Sukses

Lanjutkan Tradisi, Produsen Cat Avian Bakal Tebar Dividen Rp 1,36 Triliun

Nilai dividen yang dibagikan oleh Avia Avian sudah termasuk dividen interim yang telah dibayarkan Perseroan pada tanggal 31 Oktober 2023 senilai Rp 681.489.111.600 atau sebesar Rp 11 per lembar saham.

Liputan6.com, Jakarta - PT Avia Avian Tbk (AVIA)  dalam  Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar, Kamis , 4 April 2024 menyetujui untuk membagikan dividen senilai Rp 22 per lembar saham yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk Perseroan. 

Total dividen tunai yang dibagikan AVIA mencapai Rp 1,36 triliun atau mewakili rasio pembayaran dividen (dividend payout ratio) sebesar 83,0% dari laba bersih tahun buku 2023 yang tercatat sebesar Rp 1,64 triliun dengan tingkat marjin laba bersih 23,4%. 

Nilai tersebut sudah termasuk dividen interim yang telah dibayarkan Perseroan pada tanggal 31 Oktober 2023 senilai Rp 681.489.111.600 atau sebesar Rp 11 per lembar saham. 

Dengan demikian, sisa dividen tunai yang akan dibayarkan kepada pemegang saham Perseroan sekurang-kurangnya sebesar Rp 681 miliar. Rasio pembayaran dividen yang mencapai 83,0% ini jauh di atas kebijakan umum dan komitmen dividen Perseroan, yaitu minimal 50% dari laba bersih Perseroan. 

Head of Investor Relations Avian, Andreas Timothy Hadikrisno mengatakan keputusan distribusi dividen tentunya telah mempertimbangkan anggaran kebutuhan modal kerja, anggaran untuk program share buyback, anggaran belanja modal (capital expenditure).

“Belanja modal rutin maupun belanja modal ekspansi yang diperuntukan untuk pembangunan pabrik ketiga Perseroan di Cirebon, serta kebutuhan pengembangan usaha dan hal terkait lainnya,” kata Andreas dalam siaran pers, Kamis (4/4/2024).

Selalu Bagi Dividen di Atas 80%

Capaian pertumbuhan laba bersih AVIA yang mencapai double-digit pada 2023 sebesar 17,3% menggambarkan kemampuan Perseroan dalam mengelola kualitas asetnya.  Adapun asio return on asset (ROA) Perseroan pada 2023 mencapai 14,7% dan rasio return on equity (ROE) Perseroan di periode yang sama tercatat sebesar 16,6%.

Selama tiga tahun terakhir, AVIA telah membagikan dividen di atas 80% dari laba bersih tahunan. Pada 2022 sendiri, rasio pembayaran dividen AVIA mencapai 92,9% dari total laba bersih tahun 2022. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Avia Avian

Avia Avian dikenal sebagai perusahaan dengan nama Avian Brands. Perusahaan ini sudah lebih dari 4 dekade memproduksi cat yaitu Avian Cat Kayu dan Besi, Avitex Cat Tembok Kebanggaan Orang Hebat, dan No Drop Cat Pelapis Anti Bocor.

Avian Brands memiliki 2 pabrik yang terintegrasi secara vertikal dari hulu hingga ke hilir. Pabrik cat AVIA adalah salah satu pabrik terbesar di Indonesia yang telah menerapkan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Warehouse Management System (WMS).

Serta mengembangkan digital sistem seperti Automatic Weighing System (AWS), Distributed Control System (DCS), Computerized Monitoring Board (CMB), Yard Management System (YMS), dan Computerized Maintenance Management System (CMMS) untuk meningkatkan produktifitas, efektifitas, keakuratan data dan mendukung program ramah lingkungan dengan meminimalkan pemakaian kertas.

AVIA juga menggunakan energi terbarukan (energi surya) dalam mendukung gerakan Go Green dan menggunakan atap transparan untuk mengurangi pemakaian energi listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini