Sukses

Rindu Kampung Halaman, Charly Van Houten Ciptakan Lagu Cirebon

Liputan6.com, Cirebon - Di tengah kesibukan Setia Band merilis album Bintang Kehidupan dan mendaur ulang lagu Nike Ardilla dalam album tersebut, ada sisi lain yang dilakukan sang vokalis, Charly Van Houten.

Musisi ternama asal Pantura Cirebon itu ternyata merindukan kampung halamannya. Lelaki asal Desa Tersana Blagedog Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon ini, mengaku pernah merasakan rindu yang sangat luar biasa kepada Cirebon.

Setelah menyanyi lima buah lagu, Charly pun langsung pamit menuju rumah sakit.

"Siapa pun pasti akan merindukan kampung halaman, termasuk aku sendiri," ujar Charly Van Houten di Cirebon, Jumat (22/12/2017).

Menurut dia, tanah kelahiran menjadi bagian dari setiap langkah hidup manusia. Cirebon, kata dia, menjadi inspirasi dan kebanggaannya hingga saat ini.

Dalam upaya mengobati rasa rindu dengan kampung halaman, Charly Van Houten pun menciptakan sebuah lagu berjudul "Cirebon Adalah Kita".

1 dari 4 halaman

Konsultasi

"Sekitar satu setengah bulan yang lalu saat itu di Bandung, saya duduk terdiam konsultasi dengan seniman di Cirebon, akhirnya tercipta lagu ini," kata dia.

Charly mengaku, sebelum lagu tersebut tercipta, ia sempat merasakan getaran energi yang masuk dan selalu mengingat Cirebon. Namun, di tengah kesibukannya merilis album baru, membuat Charly tidak berkutik.

Hingga akhirnya, dia menciptakan lagu yang juga dipersembahan khusus untuk Cirebon. Namun, saat itu ia belum terpikir menentukan judul yang pas.

"Setelah saya konsultasi dengan kang Cepi tiba-tiba ada celetukan 'Cirebon Adalah Kita' dan jadilah judul lagu," tutur Charly Van Houten.

2 dari 4 halaman

Kenangan dan Perjalanan

Lagu tersebut, kata dia, berisi tentang kenangan dan perjalanan Charly sejak kecil hingga menjadi musisi. Terlihat pada bagian syair lagu yang dibuat Charly begitu dalam.

"Bagian syairnya seperti ini: 'Cirebon Kotaku Tercinta, tempat lahirku di kandung bunda. Tempat lahirku banyak cerita. Tempat dulu masa kecil kita bermain, tempat dulu masa kecil kita banyak cita-cita'," sebutnya sembari memetik gitar akustiknya.

Charly mengaku lupa kapan tepatnya lagu tersebut dibuat. Namun, ia menaruh semangat dan harapan yang tulus dalam lagunya sebagai nilai luhur generasi Cirebon untuk terus berkarya.

"Apa pun bidangnya kita tetap harus berkarya. Orang Cirebon harus berani menunjukkan yang terbaik dan jujur," harap Charly.

3 dari 4 halaman

Bersama Seniman Cirebon

Tidak sekadar menuangkan rindu dalam lagu saja. Charly juga memiliki harapan besar dari buah karya yang diberikan untuk Cirebon itu sendiri.

Charly pun mendapat kesempatan bertemu beberapa seniman Cirebon yang bersama-sama mengemas lagu tersebut. Dia yakin bahwa lewat lagunya, Cirebon akan semakin dikenal dan banyak wisatawan.

Dia tengah berdiskusi bersama seniman Cirebon untuk menentukan arah dan komposisi musik di lagunya itu. Namun, dia juga berharap lagu tersebut tak hanya dinikmati warga Cirebon.

Warga luar Cirebon pun diharapkan selalu merindukan wilayah Pantura Jawa Barat ini. Seperti halnya lagu berjudul "Yogyakarta", semua orang hafal dan selalu menyanyikan lagu tersebut di mana pun berada.

"Kemungkinan juga akan jadi hit single atau masuk dalam salah satu lagu di albumku ke depan," kata dia.

(Reporter: Panji Prayitno)

Artikel Selanjutnya
Letto Dangdutan di Mocosik Festival 2018
Artikel Selanjutnya
Gandeng Maliq & D'Essentials, Batiga Rombak Lagu Cinta Bertuan