Sukses

Moody’s Justru Pangkas Peringkat First Republic Usai Ada Kabar Suntikan USD 30 Miliar

Penurunan peringkat Moody terhadap First Republic mengikuti tindakan serupa oleh S&P Global Ratings dan Fitch Ratings

Liputan6.com, Jakarta
Moody's Investors Service menurunkan peringkat First Republic, sehari setelah upaya penyelamatan senilai USD 30 miliar yang berasal dari 11 lembaga keuangan. Moody's beranggapan, hal itu dapat membebani prospek laba pemberi pinjaman.
 
Penurunan peringkat Moody pada Jumat kemarin mengikuti tindakan serupa oleh S&P Global Ratings dan Fitch Ratings, dan terjadi hanya satu hari setelah bank-bank terbesar AS setuju untuk menyetor USD 30 miliar untuk menjamin kelangsungan First Republic.
 
Bank of America, Wells Fargo, Citigroup dan JPMorgan Chase masing-masing akan menyumbang sekitar USD 5 miliar. Sementara Goldman Sachs dan Morgan Stanley akan menyetorkan sekitar USD 2,5 miliar, kata bank-bank tersebut dalam rilis berita.
 
Truist, PNC, U.S. Bancorp, State Street, dan Bank of New York Mellon masing-masing akan menyetor sekitar USD 1 miliar.
 
Pengumuman mengenai upaya penyelamatan ini muncul setelah saham First Republic terpukul dalam beberapa hari terakhir, dipicu oleh jatuhnya Silicon Valley Bank dan Signature Bank.
 
Kedua bank tersebut memiliki jumlah simpanan yang tidak diasuransikan, seperti halnya First Republic, yang menyebabkan kekhawatiran bahwa nasabah akan menarik uang mereka. 
 
“Langkah tersebut mencerminkan kemerosotan profil keuangan bank dan tantangan signifikan yang dihadapi First Republic Bank dalam jangka menengah," kata Moody's dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Yahoo FInance, Sabtu (18/3/2023).
 
Tingginya ongkos penyelamatan yang sebesar USD 30 miliar, dikombinasikan dengan tingginya proporsi aset dengan suku bunga tetap di bank, kemungkinan akan berdampak negatif besar pada profitabilitas inti First Republic pada kuartal mendatang.
 
Peringkat kredit First Republic dipangkas menjadi B2 dari Baa1 oleh Moody's.
 
Sebelum rencana penyelamatan diungkapkan, S&P pada hari Rabu menurunkan peringkatnya menjadi BB+ dari A-. Sementara Fitch menurunkan peringkat bank menjadi BB dari A- pada hari yang sama. 
 
 
 
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.