Sukses

Harga Saham Dell Sentuh Rekor Tertinggi Tersengat Sentimen AI

Saham Dell naik 6 persen menjadi USD 162,82 setelah kenaikan berkurang pada Jumat sore. Kenaikan itu meningkatkan kapitalisasi pasarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Harga saham Dell Technologies mencapai rekor tertinggi pada Jumat, 24 Mei 2024 di tengah reli perusahaan yang mengerjakan aplikasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan didukung oleh optimisme yang kuat terhadap teknologi baru.

Mengutip CNN, ditulis Sabtu (25/5/2024), Nvidia mencatat kinerja keuangan yang kuat dan memperkirakan pendapatan di atas harapan wall street pada Rabu pekan ini memperkuat belanja pelanggan untuk generasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin kuat.

Momentum positif juga meluas ke Dell yang baru ini meluncurkan komputer pribadi berorientasi AI dan server yang lebih bertenaga melalui kerja sama dengan Nvidia.

"Ini merupakan peluang baru yang penting dan tepat waktu bagi Dell,” ujar Bob O’Donnell dari TECHnalysis Research.

Saham Dell naik 6 persen menjadi USD 162,82 setelah kenaikan berkurang pada Jumat sore. Kenaikan itu meningkatkan kapitalisasi pasarnya sekitar USD 6,6 miliar. Saham Dell naik lebih dari dua kali lipat sepanjang 2024, berakhir di zona hijau dalam tiga sesi sebelumnya.

Pada Jumat, 24 Mei 2024, harga saham Nvidia naik hampir 1 persen dan saham Qualcomm menguat 4 persen. Saham Arm Holdings yang tercatat di Amerika Serikat menguat 2,3 persen. Saham perusahaan perangkat lunak C3.ai dan Palantir Technologies masing-masing naik 0,6 persen dan 1,6 persen.

"Perusahaan chip akan mendapatkan keuntungan besar dari pesanan terkait chip AI, terutama dari penyedia Cloud yang telah mengindikasikan peningkatan belanja modal secara signifikan pada 2024,” ujar Analis Couterpoint Research, Akshara Bassi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wall Street Sepekan

Sebelumnya, wall street bervariasi selama sepekan dengan indeks Nasdaq catat kenaikan terbesar.

Mengutip CNBC, Sabtu (25/5/2024), selama sepekan, indeks S&P 500 hanya naik tipis 0,03 persen. Indeks Nasdaq menguat 1,41 persen. Indeks Dow Jones merosot 2,22 persen, menandai mingguan negatif pertama dalam lima minggu.

Pada perdagangan Jumat, 24 Mei 2024, indeks Nasdaq mencatat rekor tertinggi baru seiring kenaikan saham produsen chip Nvidia. Hal ini menjadi katalis positif di tengah kekhawatiran the Federal Reserve (the Fed) atau bank sentral AS akan menunda penurunan suku bunga.

Indeks S&P 500 menguat 0,7 persen ke posisi 5.304,72. Indeks Nasdaq naik 1,1 persen ke posisi 16.920,79. Indeks Dow Jones menguat tipis 4,3 poin atau 0,01 persen ke posisi 39.069,59.

Saham Nvidia melonjak 2,6 persen pada perdagangan Jumat pekan ini seiring antusiasme terus berlanjut usai merilis laporan keuangan. Sentimen itu mendorong, harga saham Nvidia berada di atas USD 1.000 untuk pertama kalinya.

Sentimen bullish terhadap raksasa artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dan perusahaan teknologi lainnya mendorong pasar lebih tinggi bahkan ketika kekhawatiran the Fed tidak akan menurunkan suku bunga pada musim panas ini.

3 dari 4 halaman

Sentimen Suku Bunga The Fed

Setelah beberapa rilis data ekonomi dan tenaga kerja yang kuat pekan ini, Goldman mendorong perkiraan penurunan suku bunga pertama the Fed kembali ke September dari posisi Juli.

“Inflasi kemungkinan akan meningkat pesat pada September, tetapi tidak sempurna, dan keputusan pemangkasan suku bunga kurang jelas,” tulis ekonom Goldman, David Mericle.

Sementara itu, pelaku pasar sekarang memperhitungkan kemungkinan kurang dari 50 persen bank sentral akan menurunkan suku bunga pada pertemuan September, menurut CME FedWatch Tool.

Pada Jumat pekan ini, sejumlah saham teknologi menguat. Harga saham Advanced Micro Devices dan Intel masing-masing naik 3,7 persen dan 2,1 persen. Saham Meta dan Netflix masing-masing reli 2,7 persen dan 1,7 persen. Kenaikan harga saham teknologi itu mendorong indeks Nasdaq cetak rekor pada 2024.

4 dari 4 halaman

Dell Luncurkan Monitor 5K 40 Inci

Sebelumnya, di sisi lain, Dell baru saja mengumumkan layar monitor teranyar yang memenangkan penghargaan CES 2024 Innovation Award Honoree.

Bernama Dell UltraSharp 40 Curved Thunderbolt Hub Monitor (U4025QW), ini adalah layar monitor 5K berukuran 40-inci pertama bersertifikat bintang lima untuk kenyamanan mata.

Dell menggadang-gadang sangat cocok bagi Anda yang bekerja sebagai pembuat konten, data scientist, insinyur, atau siapa saja membutuhkan monitor berkualitas tinggi.

Dengan monitor ini, Anda bisa menikmati gambar dan warna sangat tajam dan jernih dengan resolusi 5K (5120x2160).

Monitor ini juga memiliki color space 99 persen DCI-P3/Display P3 untuk menjamin akurasi warna sempurna, sebagaimana tertulis di keterangan resmi Dell, Selasa (23/1/2024).

Dell mengatakan, konsumen juga bisa mengkalibrasi warna pada layar Dell U4025QW dengan mudah menggunakan perangkat lunak Dell Color Management.

Selain itu, Dell UltraSharp 40 Curved Thunderbolt Hub Monitor ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang membuat mata Anda lebih nyaman menatap layar monitor Dell lebih lama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini