Sukses

Sambut Hari AIDS, Inilah Artis-artis yang Pernah Lakukan Tes HIV

Liputan6.com, Jakarta Dunia hiburan sempat dihebohkan dengan pengakuan Charlie Sheen yang mengaku jika dirinya mengidap virus HIV. Sheen sudah memendamnya sejak 2 tahun belakangan sampai akhirnya mau terbuka.

Bayang-bayang virus HIV memang masih menjadi momok bagi masyarakat dunia dan Indonesia. Tak terkecuali dengan profesi sebagai publik figur.

Beberapa artis Tanah Air pun ada beberapa yang dengan terang-terangan melakukan tes HIV untuk membuktikan mereka terjangkit atau tidak. Hal ini mereka lakukan untuk mengetahui sejak dini.

Lalu, siapa sajakah artis-artis Indoenesia yang pernah melakukan tes HIV? Liputan6.com merangkum beberapa di antaranya.

 

2 dari 6 halaman

Roy Marten

Aktor senior Roy Marten juga sempat melakukan tes HIV di kota kelahirannya Salatiga beberapa waktu yang lalu. Kala itu, Roy enggan menutup-nutupi mengenai tes yang dilakukannya. Dirinya sudah yakin dan siap dengan segala risikonya. Menurut Roy, apa yang dikerjakannya bukanlah aib.

"Lho yang saya kerjakan adalah test HIV, hasilnya negatif. Jadi selama pandangan masyarakat seperti itu ya nggak akan ada yang berani test. Dan itu justru berbahaya, jangan di balik dong," kata Roy.

Menurut Roy, tes yang dilakukannya diperlukan untuk mengetahui penyakit lainnya. Dengan tes itu maka seseorang yang berisiko menderita HIV AIDS akan mengetahuinya lebih dini. Dengan demikian diharapkan mereka dapat diambil langkah-langkah penanganan agar bisa diobati dan tidak menularkannya kepada yang lain.

"Lebih baik kita tes HIV seperti halnya tes kolestrol, hepatitis. Semua penyakit (itu) mematikan kalau nggak diobati. (Dengan vct) jadi tau lebih dini, lebih baik dari pada sudah terlambat,'' ujar dia. "Karena dengan tes, kalau sampai diri kita kena HIV, pertama bisa diobati kedua tidak menularkan ke orang lain," kata dia lagi.


3 dari 6 halaman

Kiwil

Komedian Kiwil juga sempat melakukan tes HIV di sebuah rumah sakit. Hal ini dilakukannya demi kesehatan keluarganya. Selain itu, salah satu kerabat istrinya juga ada yang terkena penyakit mematikan tesebut.

"Dia tes itu karena takut. Kan ada Omnya, kena HIV sekarang dirawat. Kita sekeluarga jenguk. Dia orangnya parnoan, fobia, setiap ada sesuatu harus gimana. Cipika-cipiki sama Omnya. Dia takutnya kena atau gimana,” kata Kiwil.

Kiwil mengaku awalnya ia merasa tersinggung saat diminta istri untuk menjalani tes HIV. Namun, akhirnya demi keluarga dirinya mau melakukan.

"Saya juga, anak-anak semua. Awalnya tersinggung. Tapi demi kesehatan, ya udah jalanin, semua akhirya ikut tes darah. Saya istri, sampai istri tua saya ikut. Hasilnya negative (mengidap HIV)," tutur Kiwil.

4 dari 6 halaman

Joe Taslim

Bintang film internasional Joe Taslim sempat melakukan tes HIV untuk mengkampanyekan pentingnya kepedulian masyarakat terhadap HIV. Bintang Fast and Furious 6 ini mengaku dengan mengikuti tes sedini mungkin berguna untuk mengetahui riwayat kesehatan diri seseorang.

"Selama ini banyak orang yang takut melakukan tes darah karena takut atau risih. Padahal tes sedini itu penting. Kampanye kami bertujuan untuk memberi kesan bahwa tes HIV itu fun," ujarnya.

