koes Plus lagi-lagi harus rela melepas kepergian salah satu personel band legendaris tersebut untuk selama-lamanya. Yon Koeswoyo meninggal dunia pada Jumat (5/1/2018) pagi.

Kepergian Yon Koeswoyo yang dikenal sebagai vokalis Koes Plus ini, bisa saja menyisakan banyak pertanyaan publik. Salah satunya adalah sikapnya terhadap pembajakan terhadap album serta lagu-lagu Koes Plus baik secara fisik maupun digital. Maklum, lagu Koes Plus banyak dan dikenang sampai saat ini.

Tak disangka, Yon Koeswoyo ternyata memiliki hati yang lapang dalam urusan pembajakan karya-karya Koes Plus. Hal itu dikemukakan oleh mantan pemimpin redaksi majalah Rolling Stone Indonesia yang juga pemerhati musik, Adib Hidayat.

Dalam sebuah unggahan di Facebook, Adib Hidayat menceritakan secara singkat momen yang ia lihat sendiri di Rolling Stone Cafe, Jakarta Selatan, pada 2014 silam ketika Yon Koeswoyo membahas pembajakan terhadap karya-karya musik Koes Plus yang legendaris di industri musik Tanah Air hingga saat ini.

1 dari 3 halaman

Pernyataan Yon Koeswoyo

"Yon Koeswoyo 1940-2018. Tahun 2014 saat peluncuran buku 'Kisah dari Hati Koes Plus' karya Ais Suhana di Rolling Stone Indonesia, Yon Koeswoyo bilang: 'Lagu-lagu Koes Plus banyak dibajak. Biarkan saja. Kami ikhlas...,'" tulis Adib Hidayat, Jumat (5/1/2018)

Preskon 10 tahun Rolling Stones (Galih W. Satria/bintang.com)

Ia melanjutkan kisahnya, "Denny Sakrie salah satu orang yang kerap menulis tentang Koes Plus dan Koes Bersaudara untuk Rolling Stone Indonesia. Kedua orang ini pergi selamanya di bulan Januari, Denny Sakrie (3 Januari 2015) dan Yon Koeswoyo (5 Januari 2018). Selamat jalan Mas Yon Koeswoyo..."

Mendiang Denny Sakrie dikenal sebagai pengamat musik dan juga penyiar radio serta penulis kolom di beberapa media. 

2 dari 3 halaman

Jejak Yon Koeswoyo Sebelum Meninggal

Yon Koeswoyo meninggal dunia pada Jumat (5/1/2018) pukul 05.50 WIB karena mengalami penyakit komplikasi. Pada 2016 lalu, ia sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Namun sang istri, Bonita, mengatakan bahwa selama di rumah sakit, Yon Koewoyo tak mau makan selain masakan rumah.

Yon Koeswoyo punya riwayat penyakit infeksi paru-paru dan jantung dan sempat dirawat di salah satu rumah sakit di kawasan BSD, Tangerang Selatan. "Mas Yon juga punya riwayat sakit diabetes," ucap Bonita, dalam satu kesempatan.

Yon Koeswoyo dikenal sebagai musikus legendaris. Bersama saudara-saudaranya, ia mendirikan band Koes Bersaudara di era tahun 1960-an. Kemudian band itu berubah nama menjadi Koes Plus dengan bergabungnya Murry sebagai penggebuk drum. Tak terhitung banyak hit Koes Plus yang dikenal sebagai lagu legendaris hingga kini.

Artikel Selanjutnya
Gandeng Maliq & D'Essentials, Batiga Rombak Lagu Cinta Bertuan
Artikel Selanjutnya
Luncurkan Album Solo, Toto Tewel Terbang Sendiri