Sukses

Masuk Season ke-3, Apa Saja yang Berubah di Dangdut Academy?

Liputan6.com, Jakarta - Sering menonton Dangdut Academy 3 yang ditayangkan Indosiar setiap hari mulai pukul 18.30 WIB? Jika ya, pasti sudah tahu di kontes dangdut yang masuk session ke-3 ini, Dangdut Academy banyak berbenah.

Dari kursi dewan juri, salah satu juri kesayangan yang sudah menemani sejak gelaran pertama hingga tahun kedua; Beniqno sudah tak duduk di sana tahun ini. Bunda Hetty Koes Endang dengan ilmu dan kesenior-annya di dunia musik jadi pengganti. Inul Daratista, Saipul Jamil, Rita Sugiarto, dan Iis Dahlia masih jadi komentator tetap.

Belakangan, muncul Bunda Dorce Gamalama tampil sebagai juri tamu, bahkan hingga Rabu (10/2/2016), sudah kali keempat. Komentator DA Asia asal Brunei, Fakhrul Razi juga sempat jadi juri tamu beberapa waktu yang lalu. 

Para peserta D'Academy 3. [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Kehadiran Bunda Dorce cukup membuat semarak dengan komentarnya yang terkadang sering memakai feeling. Meski banyak dibilang sok tahu, namun kebanyakan apa yang beliau ucapkan nyatanya acap benar. Inilah yang membuat DA3 makin greget.

Apalagi yang berubah dari DA3? Apalagi kalau bukan hostnya.

Jika di musim pertama berhasil melejitkan Trio D'Terong yang terdiri dari Ramzi, Irfan Hakim dan Rina Nose, lalu bertambah dengan masuknya Andhika Pratama di season kedua; maka untuk DA3, ada Gilang Dirga.

Nassar dan Iis Dahlia

Gilang sebelumnya menjadi trio host bersama Andhika dan Gading Marten di ajang Stand Up Comedy Academy yang sukses ditayangkan Indosiar beberapa waktu lalu. Ia juga tercatat masih menjadi host tetap di Stand Up Comedy Club yang tayang saban pukul 16.30 WIB.

 

Pada awalnya, Gilang hanya menggantikan posisi Irfan Hakim yang menjalani umrah saat DA3 baru memulai hari kedua. Namun ternyata kehadiran Gilang masih dipertahankan hingga kini. Alhasil, kita melihat ada lima orang berdiri di panggung DA3 bertindak sebagai host acara.

Sementara itu, yang terakhir dan paling menarik di DA3 kini ada trio baru yang memproklamirkan diri. Trio ini datang dari dewan penasihat atau komentator. Ivan Gunawan, Nassar, dan Soimah membuat Trio Gunarso. Gunarso sendiri adalah singkatan dari Igun-Nassar-Soimah. Ketiga penasihat ini punya tugas masing-masing sesuai kapasitasnya. Ivan Gunawan masih fokus menilai dari sisi kostum, Nassar memperbaiki vokal kontestan, dan Soimah mengoreksi aksi panggung.

Penghargaan bergengsi dangdut, Indonesian Dangdut Awards menggandeng Rina Nose, Irfan Hakim dan Ramzi menjadi pembawa acara. Benarkah itu?

Aksi lucu Trio Gunarso kini jadi yang paling ditunggu pemirsa setia DA3. Trio ini kini malah punya banyak penggemar di jejaring sosial media. Kekompakan mereka yang sangat gengges pada beberapa hal jadi gimmick sekaligus amunisi DA3 selain kontroversi Bang Ipul versus Soimah yang sempat memanas pada awal kompetisi.

Dangdut Academy 3 kini sudah memasuki babak 21 Besar atau Top 21 dengan tujuh grup berisi tiga akademia, di mana metode penjuriannya adalah satu peserta dipastikan lolos, dan dua peserta dengan polling SMS terendah akan dinilai oleh dewan juri melalui vote. Bagi yang mendapat jumlah lampu merah lebih banyak, akan menjadi yang tersenggol. Sementara peserta dengan lampu hijau lebih banyak akan menemani peserta yang lolos ke babak selanjutnya.(Puj/Mer)