Joe Taslim menceritakan ketika dirinya pertama kali melakukan tes HIV.

"Awal pertama kali tes HIV saat mau syuting di Amerika. Ternyata nggak ribet kok. Manfaatnya bisa tahu riwayat kesehatan. So far saya masih aman," ujarnya.

"Sebenarnya ini penyakit bisa kita cegah, preventif, supaya nggak makin meluas. Kita bisa tes preventif 6 bulan sekali. Saya senang banget bisa jadi partisipan," pungkasnya.


5 dari 6 halaman

Dian Sastro

Aktris cantik Dian Sastro termasuk salah satu artis yang sempat melakukan tes HIV. Kendati awalnya ragu, pemeran Cinta dalam film ADA APA DENGAN CINTA? ini akhirnya memantapkan hati. Dian mengaku bahwa pengetahuan singkat yang dia dapat dari dunia medis, membuatnya memberanikan diri.

"Ternyata early testing HIV itu masih banyak orang bilang nggak tahu. Mereka itu nggak pernah tes. Saya baru tahu kalau tes-nya itu simple, darah yang diambil itu sedikit dan nggak sakit. Ini bermanfaat buat kita. Saya ternyata tidak mengidap, saya bersyukur," kata Dian saat ditemui di Senayan City beberapa waktu yang lalu.

Menurut istri dari Indraguna Sutowo ini, Dian memang mengikuti pemeriksaan dini akibat ajakan komunitas. Dian memperoleh informasi tersebut melalui organisasi TemanTeman. Sehingga dirinya berniat menyebarkan pemeriksaan dini penyakit mematikan tersebut.

"Mereka menjelaskan program TemanTeman.org dari perjalanan Bintaro ke Jakarta Selatan di mobil. Mereka menjual program sehingga saya tertarik," katanya. Karenanya sejak tahu mengenai hal tersebut, ia memeriksakan diri atas penyakit HIV/AIDS.

6 dari 6 halaman

Raline Shah

Untuk pertama kalinya Raline Shah menjalani tes HIV/AIDS. Hal itu dilakukan Raline guna menggalakkan hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember mendatang.

Diakui Raline, dirinya tak khawatir ketika darahnya diambil untuk diperiksa. Ia justru bersyukur mendapat undangan khusus dari Pemerintah DKI Jakarta untuk meramaikan acara tersebut.

"Suatu kehormatan bagi aku diundang Pemerintah DKI Jakarta. Makanya aku harus penuhi datang ke sini, karena AIDS itu penyakit serius. Ini pertama kali aku tes darah untuk HIV," ungkap Raline Shah di Taman Suropati, Jakarta Pusat, Minggu (29/11/2015).

Selain itu, bintang film 5 Cm itu mengimbau masyarakat agar sebisa mungkin menyempatkan diri untuk melakukan tes HIV/AIDS. Pasalnya, penderita AIDS di Indonesia terus bertambah.

"Makanya sangat penting hari AIDS ini. Kita mengingatkan teman-teman yang beresiko tinggi untuk pergi tes, jangan malu. Kita nggak judge, yang penting semua bertanggung jawab dengan kesehatannya. Apalagi di Jakarta, kota kosmopolitan yang lifestyle-nya berisiko tinggi," tuturnya.

"Tenang saja nanti hasilnya rahasia untuk kita. Jadi kita nggak perlu malu," tambah Raline Shah.

Tak lupa, Raline mengingatkan masyarakat untuk menjauhi beberapa hal yang menjadi penyebab utama HIV/AIDS.

"Kita harus tahu status kesehatan kita apapun itu. Karena HIV ini penularannya itu banyak. Dan kebanyakan dari seks bebas, ganti jarum suntik, narkoba, serta pencemaran darah yang lain," kata artis kelahiran 30 Maret 1985 tersebut.