Sukses

Bakal Buyback Saham, Grup Ant Siapkan Dana Hampir USD 79 Miliar

Ant mengatakan telah mengusulkan kepada semua pemegang sahamnya untuk membeli kembali hingga 7,6 persen dari kepemilikan ekuitasnya dengan harga yang mewakili nilai grup sekitar 567,1 miliar yuan.

Liputan6.com, Jakarta Ant Group mengumumkan rencana pembelian kembali saham senilai 67,1 miliar yuan (USD 78,54 miliar) pada Sabtu, karena manajemen berusaha untuk mengisi kembali kumpulan insentif stafnya dan membiarkan beberapa investor keluar setelah regulator mendenda perusahaan tersebut.

Melansir CNBC, Minggu (9/7/2023) hal itu menandai penurunan tajam USD 300 miliar lebih pada pertengahan 2020, sebelum IPO yang direncanakan untuk akhir tahun itu ditarik.

Ant mengatakan telah mengusulkan kepada semua pemegang sahamnya untuk membeli kembali hingga 7,6 persen dari kepemilikan ekuitasnya dengan harga yang mewakili nilai grup sekitar 567,1 miliar yuan.

"Saham yang dibeli kembali akan ditransfer ke rencana insentif karyawan Ant Group untuk menarik talenta. Proposal pembelian kembali juga akan memberikan opsi likuiditas bagi investor perusahaan,” katanya.

Pemegang saham utama Ant, Kemitraan Investasi Ekuitas Hangzhou Junhan dan Kemitraan Investasi Ekuitas Hangzhou Junao, telah secara sukarela memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam pembelian kembali, perusahaan menambahkan.

Bank sentral China mengatakan pada Jumat bahwa regulator keuangan akan mendenda Ant dan anak perusahaannya sebesar 7,12 miliar yuan dalam sebuah langkah yang menandai berakhirnya perombakan peraturan perusahaan fintech selama bertahun-tahun dan langkah penting untuk menyelesaikan tindakan keras terhadap sektor internet negara itu.

Grup Ant sendiri didirikan oleh miliarder Jack Ma, Ant mengoperasikan aplikasi pembayaran seluler di mana-mana di China, Alipay, serta bisnis distribusi pinjaman konsumen dan produk asuransi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Restrukturisasi Besar-besaran

Ant pada April 2021 memulai restrukturisasi bisnis besar-besaran, termasuk mengubah dirinya menjadi perusahaan induk keuangan yang akan tunduk pada aturan dan persyaratan modal yang serupa dengan bank.

Hukuman Ant membuka jalan bagi perusahaan fintech untuk mendapatkan lisensi perusahaan induk keuangan, fokus pada peningkatan pertumbuhan, dan akhirnya, menghidupkan kembali rencananya untuk listing pasar saham.

Untuk sektor teknologi yang lebih luas, denda Ant menandai langkah kunci menuju kesimpulan dari tindakan keras China terhadap perusahaan swasta, yang dimulai dengan penghapusan IPO Ant pada akhir 2020 dan kemudian menghapus miliaran nilai pasar dari beberapa perusahaan.

Pada Jumat, otoritas China juga mengumumkan denda terhadap dua bank China, perusahaan asuransi, dan platform pembayaran online Tencent Holdings, Tenpay.

People’s Bank of China (PBOC) mengatakan bahwa sebagian besar masalah yang menonjol untuk bisnis keuangan perusahaan platform telah diperbaiki dan regulator sekarang akan beralih dari fokus pada perusahaan tertentu ke regulasi keseluruhan industri.

Sebelumnya, Ant Group Co milik Jack Ma berencana membeli kembali (buyback) 7,6 persen saham perusahaan. Upaya tersebut disebut menjadi salah satu jalan keluar bagi investor yang terjerat oleh tindakan keras peraturan selama bertahun-tahun di perusahaan.

Melansir Yahoo Finance, Sabtu (8/7/2023), rencana pembelian kembali ekuitas Ant akan memberi valuasi perusahaan sekitar 567,1 miliar yuan atau USD 78,5 miliar, hampir 70 persen lebih rendah dari kapitalisasi pasar yang mencapai USD 280 miliar pada 2020, saat perusahaan dalam proses IPO.

Regulator China mengakhiri tindakan keras selama dua tahun terhadap raksasa teknologi negara itu setelah menjatuhkan denda lebih dari USD 1 miliar pada Ant and Tencent Holdings Ltd. pada Jumat. Pembelian kembali saham perusahaan memungkinkan Ant untuk mengalihkan fokusnya kembali ke membangun operasi bisnis, mengurangi tekanan dari investor pra-IPO yang mencari jalan keluar karena kemerosotan valuasinya.

 

3 dari 3 halaman

Denda

Regulator keuangan yang dipimpin oleh bank sentral mendenda Ant dan afiliasinya sebesar 7,12 miliar yuan pada hari Jumat, mengakhiri penyelidikan selama dua tahun terhadap perusahaan tersebut. Tencent dikenakan denda 2,99 miliar yuan.

Dengan peraturan yang ketat, Ant dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk membangun bisnisnya dan bahkan merumuskan kembali rencana untuk IPO.

Ant mengatakan pada Januari tidak ada rencana untuk IPO pada saat itu. Namun, tetap saja, Ketua perusahaan Eric Jing mengatakan pada 2021 lalu bahwa Ant pada akhirnya akan go public. Lebih dari dua tahun lalu, regulator China tiba-tiba menghentikan pengajuan IPO Ant, mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh pasar modal global.

Aturan baru telah diterapkan pada raksasa fintech, yang beroperasi mulai dari pinjaman konsumen dan manajemen kekayaan hingga pembayaran online. Bank sentral memerintahkan Ant untuk melipat semua unit keuangan menjadi perusahaan induk. Ia juga memberi tahu perusahaan untuk membuka aplikasi pembayarannya kepada pesaing dan memutuskan tautan pembayaran yang tidak tepat dengan produk lain termasuk layanan pinjamannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini