Sukses

6 Film Kartun Anak Ini Punya Adegan Menakutkan

Setidaknya, terdapat lima judul film kartun anak yang memiliki adegan menakutkan.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan anak-anak selalu disuguhi tontonan kartun oleh orangtuanya. Sehingga, film kartun atau animasi kerap dicap sebagai sajian untuk anak-anak. Seiring berjalannya waktu, para sineas membuat film animasi khusus dewasa. Sehingga, kartun untuk anak dibedakan lewat coretan serta desain karakternya.

Namun ternyata, beberapa sineas animasi di Hollywood banyak yang kelewat batas. Memang mereka niatnya menciptakan film kartun dengan desain untuk anak-anak. Akan tetapi, di tengahnya justru terselip adegan yang cukup untuk memberikan mimpi buruk bagi anak-anak yang menontonnya.

 

Beberapa film yang dimaksud, kebanyakan menggunakan hewan-hewan sebagai karakternya. Jalan ceritanya pun dibuat ke dalam alunan genre fantasi. Sehingga, para sineas seolah ingin memperlihatkan kalau adegan mengerikan tersebut tak akan ditemui dalam dunia nyata.

Pada kenyataannya, adegan-adegan tersebut sangat rentan dengan unsur kekerasan, mistis, dan juga horor. Bahkan, cukup banyak orang dewasa yang mengaku tidak nyaman saat menyaksikan momen menakutkan itu.

Dari sekian banyak film kartun anak yang memberikan nuansa menakutkan, setidaknya ada enam judul yang patut untuk diketahui. Beberapa film tersebut banyak yang dirilis di era 1980-an. Apa saja itu? Simak selengkapnya di halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Ferngully

1. Ferngully (1992)

Film yang dirilis pada 1992 ini diadaptasi dari buku FernGully: The Last Rainforest karya Diana Young. Ferngully sebetulnya tergolong sebagai film yang indah dengan sesosok peri wanita sebagai karakter utamanya.

Keindahan dunia peri di film ini tiba-tiba rusak dan sekilas menjadi sajian horor. Sesosok makhluk berbentuk kerangka manusia ditampilkan dalam film ini. Bentuknya cukup menjijikan dengan cairan hijau kecoklatan membalut permukaan kerangkanya.

3 dari 7 halaman

The Secret of NIMH

2. The Secret of NIMH (1982)

Berpusat pada seekor tikus wanita yang hidup bersama seorang anaknya, The Secret of NIMH diambil dari buku anak-anak bertajuk Mrs. Frisby and the Rats of NIMH yang ditulis oleh Robert C. O'Brien. Drama film ini mulai berjalan setelah sang tikus harus menyembuhkan anaknya yang sakit. Ia pun memutuskan untuk pindah rumah.

Satu adegan memperlihatkannya bertemu dengan sosok burung hantu raksasa yang cukup mengerikan. Tampilannya bisa membuat anak-anak takut terhadap hewan terbang tersebut. Bahkan, karakter antagonisnya terlihat mengerikan.

4 dari 7 halaman

Watership Down

3. Watership Down (1978)

Secara tampilan, Watership Down memang terkesan dibuat untuk anak-anak. Terlebih lagi, karakter-karakter yang ada di dalam film adaptasi novel karya Richard Adams ini merupakan kelinci-kelinci berbentuk lucu.

Meskipun begitu, film garapan sineas Inggris ini memiliki banyak adegan mengerikan. Beberapa di antaranya adalah saat dua kelinci sedang berkelahi. Tak hanya rupa kelinci yang dibuat sangat buas, namun darah mereka ikut bertebaran di sepanjang adegan tersebut.

5 dari 7 halaman

Brave Little Toaster

4. Brave Little Toaster (1987)

Disimak secara keseluruhan, tak ada yang patut dicemaskan dengan Brave Little Toaster. Ditambah lagi, film ini berfokus pada sesosok pemanggang roti yang melakukan petualangan bersama teman-temannya yang terdiri dari selimut listrik, lampu, dan radio.

Namun begitu, film adaptasi novel karya Thomas M. Disch ini memiliki satu adegan cukup menyeramkan. Di salah satu momen, si pemanggang roti digambarkan menjadi penyebab kebakaran. Lalu penonton melihat seorang pemadam kebakaran berwajah layaknya iblis dengan riasan badut. Cukup untuk membuat anak kecil menjerit.

6 dari 7 halaman

All Dogs Go to Heaven

5. All Dogs Go to Heaven (1989)

Film yang bertempat di akhir 1930-an ini, menghubungkan antara anjing dengan surga, seperti judulnya. Sekilas kita menganggap film ini seolah memberi pesan kepada anak-anak untuk mencintai anjing. Akan tetapi, satu adegan mengerikan justru ditebarkan.

All Dogs Go to Heaven tak hanya menggambarkan para anjing yang menghuni surga setelah tiada. Akan tetapi, turut diperlihatkan juga bagaimana nasib beberapa ekor anjing saat mereka terjebak di neraka. Sosok-sosok menyeramkan yang digambarkan sebagai penghuni neraka dirasa menakutkan bagi anak-anak.

7 dari 7 halaman

The Last Unicorn

6. The Last Unicorn (1982)

The Last Unicorn diambil dari buku karya Peter S. Beagle yang sangat kental dengan nuansa fantasi. Begitu dituangkan ke layar lebar, film ini memiliki desain karakter yang cukup feminim dan dirasa cocok bagi anak-anak.

Namun setelah melihat beberapa adegannya, banyak yang bisa menimbulkan mimpi buruk bagi anak-anak. Salah satunya adalah ketika seekor banteng raksasa yang diselimuti api mengejar si kuda tanduk yang menjadi tokoh utamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini