Sukses

‎‎Ayah Yana Zein Buang Gaun Pengantin Putrinya

Ayah Yana Zein, Nurzaman, yakin putrinya tak pernah berganti agama.

Liputan6.com, Jakarta - Ayah Yana Zein, Nurzaman, menuturkan cerita ketika ia memutuskan untuk menguburkan putrinya secara Islam. Ia mengaku terkejut saat melihat jenazah Yana Zein sudah diformalin dan dirias. Nurzaman pun berinisiatif untuk memandikannya sebanyak tiga kali.

"Saya ikut buka kain penutup petinya, saya buka sarung tangan dan saya lepas bajunya semua. Saya selimuti dengan kain batik dan dicuci dengan detergen, karena kan supaya bersih dan lemak-lemaknya hilang," ungkap Nurzaman, saat ditemui di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2017).

Pembacaan doa oleh keluarga dan kerabat jelang pemakaman Yana Zein di Rumah duka Fatmawati, Jakarta, Jumat (2/6). Yana Zein meninggal pada kamis (1/6/2017), karena kanker payudara stadium VI yang dideritanya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Usai mengafani Yana Zein, Nurzaman sempat ditanya seseorang mengenai gaun pengantin yang semula dikenakan Yana Zein. Pria asal Sumatera itu pun memerintahkan agar gaun pengantin tersebut segera dibuang.

"Ada orang yang tanya, itu tadi gaun pengantinnya gimana? Ya sudah buang saja, karena sudah enggak ada gunanya. Habis itu kan langsung dibawa ke pemakaman," kata Nurzaman.

Nurzaman juga bersikeras memakamkan Yana Zein secara Islam. Ia yakin putrinya tak pernah berganti agama seperti yang diungkapkan mantan istrinya, Swetlana.

Penaburan bunga di atas makam Yana Zein di TPU Gandul, Cinere, Depok, Jumat (2/6). Yana Zein meninggal pada kamis (1/6/2017), karena kanker payudara stadium VI yang dideritanya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Itu harga mati (memakamkan Yana secara Islam). Orang mati kan enggak ada lagi, jadi harga mati. Intinya kami enggak menyalahkan agama lain, mereka enggak salah. Yang salah itu mamanya (yang ingin memakamkan secara Nasrani)," kata Nurzaman. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.