Sukses

Peran Aktif Elnusa Jaga Keandalan Aset ke MGS Balongan Pertamina EP

Dari aspek kinerja HSSE, Elnusa menorehkan catatan positif dalam proyek ini dengan mencatatkan 0 Lost Time Incident (LTI) dengan total 832 jam kerja selamat dan 426.151 total Jam kerja tanpa kecelakaan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Elnusa Tbk (Elnusa) perusahaan jasa energi yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, turut serta berperan aktif dalam Proyek Penyisipan (Segmental Partial Replacement) Main Oil Line XAP ke MGS Balongan, yang terletak di wilayah Kerja  X-Ray Jatibarang Field Lepas PT Pertamina EP Pantai Laut Jawa, Kabupaten Indramayu,  Jawa Barat.

Pekerjaan ini merupakan upaya  menjaga kehandalan asset untuk menunjang produksi, dilakukan mulai dari 4 April 2023-16 Agustus 2023 di luar fase Persiapan dan Engineering. Atas rampungnya pekerjaan tersebut dan sebagai wujud rasa syukur, Elnusa bersama dengan PT Pertamina EP selaku pemilik proyek menggelar closing seremoni Main Oil Line XAP, Senin, 6 November 2023.

Dalam pekerjaan ini Elnusa melaksanakan lingkup pekerjaan mulai dari Masa Persiapan Kerja & Perijinan, Project Management Team, detail teknis, Survey Pre-Installation, pengadaan, konstruksi, sampel pipa, commissioning & Start-Up (Pengujian dan Fase Awal), Post Lay Survey Survey Paska Pekerjaan, dan Sertifikasi.

Dari aspek kinerja HSSE, Elnusa juga menorehkan catatan positif dalam proyek ini dengan mencatatkan 0 Lost Time Incident (LTI) dengan total 832 jam kerja selamat dan 426.151 total jam kerja tanpa kecelakaan.

Direktur Operasi Elnusa Charles Harianto Lumbantobing mengatakan, proyek ini merupakan langkah strategis bagi Elnusa sebagai perusahaan jasa energi terkemuka yang berkomitmen untuk memberikan solusi total.

"Kami memahami sepenuhnya bahwa proyek ini memiliki dampak signifikan pada integritas dan kelangsungan produksi di lapangan X-Ray. Dengan tekad dan dedikasi, kami mampu menyelesaikan issue integritas yang telah menyebabkan Lost Production Opportunity (LPO),” kata Charles seperti dikutip dari keterangan resmi, Senin (6/11/2023).

.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cakupan Pekerjaan Elnusa

Charles menambahkan, Elnusa telah menjalankan seluruh cakupan pekerjaan dengan komitmen tinggi. Elnusa  siap untuk terus berperan aktif dalam proyek-proyek berikutnya yang akan memajukan industri energi di Indonesia.

Sementara itu, General Manager PT Pertamina EP Zona 7, Afwan Daroni, mengapresiasi kinerja dan dedikasi seluruh tim baik dari Pertamina EP dan Elnusa yang sudah menyelesaikan project ini dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan kerja.

"Melalui sinergi yang luar biasa antar anak usaha Pertamina ini, kami berharap dapat meningkatkan kehandalan pipa alir XAP – MGS Balongan agar dapat meningkatkan produksi Migas Nasional," pungkas Afwan.

3 dari 4 halaman

Elnusa Kantongi Laba Rp 407 Miliar, Tumbuh 40% hingga Kuartal III 2023

Sebelumnya diberitakan, PT Elnusa Tbk (ELSA) mengumumkan laporan keuangan hingga kuartal III 2023. Elnusa membukukan pertumbuhan pendapatan dan laba bersih selama sembilan bulan pertama 2023.

Perseroan mencatat laba bersih Rp 407 miliar untuk periode sembilan bulan yang berakhir pada 30 September 2023. Laba bersih perseroan tumbuh 40 persen dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 291 miliar.

Pertumbuhan laba tersebut didukung dari pendapatan yang naik lima persen menjadi Rp 8,98 triliun hingga September 2023. Pada periode sama tahun sebelumnya, perseroan membukukan pendapatan Rp 8,57 triliun.

Direktur Keuangan Elnusa, Bachtiar Soeria Atmadja mengatakan, Elnusa terus mencetak pertumbuhan yang berkelanjutan di seluruh segmen bisnis, sehingga Elnusa mampu menghasilkan laba bersih yang terus meningkat selama periode sembilan bulan 2023 ini. Adapun komposisi Pendapatan konsolidasi tersebut dikontribusikan dari jasa distribusi & logistik energi sebesar 55%, jasa hulu 32% dan jasa penunjang 13%.

Perseroan juga menghasilkan EBITDA selama periode sembilan bulan 2023 tumbuh 14% menjadi Rp 1 triliun dibandingkan 2022 sebesar Rp878 miliar pada periode yang sama. Sementara itu, posisi neraca keuangan Perseroan sangat baik dengan total aset Rp9.350 miliar serta mencatatkan kas setara kas sebesar Rp1.870 miliar atau 20% dari total aset per 30 September 2023.

"Laba bersih yang tumbuh hingga 40% ini menghasilkan peningkatan margin laba bersih dari 3,4% menjadi 4,5%. Peningkatan kinerja ini juga didorong oleh efek dari efisiensi struktur biaya sebagai upaya kami dalam merespons situasi industri saat ini,” ujar dia seperti dikutip dari keterangan resmi, Jumat, (27/10/2023).

 

4 dari 4 halaman

Kontributor Utama

Kinerja pada jasa distribusi dan logistik energi masih menjadi kontributor utama dalam pendapatan usaha Perseroan.

"Di samping itu terdapat peningkatan profitabilitas yang cukup signifikan pada jasa hulu berkat penerapan operation excellence yang konsisten, investasi yang selektif dan tepat sasaran, serta fokus pada optimalisasi utilisasi asset eksisting,” kata dia.

Selain itu, fundamental Elnusa  yang kokoh dan tercermin dari kinerja pada periode sembilan bulan pertama di 2023 ini juga turut diapresiasi pasar dengan harga saham ELSA yang cukup solid dan pada akhir perdagangan September 2023 ditutup pada level Rp418 per lembar saham.

Perseroan terus berupaya memperkuat strategi bisnis dan meningkatkan kompetensi untuk menghadapi daya saing di masa depan. "Kami optimis dan yakin dapat mencatatkan kinerja yang gemilang hingga akhir tahun 2023 nanti.” Kata Bachtiar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.