Sukses

HSBC Selamatkan Silicon Valley Bank di Inggris

HSBC sepakat untuk membeli anak usaha Silicon Valley Bank di Inggris pada Senin, 13 Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - HSBC mengumumkan kesepakatan untuk membeli anak perusahaan di Inggris dari pemberi pinjaman perusahaan rintisan teknologi Amerika Serikat (AS) yang bangkrut, Silicon Valley Bank, pada Senin, setelah pembicaraan sepanjang malam.

Melansir CNBC, Senin (13/3/2023), HSBC mengonfirmasi anak perusahaannya di Britania Raya, HSBC UK Bank, telah setuju untuk mengakuisisi SVB Inggris seharga 1 Poundsterling atau USD 1,21atau Rp 18.649,73 (asumsi kurs Rp 15.413 per dolar AS). Aset dan kewajiban perusahaan induk SVB UK dikecualikan dari transaksi.

"(Akuisisi ini) memperkuat waralaba perbankan komersial kami dan meningkatkan kemampuan kami untuk melayani perusahaan yang inovatif dan berkembang pesat, termasuk di sektor teknologi dan ilmu kehidupan, di Inggris dan internasional,” kata CEO HSBC Group Noel Quinn, Senin, 13 Maret 2023.

“Pelanggan SVB UK dapat terus bertransaksi seperti biasa, aman karena mengetahui bahwa simpanan mereka didukung oleh kekuatan, keselamatan, dan keamanan HSBC," kata dia.

Pada Jumat, SVB Inggris memiliki pinjaman sekitar 5,5 miliar poundsterling dan simpanan sekitar 6,7 miliar poundsterling, dengan laba setahun penuh sebelum pajak sebesar 88 juta poundsterling pada 2022, HSBC menyoroti dalam pernyataan pada Senin.  

Bank mengharapkan ekuitas nyata SVB UK menjadi sekitar 1,4 miliar poundsterling, tetapi menambahkan bahwa perhitungan akhir dari keuntungan yang timbul dari akuisisi akan diberikan pada waktunya.

Penjualan tersebut, yang difasilitasi oleh Bank of England dalam konsultasi dengan Departemen Keuangan Inggris, akan melindungi simpanan klien SVB Inggris, menurut pernyataan Departemen Keuangan.

Saham HSBC turun 3,4 persen sekitar pukul 09.30 waktu London, menyusul pengumuman transaksi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Meminimalkan Dampak Penutupan Silicon Valley Bank

Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt menekankan kesepakatan itu memastikan simpanan pelanggan dilindungi dan dapat bank seperti biasa, tanpa dukungan pembayar pajak.

"Sektor teknologi Inggris benar-benar terdepan di dunia dan sangat penting bagi ekonomi Inggris, mendukung ratusan ribu pekerjaan,” tambahnya.

Hunt pada Minggu mengatakan pemerintah Inggris dan Bank of England sedang bekerja untuk menghindari atau meminimalkan potensi kerusakan yang diakibatkan oleh SVB cabang Inggris.

Secara paralel, regulator AS pada Minggu menyetujui rencana untuk mendukung deposan dan lembaga keuangan yang terkait dengan perusahaan induk AS SVB.

Departemen Keuangan AS menunjuk SVB dan Signature Bank yang berbasis di New York, yang ditutup pada Minggu karena ketakutan penularan serupa, sebagai risiko sistemik, memungkinkannya untuk melepaskan kedua institusi dengan cara yang melindungi deposan.

CEO dan salah satu pendiri platform pendidikan anak-anak startup Lingumi, Toby Mather, telah menjadi pelanggan SVB selama tujuh tahun terakhir, menyetorkan 85 persen uang perusahaan ke pemberi pinjaman yang terkena dampak.

Dia mengatakan kepada CNBC pada Senin akuisisi HSBC menyebabkan "kelegaan besar" bagi para pemula Inggris.

3 dari 4 halaman

Langkah HSBC Disambut Baik

“Saya pikir saya berbicara atas nama perusahaan rintisan Inggris ketika kami mengatakan ini sangat melegakan dan kami dapat melihat mata tim kami pada jam 9 dalam panggilan semua tangan kami, yang akan sangat menegangkan pagi ini. dan katakanlah, kami tidak hanya dapat melakukan penggajian berikutnya, tetapi kami dapat melanjutkan bisnis seperti biasa, terus berinovasi, melakukan penelitian dan pengembangan, serta membangun masa depan pertumbuhan teknologi Britania Raya,” katanya.

"HSBC adalah hasil yang luar biasa bagi bank untuk pergi ke nama rumah tangga yang sangat besar yang memiliki sejarah ratusan tahun, saya pikir ini adalah salah satu hasil terbaik yang bisa kami rasakan seperti sekarang kami dapat tetap menggunakan SVB baru, yang telah menjadi mitra penting bagi ekosistem startup, di sini dan di AS selama beberapa dekade, jadi kami merasa percaya diri," ia menambahkan.

Sejumlah calon pembeli telah mengajukan proposal untuk membeli SVB UK sejak kegagalan perusahaan induknya di AS pada Jumat, di tengah kekhawatiran yang meluas atas masa depan banyak startup teknologi dan ilmu kehidupan Inggris.

Bank of London mengatakan konsorsium perusahaan ekuitas swasta yang dipimpinnya juga telah mengajukan proposal resmi kepada Departemen Keuangan Inggris dan Otoritas Regulasi Prudential di Bank of England.

 

4 dari 4 halaman

Tak Ada Bank yang Berdampak di Inggris dari Kejatuhan Silicon Valley Bank

CEO Bank of London Anthony Watson mengatakan SVB tidak dapat dibiarkan gagal mengingat komunitas vital yang dilayaninya.

"Ini adalah peluang unik untuk memastikan Inggris memiliki sektor perbankan yang lebih terdiversifikasi, sementara memungkinkan kesinambungan layanan ke basis klien SVB di Inggris. Akan sangat mengecewakan saat ini untuk mengarah pada konsolidasi kekuatan lebih lanjut di antara bank-bank besar," kata dia.

Bank of England mengonfirmasi bahwa tidak ada bank lain di Inggris yang secara langsung terpengaruh oleh tindakan ini, atau oleh resolusi bank induk AS SVBUK, ia menambahkan bahwa sistem perbankan Inggris yang lebih luas tetap aman, sehat, dan memiliki modal yang baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.