Sukses

Gaya Xanana Gusmao di Dangdut Academy Asia 2

Liputan6.com, Jakarta Episode Dangdut Academy Asia 2 (DA Asia 2) Rabu (2/11/2016) malam terasa istimewa. Pasalnya, di deretan kursi penonton tampak mantan Presiden dan Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao. Tidak heran, sebab pada penyelenggaraan tahun ini Indosiar mengundang peserta dari negeri tetangga di timur Indonesia itu. 

Kehadiran tokoh dari Timor Leste ini bukan sekadar membuat bangga para peserta Timor Leste yang bertarung Rabu malam itu. Siapa yang menyangka kehadiran Xanana Gusmao menghibur hadirin di Studio Emtek, Daan Mogot, Jakarta Barat, dan juga jutaan pemirsa Indosiar. 

Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Timor Leste ini justru tampil menghibur. Tengoklah aksi goyangnya saat Maria, salah satu peserta membawakan lagu "Tersisih" hit milik Rita Sugiarto. Xanana berdiri dari kursinya di antara penonton. Cendikiawan muslim, Din Syamsuddin, yang duduk di sebelahnya tersenyum melihat aksi sahabatnya yang juga tokoh dunia itu. 

Bahkan, Xanana Gusmao tak sungkan ikut menjadi backing vocal bersama pembawa acara Irfan Hakim. Itu terjadi saat Gerson, peserta Timor Leste, membawakan tembang "Judi". Di bagian refrain dengan lirik kata 'bohong' ensemble suara Senor Xanana dan Irfan membuat meriah suasana. 

Kehadiran Xanana Gusmao di panggung DA Asia 2 episode Rabu malam itu tak lepas dari peran Din Syamsuddin. Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Timor Leste ini adalah salah satu keynote speaker di acara diskusi Wold Peace di Jakarta, yang digelar organisasi yang dipimpin Din Syamsuddin.

Dan kebetulan, Din cukup dekat dengan Ramzi, salah satu host DA Asia 2. "Saya bilang ke Ramzi, bahwa acara ini bagus dan saya senang sekali. Karena bukan saja menghibur, tapi juga menjadi sarana silaturahmi antar negara tetangga Indonesia. Dan, bisa jadi sarana dakwah karena ada lagu seperti 'Judi' yang dibawakan. Saya ajak menteri Xanana ke sini," kata Din Syamsuddin.