Sukses

Sulitnya Setia Band Daur Ulang Lagu Nike Ardilla

Setia Band tak mau jiwa di lagu "Bintang Kehidupan" hilang ketika mereka daur ulang.

Liputan6.com, Jakarta - Setia Band memberikan sebuah penghormatan terhadap penyanyi legenda Indonesia, Nike Ardilla. Penghormatan tersebut dibuat dalam bentuk lagu daur ulang milik Nike Ardilla berjudul "Bintang Kehidupan". Mereka bahkan menamakan album terbaru Setia Band sama seperti lagu tersebut.

Charly (vokal) dan Pepeng (gitar) mengakui, ide mendaur ulang lagu "Bintang Kehidupan" muncul dari label yang menaungi mereka, Trinity Optima Production. Setia Band mengakui, bukan hal yang mudah ketika mereka mendaur ulang lagu legendaris itu. Untuk menyelesaikan lagu tersebut, Setia Band butuh waktu dua bulan.

Setia Band (istimewa)

"Recycle lagu ini gampang-gampang sulit. Gampang karena sudah ada contohnya, ya gampang kalau cuma nyanyi. Tapi aku pengin nyanyi yang enggak merusak nilai-nilainya, susah. Almarhumah membawakan dengan luar biasa. Aku berpikir sampai dua bulan," kata Charly Van Houten bersama Pepeng, di peluncuran album Bintang Kehidupan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2017).

Ketika menggarap lagu "Bintang Kehidupan", Setia Band sangat berhati-hati. Mereka tak mau kehilangan jiwa di lagu yang mereka daur ulang. "Lagunya mudah, kalau cuma nyontek anggap aja aku kembali ke band dulu. Tapi ini berat sekali. Makanya aku enggak neko-neko nyanyinya," ujar Charly Van Houten.

"Musik digarap harmonis banget. Nyanyinya hati-hati. Lagu ini sudah populer, nyawa melekat. Orang-orang sudah tahu dan pas dibawakan dibuat gini-gini, tapi kemurnian dan kekuatan lagunya hilang, energinya hilang. Makanya aku enggak mau (sembarangan)," ucap Charly melanjutkan.

Vokalis Setia Band, Charly Van Houten ketika beraksi di atas panggung. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara soal musik, Charly dan Pepeng tak mau membuat lagu "Bintang Kehidupan" terdengar Melayu, seperti musik yang diusung Setia Band sejauh ini.

"Lagu ini enggak dikemas aneh. Enggak Melayu-Melayu banget. Pop aja. Paling hanya ubah sedikit-sedikit, tapi butuh meditasi ngubahnya," kata Charly sambil tertawa.

Soal pemilihan judul album sama dengan judul lagu Nike Ardilla, Setia Band punya alasan sendiri. "Album kedua kami beri judul Istana Bintang, itu tentang harapan dan impian. Jadi itu lagu yang luar biasa juga. Pas mau album ini keluar, ya sudah akhirnya spirit bintang itu dikeluarkan lagu," jelas Charly van Houten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.