Sukses

Para Idola K-Pop Ini Tampak Percaya Diri Kenakan Batik

Liputan6.com, Jakarta Batik, berasal dari dua kata yaitu `Amba` yang berarti menulis dan `Titik` yang bermakna titik. Batik merupakan salah satu simbol kebudayaan Indonesia yang berasal dari tanah Jawa dan memiliki nilai seni yang tinggi sejak dahulu kala.

Sempat hampir diklaim oleh Malaysia, oleh UNESCO, batik akhirnya secara resmi diakui sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia dan menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Ditetapkannya tanggal tersebut bertujuan agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia mengenakan batik di hari itu sebagai wujud cinta pada budaya bangsa. Kini batik telah semakin berkembang dan modern, tidak hanya dikenal sebagai pakaian formal atau kuno saja.

Maka tak jarang banyak warga negara luar yang juga mengenakan batik seperti beberapa idola K-Pop. Sejumlah idola ini dengan percaya diri tampil gaya mengenakan pakaian batik di berbagai kesempatan. (Eka/fei)

2 dari 6 halaman

Tiffany SNSD

1. Tiffany SNSD

Saat menghadiri Burberry Prorsum Fashion Show 2012 lalu di Kensington Gardens, London, Inggris Tiffany mengenakan gaun mini tanpa lengan berwarna hitam kecoklatan. Menariknya, gaun ini memiliki corak khas batik. Di acara tersebut, Tiffany hadir bersama Seohyun dan Yoona.

3 dari 6 halaman

Luhan eks-EXO & Eunhyuk Super Junior

2. Luhan eks-EXO & Eunhyuk Super Junior

Luhan terlihat mengenakan kaus bercorak batik saat tampil di majalah Men's Health Tiongkok pada Agustus 2012 lalu saat masih bergabung dengan EXO-M.

Kaus yang dikenakan Luhan ini berwarna cokelat dengan corak bergambar kipas yang terlihat seperti batik.
Kaus yang sama juga pernah dipakai oleh Eunhyuk Super Junior saat tampil dalam konser “Super Junior Super Show 4 World Tour” di Indonesia pada April 2012 lalu.

4 dari 6 halaman

G-Dragon & Taeyang Big Bang

3. G-Dragon & Taeyang Bing Bang

Usai menggelar konser di Indonesia pada Oktober 2012 lalu, dua personel Big Bang, G-Dragon dan Taeyang menerima banyak hadiah dari para penggemarnya di Tanah Air, di antaranya batik. Saking antusiasnya, kedua idola ini memamerkan batik yang mereka terima melalui foto yang diunggah di akun Twitter G-Dragon dengan pose lucu.

Taeyang terlihat memakai kemeja dan kain batik serta blangkon sambil berpura-pura memainkan suling. Sementara G-Dragon berdiri satu kaki di sebelahnya dengan mengenakan kaus Barong khas Bali dan kain batik serta blangkon.
"Swag kkkkkk," tulisnya.

5 dari 6 halaman

Sandeul B1A4

4. Sandeul B1A4

Ketika menggelar konser di Indonesia pada Maret 2013 lalu, B1A4 mendapat banyak kejutan dari para penggemar khususnya bagi Sandeul. Vokalis utama B1A4 itu menerima kejutan ulang tahun dan hadiah berupa kemeja batik.
Kemeja berwarna cokelat itu pun langsung ia kenakan hingga membuat para penonton berteriak histeris.

6 dari 6 halaman

SISTAR

5. SISTAR

Grup idola SISTAR terlihat kompak mengenakan gaun mini bernuansa batik saat tampil di Indonesia dalam acara musik KBS Music Bank pada Maret 2013 lalu. Tak hanya itu, para personel SISTAR juga membeli beberapa pakaian batik saat berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta.

Meski tanpa riasan, mereka tetap terlihat cantik. Soyu mencoba terusan batik berwarna merah, Bora dengan atasan batik longgar berwarna gelap dan Dasom yang mengenakan terusan tanpa lengan berwarna kuning dan hijau.