Sukses

6 Nama Asli Musikus Ini Bakal Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Percayakah Anda bahwa sebagian musikus Tanah Air ini memiliki nama asli yang unik.

Liputan6.com, Jakarta - Selain memiliki karya musik yang menjual, bagi seorang musikus, nama tentu punya pengaruh yang cukup besar dalam hal eksistensi.

Idealnya selain mudah diingat, nama-nama itu diharapkan mampu menggambarkan karakter mereka saat beraksi di atas panggung.

Tak heran, cukup banyak para musikus yang berani memakai nama panggung atau beken yang cukup unik. Bahkan tak jarang, nama-nama tersebut berbeda jauh dengan nama asli mereka. Berikut beberapa di antaranya:

Charly Van Houten

Sejak melejitnya grup band ST12 pada 2005 silam, sosok Charly Van Houten secara tak langsung muncul menjadi idola baru para penggemar musik Tanah Air.

Uniknya, meski nama Charly Van Houten masih tersohor sampai saat ini, rupanya banyak yang belum tahu kalau pria berusia 34 tahun itu memiliki nama asli Muhammad Casmali Parli.

Moldy dan Ian Kasela

Jauh sebelum Kangen Band lahir, sebuah grup asal Banjarmasin, Radja, sempat merajai industri musik Tanah Air pada 2003 silam. Dua personelnya, yaitu Moldy dan Ian Kasela pun sempat menjadi sorotan lantaran aksi seru mereka saat di atas panggung.

Nah, bagi yang belum tahu, Moldy dan Ian Kasela sebenarnya bukanlah nama asli mereka. Moldy diketahui memiliki nama asli Mulyadi. Sementara Ian Kasela bernama asli Samijan.

Memes

Nama penyanyi Memes sempat membumbung tinggi pada tahun 1994. Salah satu lagu unggulannya, "Terlanjur Sayang" bahkan sempat menjelma sebagai lagu yang paling sering diputar selama tahun 1995.

Untuk urusan nama, Memes sebenarnya memiliki nama asli Meidiana Maemunah. Nama Memes sendiri berasal dari Meisje yang dalam bahasa Belanda artinya 'anak perempuan'.

Titiek Puspa

Musikus senior Titiek Puspa mempunyai cerita sendiri terkait nama aslinya. Awalnya, Titiek terlahir dengan nama Sudarwati, tapi ia kemudian mengganti namanya dengan Kadarwati hingga berubah lagi menjadi Sumarti.

Soal nama Titiek Puspa yang sekarang ini disandangnya, nama itu rupanya penggabungan dari nama panggilannya sehari-hari dengan nama sang Ayah, Puspo.

Mulan Jameela

Terakhir, ada Mulan Jameela yang sebelumnya sempat dikenal dengan nama Mulan Kwok saat dirinya masih tergabung dalam duo Ratu garapan Maia Estianty.

Sebenarnya, nama asli Mulan Jameela adalah Raden Terry Tantri Wulansari. Nama Mulan sendiri konon diambil dari nama Wulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini