Sukses

"Goal!", Kisah Santiago Menapak Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta: Anda bermimpi ingin menjadi pemain sepakbola terkenal? Coba tonton film bergenre sport berjudul Goal!. Film ini merupakan trilogi tentang kisah perjuangan seorang pemain sepakbola mencapai impiannya menjadi pesepakbola kelas dunia yang penuh tantangan.

Film pertama dari trilogi ini berjudul Goal! The Dream Begins, dirilis pada 2005. Dikisahkan, seorang pemuda berdarah Meksiko bernama Santiago Munez. Ayahnya yang hanya seorang tukang kebun membuat Santiago (diperankan Kuno Becker) harus bekerja sebagai pelayan restoran untuk mengumpulkan uang dengan harapan bisa membeli perlengkapan bola.

Berkat ketekunannya berlatih di sebuah tim lokal, Santiago dilirik seorang pemandu bakat untuk bergabung di klub Newcastle United. Di sinilah dia memulai merajut impian untuk menjadi pemain sepak bola terkenal. Penyakit asma yang dideritanya tidak menjadi halangan, tapi justru membawanya berkenalan dengan seorang perawat wanita yang kemudian menjadi kekasihnya.

Tidak hanya kisah perjuangan Santiago yang menarik untuk dikuti, sepanjang film kita juga akan melihat suasana latihan klub terkenal Inggris ini serta wajah-wajah kondang seperti Alan Shearer, David Beckham, Raul Gonzalez, Zinedine Zidane, dan Sven-Goran Eriksson. Film ini diakhiri dengan bergabungnya Santiago bersama klub Real Madrid.

Sekuel film ini mengangkat judul Goal! Living the Dream dan dirilis pada 2007. Pada bagian kedua ini dikisahkan pengalaman Santiago bergabung dengan klub raksasa Spanyol itu. Seiring dengan kesuksesan yang dia raih, Santiago harus mengorbankan hubungannya dengan sang kekasih yang menolak pindah ke Spanyol. Sementara di Madrid, Santiago makin tenggelam dengan pergaulan kelas atas.

Namun begitu, Santiago cepat tersadar akan impian masa lalunya dan kembali tekun menjalani hari-hari sebagai pemain sepakbola. Demikian pula hubungannya dengan sang kekasih yang kembali membaik. Film ini diakhiri dengan keberhasilan Santiago dan pemain Real Madrid lainnya menjuarai Liga Champions.

Sama seperti pada film pertama, film ini juga menyegarkan mata para pecandu sepakbola dengan hadirnya sejumlah nama kondang di jagad sepakbola. Mereka antara lain Iker Casillas, Sergio Ramos, Roberto Carlos, David Beckham, Raúl González, Zinédine Zidane, Ronaldo, Robinho, Michael Owen, Thierry Henry, Cesc Fàbregas, dan Fredrik Ljungberg.

Sekuel terakhir film ini diberi judul Goal! Taking on the World yang dirilis pada 2009. Film ini tidak lagi memfokuskan cerita pada kehidupan Santiago sebagai tokoh utama. Cerita lebih banyak mengisahkan dua pemain Real Madrid lainnya yang bersahabat dengan Santiago. Kedua rekan seniornya ini berasal dari Inggris, Charlie Braithwaite (Leo Gregory) dan Liam Adams (JJ Feild).

Sukses di Real Madrid membuat mereka turut diikutkan masuk ke dalam pasukan tim negara mereka masing-masing untuk ajang Piala Dunia. Dikisahkan, dua pemain Inggris tadi berniat mematahkan kutukan 40 tahun Inggris yang tak pernah lagi menjuarai Piala Dunia. Sayang, film ini mendapatkan banyak kritik karena tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Semua pemain sepakbola profesional yang dimunculkan ternyata diambil dari rekaman pertandingan Piala Dunia 2006. Bahkan, seluruh permainan sepakbola dari para aktor utama dibuat melalui proses efek komputer. Jadi, adegan para aktor di lapangan tidak sebaik di dua film sebelumnya. Yang tampak adalah para aktor tidak berhadapan langsung dengan para bintang sepakbola sebenarnya di lapangan hijau.

Lanjutan dari kisah Santiago ini belum lagi terdengar, meski banyak yang menunggu-nunggu hadirnya film Goal IV. Kabarnya, lanjutan film ini nantinya akan menceritakan kisah asmara Santiago dan kekasihnya yang terputus serta kiprah Santiago di tim Piala Dunia Meksiko pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Jadi, kita tunggu saja.(ADO)