Sukses

Elnusa Siapkan Belanja Modal Rp 526 Miliar Tahun Ini

Elnusa yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, mencatatkan realisasi belanja modal sebesar Rp 495 miliar dari total Rp 500 miliar, pada tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta PT Elnusa Tbk (ELNUSA), anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menyiapkan dana belanja modal (capex) sebesar Rp 526 miliar pada tahun ini. 

Elnusa yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, mencatatkan realisasi belanja modal sebesar Rp 495 miliar dari total Rp 500 miliar, pada tahun 2023.

Realisasi tersebut dimanfaatkan untuk berbagai investasi yang mendukung optimalisasi produksi juga keberlangsungan bisnis.

Mulai dari jasa hulu melakukan pembelian kapal tongkang AWB Offshore, pada jasa distribusi dan logistik dialokasikan untuk melakukan pembelian mobil tangki serta pengembangan pada jasa penunjang migas dan non project.

“Untuk belanja modal pada 2024 ini kami menyiapkan Rp526 miliar yang akan dialokasikan 53% ke jasa hulu, 31% jasa distribusi dan logistik energi, 9% untuk penunjang hulu dan sisanya untuk pengembangan bisnis," ujar Direktur Pengembangan Usaha Elnusa, Arief Prasetyo Handoyo, Kamis (29/2/2024). 

Dia mengatakan, melalui belanja modal yang disiapkan ini Elnusa berkomitmen untuk siap berinvestasi melakukan pengembangan bisnis yang berkelanjutan dalam mendukung pertumbuhan perusahaan ke depan.

Adapun penyerapan belanja modal dari jasa hulu akan dialokasikan untuk penambahan kapasitas berbagai peralatan Pendukung kegiatan eksplorasi juga produksi migas.

Dari jasa distribusi dan logistik energi, Perseroan akan melakukan perluasan bisnis non BBM, melakukan optimalisasi pasar pada chemical di hulu migas serta memperluas pasar chemical hilir serta mengembangkan inovasi blending B35 untuk meningkatkan profitabilitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serapan Lain

Sementara itu, pada segmen mid-stream, juga new renewable energy dan penunjang, Perseroan akan menyerap belanja modal dengan melakukan investasi pembelian mobil tangki BBM serta transportasi laut untuk LNG maupun LPG, melanjutkan penjajakan pada ekosistem transisi energy melalui battery asset management system serta fabrikasi peralatan penunjang migas dan pengembangan IoT.

Melalui belanja modal yang disiapkan ini Elnusa berkomitmen untuk siap berinvestasi melakukan pengembangan dan inovasi dalam mendukung pertumbuhan perusahaan ke depan.

“Kami juga senantiasa berupaya untuk memberikan nilai positif bagi pemegang saham juga klien, kami menatap optimis di tahun 2024 ini akan kembali mencacatkan kinerja positif dengan mengakselerasi pertumbuhan bisnis yang kompetitif, menguntungkan serta bertanggung jawab ke depan sebagai perusahaan jasa energi yang memberikan Solusi total,” tutup Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini