Sukses

Harga Saham Reddit Melonjak pada Perdagangan Perdana

Reddit yang belum mencatat keuntungan tahunan sejak diluncurkan pada 2005, memikat investor dengan posisikan konten sebagai tempat pelatihan untuk program kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Liputan6.com, Jakarta - Saham platform media sosial Reddit mencatat penguatan pada hari pertama perdagangan di Bursa Efek New York. Saham Reddit naik 48 persen menandakan minat investor terhadap penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) kepada perusahaan-perusahaan yang menjanjikan tetapi rugi bisa saja kembali.

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat (22/3/2024), saham Reddit dibuka di posisi USD 47 pada Kamis, 21 Maret 2024 dari harga perdana USD 34. Saham Reddit ditutup di posisi USD 50,44.

IPO membawa valuasi Reddit sebesar USD 6,4 miliar, Perseroan mengumpulkan dana USD 748 juta. Valuasi Reddit mencapai USD 10 miliar dalam penggalangan dana  pada 2021.

Reddit yang belum mencatat keuntungan tahunan sejak diluncurkan pada 2005, memikat investor dengan posisikan konten sebagai tempat pelatihan untuk program kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Reuters melaporkan, Reddit mencapai kesepakatan lisensi data dengan Google senilai USD 60 juta per bulan.

Dalam roadshow IPO, Reddit meski masih mengandalkan iklan untuk sebagian besar pendapatannya, Reddit menyebut AI sebagai area pertumbuhan. Pekan lalu juga terungkap Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (AS) sedang mempertimbangkan kesepakatan lisensi data tentang Amerika Serikat.

“Pada dasarnya kami adalah perusahaan yang sedang berkembang. Mencapai misi kami berarti ingin mengembangkan pengguna dan komunitas,” ujar Chief Operations Officer Reddit, Jen Wong.

Proses IPO Reddit sudah berlangsung lama. Perseroan secara rahasia mengajikan IPO pada Desember 2021, tetapi penurunan saham yang disebabkan perang Rusia-Ukraina dan kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve (the Fed) membekukan sebagian pasar IPO dan sejumlah calon emiten menunda IPO.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investor Abaikan Rugi Reddit

Asisten Profesor Keuangan di Vanderbilt University, Josh White menuturkan, IPO Reddit menunjukkan investor bersedia mengabaikan kerugian perusahaan karena potensi pertumbuhannya, sebuah tren yang tidak terlihat setidaknya selama tiga tahun.

“Tidak banyak IPO teknologi besar. IPO tersebut cenderung sangat populer karena sulit untuk memberli pertumbuhan seperti itu,” ujar White.

Popularitas Reddit naik ke level baru selama kisah meme stock pada 2021. Di mana sekelompok investor ritel berkolaborasi di forum wallstreetbeats untuk membeli saham perusahaan seperti GameStop.

Sebagian bagian dari rencana untuk memberikan penghargaan kepada pengguna, Redditt telah mencadangkan 8 persen saham yang ditawarkan kepada pengguna dan moderator yang memenuhi syarat.

Reddit juga menawarkan sejumlah saham kepada investor ritel melalui platform broker online Robinhood, SoFi Morgan Stanley Wealth Management dan Fidelity Brokerage Servives.

 

3 dari 4 halaman

Reddit Incar Valuasi Setara Rp 100,93 Triliun saat IPO

Sebelumnya diberitakan, Reddit menargetkan valuasi hampir USD 6,5 miliar atau sekitar Rp 100,93 triliun (kurs Rp 15.527,00 per dolar AS) dalam penawaran umum perdana saham(initial public offering/IPO) mendatang. Perusahaan dan pemegang saham yang ada berencana untuk menjual sekitar 22 juta saham dengan kisaran harga USD 31 hingga USD 34 per saham.

Kapitalisasi pasar yang diproyeksikan mencerminkan jumlah saham yang sepenuhnya terdilusi, bukan hanya saham yang akan segera beredar.

Reddit juga telah menyisihkan sekitar 1,76 juta saham untuk pengguna dan moderator tertentu, yang dikenal sebagai Redditor, yang ingin berpartisipasi dalam IPO dan telah membuat akun penggunanya sebelum 1 Januari. Redditor akan dapat membeli saham tersebut dan kemudian menjualnya. di pasar terbuka karena mereka tidak akan dikenakan periode lock-up, yang biasanya mencegah investor menjual saham selama enam bulan setelah IPO.

Melansir CNBC International, Selasa (12/3/2024), Reddit mengajukan prospektusnya pada Februari, dan mengatakan pihaknya berencana untuk go public di Bursa Efek New York dan diperdagangkan dengan kode RDDT. Dari 22 juta saham yang diterbitkan dalam penawaran tersebut, Reddit menjual sekitar 15,3 juta saham, dan akan menghimpun sebanyak-banyaknya USD 520 juta dari IPO.

 

4 dari 4 halaman

Investor Cermati IPO Reddit

Investor mencermati penawaran Reddit yang akan menjadi debut perusahaan teknologi besar pertama tahun ini. Aksi ini sekaligus menjadi IPO media sosial pertama sejak Pinterest go public pada 2019.

Pada 2021, Reddit mengajukan draf rahasia prospektus penawaran umum ke SEC. Pada tahun yang sama, data dari layanan pelacakan kesepakatan PitchBook, mengungkapkan bahwa Reddit mengumpulkan USD 1,3 miliar dalam putaran pendanaan dan memiliki penilaian pasar swasta sebesar USD 10 miliar.

Penjualan tahunan Reddit pada 2023 mencapai USD 804 juta, meningkat 20% yoy dari USD 666,7 juta pada 2022. Perusahaan juga mencatat kerugian bersih sebesar USD 90,8 juta pada 2023, lebih kecil dibandingkan kerugian bersih sebesar USD 158,6 juta pada tahun sebelumnya.

Beberapa pemegang saham terkemuka perusahaan ini termasuk Tencent, perusahaan induk Condé Nast, Advance Magazine Publishers, dan CEO OpenAI Sam Altman, yang merupakan anggota dewan direksi Reddit sejak 2015 hingga 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.