Sukses

GoTo Peopleverse Alihkan 677 Juta Saham GOTO untuk Program Opsi Saham Karyawan dan Konsultan

Goto Peopleverse Fund mengalihkan 677.077.639 saham seri A atau 0,74 persen dari kepemilikan saham GPF di dalam PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Liputan6.com, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan perubahan kepemilikan saham perseroan. Goto Peopleverse Fund, selaku pemegang atas 91.216.039.247 saham Seri A yang mewakili 7,7 persen dari modal disetor dalam PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, melakukan aksi pengalihan saham.

Melalui transaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Goto Peopleverse Fund telah mengalihkan 677.077.639 Saham Seri A atau 0,74 persen dari kepemilikan saham GPF di dalam PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk sebelum transaksi. Aksi ini sebagai bagian dari pelaksanaan Program Opsi Saham Karyawan dan Konsultan GOTO.

Melansir keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Rabu (15/3/2023), harga transaksi adalah berkisar antara Rp 2-Rp 105 per saham. Harga tersebut merupakan harga pelaksanaan yang diatur dalam setiap perjanjian opsi saham dengan peserta sebagaimana telah disebutkan dalam Prospektus IPO GoTo.

Transaksi dilaksanakan melalui pasar negosiasi di Bursa Efek Indonesia sejak 24 Februari 2023 sampai dengan 10 Maret 2023. Adapun pengalihan saham kepada peserta Program Kepemilikan Saham Karyawan dan Konsultan dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk sebagaimana telah disebutkan dalam Prospektus IPO GoTo.

Usai transaksi, total kepemilikan saat ini (langsung dan tidak langsung) sejumlah 90.538.961.608 saham seri A atau yang mewakili 7,64 persen kepemilikan saham GPF di dalam PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Pada perdagangan Senin, 13 Maret 2023, saham GOTO ditutup naik 0,8 persen ke posisi 126. Saham GOTO dibuka pada posisi 124 dan bergerak pada rentang 121—129. Dalam sepekan terakhir, saham GOTO terkoreksi 2,33 persen.

 Pada penutupan perdagangan saham Rabu, 15 Maret 2023 sesi pertama, saham GOTO melemah 0,83 persen ke posisi Rp 120 per saham. Saham GOTO dibuka naik tiga poin ke posisi Rp 124 per saham. Saham GOTO berada di level tertinggi Rp 125 dan terendah Rp 119 per saham. Total frekuensi perdagangan 12.094 kali dengan volume perdagangan 17.673.656 lot saham. Nilai transaksi Rp 215,4 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

GOTO Kembali Melakukan PHK, 600 Karyawan Terdampak

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 600 orang karyawan.

Sekretaris Perusahaan Grup GOTO Koesoemohadiani menuturkan, GOTO tengah melakukan pembaruan strategi untuk membangun perusahaan yang berkelanjutan, menguntungkan, dan dapat terus memberikan dampak positif jangka panjang bagi jutaan orang. 

"Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, manajemen GOTO melakukan kajian secara menyeluruh dan terus menerus, untuk menentukan peningkatan yang dapat dilakukan di setiap kegiatan bisnis," kata Koesoemohadiani dalam keterangan resminya, Jumat (10/3/2023).

Dia bilang, kajian tersebut telah mengidentifikasi sejumlah penyesuaian yang perlu dilakukan untuk memperkuat operasional GoTo Gojek Tokopedia.

"Salah satu penyesuaian tersebut adalah pengkonsolidasian sejumlah bisnis dan tim dalam ekosistem kami, untuk menghadirkan organisasi yang lebih ramping serta lebih siap untuk menanggapi permintaan pasar," kata dia.

Sebagai contoh, dia menyebut, perseroan melakukan desain ulang pada bisnis offline merchant di GoTo Financial dan menyatukan dua tim offline merchant. 

"Penyesuaian seperti ini akan membantu kami memberikan layanan yang lebih baik kepada merchant, sekaligus mengurangi biaya," ujar dia.

Selain itu, konsolidasi dan sentralisasi yang dilakukan untuk beberapa fungsi penunjang bisnis akan menjadi shared resources atau sumber daya bersama, yang diharapkan akan mampu untuk menghadirkan layanan berkualitas tinggi di seluruh ekosistem, sekaligus menghindari adanya duplikasi fungsi dalam unit bisnis. 

GOTO juga meninjau kembali prioritas, dan akan mengurangi skala atau menunda kegiatan bisnis serta inisiatif yang bukan merupakan layanan inti. 

"Contohnya, kami akan mengurangi beberapa bagian dari layanan Mitra Tokopedia, agar sumber daya perusahaan dapat difokuskan pada kegiatan yang akan mendorong dampak lebih besar. Dan dalam kondisi di mana kebutuhan perekrutan menurun, kami juga melakukan restrukturisasi di tim rekrutmen," ujar dia.

 

 

3 dari 3 halaman

Teknologi Bakal Memegang Peranan Penting

Di sisi lain, ia mengatakan, teknologi akan memegang peran penting dalam percepatan eksekusi, mengurangi proses manual dan margin of error serta meningkatkan layanan. Hal ini juga meliputi kehadiran perangkat teknologi baru untuk operasional, layanan serta pengelolaan data yang lebih lancar. 

Dengan demikian, langkah-langkah penyesuaian tersebut sayangnya akan memengaruhi sekitar 600 posisi dalam ekosistem perseroan. 

Meski demikian, karyawan yang terdampak akan memperoleh dukungan dari perusahaan selama masa transisi, di mana dukungan yang diberikan akan lebih dari yang diwajibkan oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, dan mencakup dukungan finansial, karier, dan kesejahteraan. 

"Langkah penyesuaian ini tidak akan memengaruhi layanan yang diberikan GOTO kepada konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang," imbuhnya.

Menurut ia, setiap karyawan telah berperan penting dalam perjalanan GOTO dan pihaknya sangat mengapresiasi kontribusi mereka dalam membangun bisnis dan bersama-sama mendukung GOTO untuk mencapai misi perusahaan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.