Sukses

Erajaya Group Catat Penjualan Rp 60,1 Triliun di 2023, Naik 21,6 Persen

PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), perusahaan distributor dan retail perangkat elektronik yang berhubungan dengan telekomunikasi, mencatatkan penjualan naik di 2023

Liputan6.com, Jakarta PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), perusahaan distributor dan retail perangkat elektronik yang berhubungan dengan telekomunikasi, mencatatkan penjualan bersih sepanjang 2023 sebesar Rp 60,1 triliun atau meningkat 21,6% dari Rp 49,5 triliun pada 2022. 

Sejalan dengan peningkatan penjualan, laba kotor tercatat tumbuh 20,3% menjadi Rp 6,45 triliun, dengan marjin laba kotor sebesar 10,7%. Laba setelah pajak yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat sebesar Rp 826,1 miliar sepanjang 2023. 

Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada, Hasan Aula mengatakan pada 2023 merupakan tahun yang penuh dengan dinamika, seiring dengan peluang sekaligus tantangan dari kondisi perekonomian nasional serta global yang membawa dampak pada pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat. 

“Erajaya melihat dinamika ini sebagai salah satu kesempatan untuk mengembangkan vertikal bisnis dan jaringan ritel kami,” kata Hasan dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (3/4/2024).

Ritel Fisik

Perseroan juga menambah kehadiran ritel fisik melalui pembukaan 629 gerai baru di sepanjang 2023. Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Group telah memiliki 2.049 gerai ritel yang beroperasi di Indonesia, Malaysia dan Singapura. 

Perseroan juga memiliki 97 pusat distribusi untuk mendukung operasional bisnis, serta bekerja sama dengan lebih dari 70.000 toko ritel pihak ketiga. 

“Ekspansi jaringan ritel untuk menjangkau kota-kota di Indonesia bertujuan untuk memenuhi permintaan dari masyarakat yang ingin mendapatkan produk yang melengkapi gaya hidupnya dari gerai yang dioperasikan oleh Erajaya Group,” jelas Hasan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjualan Online

Paralel dengan pengembangan gerai fisik, Erajaya Group terus mengembangkan channel online untuk menjawab permintaan dari pelanggan melalui layanan e-commerce eraspace, serta hadir di sejumlah platform e-commerce ternama di Indonesia. 

Program CRM yang dikembangkan oleh Perseroan yakni MyEraspace pada 2023 memiliki hampir 10 juta anggota, atau meningkat 50% dibandingkan dengan jumlah keanggotaan pada 2022.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini