Sukses

Lepas dari EXO, Kris dan Luhan Harus Bayar Denda

Liputan6.com, Seoul - Wu Yi Fan atau Kris merupakan mantan personel EXO yang hengkang Juli 2014 silam. Tak lama, Luhan mengikuti jejak Kris. Untuk memutuskan kontrak sebagai member EXO, Kris dan Luhan melayangkan gugatan kepada agensinya, SM Entertainment.

Kris dan Luhan melakukan kegiatan solonya sebagai bintang di Tiongkok. Tanpa malu-malu lagi, Kris dan Luhan membintangi film Mandarin terbaru. Kris debut dengan film Somewhere Only We Know (2014). Sementara, Luhan dengan Back to 20 (2014).

Keluar secara sepihak, agensi yang mengasuh EXO, SM Entertainment beranggapan Kris dan Luhan masih menjadi artisnya. Alasannya, mereka masih terikat kontrak eksklusif dengan salah satu agensi terbesar di industri K-Pop itu.

Perseteruan SM Entertainment dengan Kris dan Luhan sempat berlarut-larut. Bahkan, Pengadilan Pusat Distrik Seoul, Korea Selatan, sampai turun tangan dengan membuat keputusan untuk menunjuk seorang wakil untuk memaksa mediasi rekonsiliasi antara SM Entertainment dan dua mantan personel EXO tersebut.

Kris dan Luhan sepakat keluar dari SM Entertainment, diwartakan Nate, Jumat (22/7/2016). Namun usaha mediasi tampaknya selalu gagal dilakukan. Sidang dilakukan sebagai cara ampuh menyelesaikan masalah.

Setelah beberapa kali menggelar sidang, keputusan terakhir pun diambil. Kris dan Luhan akhirnya bisa keluar dari SM Entertainment. Hasil sidang mencapai kesepakatan, kontrak Kris dan Luhan berakhir.

SM Entertainment memberikan izin mantan artisnya melakukan kegiatan solo, tapi tidak di dua negara yaitu Korea Selatan dan Jepang. Hal itu diamini oleh perwakilan dari Wu Yi fan atau yang dikenal dengan Kris.

"Kontrak Kris dan SM Entertainment berakhir mulai tanggal 21 Juli 2016. Kris bisa melakukan kegiatan solo kecuali di Jepang dan Korea. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan penggemar. Kris berjanji akan bekerja dengan lebih keras lagi," ujar pihak Kris dalam sebuah pernyataan.

Hal serupa juga dilakukan pihak Luhan yang langsung memberikan pernyataan, artisnya keluar dari SM Entertainment. Rupanya di balik itu semua, Kris dan Luhan harus membayar denda kepada SM Entertainment. Sayangnya, masalah pembayaran denda tak mau dipublikasikan, hanya kedua belah pihak yang mengetahuinya.

Sumber lain menyebutkan, Kris dan Luhan bisa lepas dari EXO. Tapi mereka masih menjadi artis SM Entertainment hingga tahun 2022, diwartakan Star News. (Des/Gie)