Sukses

Bukalapak Fasilitasi Pembelian Kelas Pelatihan Kartu Prakerja Skema Normal

Bukalapak akan menyediakan akses ke lebih dari 600 kelas pelatihan bagi Sobat Prakerja melalui platform Bukalapak.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com (BUKA) sebagai salah satu mitra digital platform Kartu Prakerja, siap memfasilitasi pembelian kelas-kelas pelatihan kartu prakerja skema normal atau yang dilaksanakan secara daring, luring, maupun bauran.

Bekerja sama dengan berbagai Lembaga Pelatihan (LP), Bukalapak akan menyediakan akses ke lebih dari 600 kelas pelatihan bagi para Sobat Prakerja melalui platform marketplace Bukalapak.

CEO BukaFinancial & Commerce Bukalapak, Victor Lesmana mengaku cukup antusias untuk kembali memfasilitasi proses pembelian berbagai kelas pelatihan Kartu Prakerja tahun ini. Selain siap mendukung misi program Kartu Prakerja untuk peningkatan kompetensi dan skill para peserta demi tujuan karier dan pencapaian individu, perseroan juga berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan para LP dalam menggelar pelatihan gratis bagi masyarakat umum serta alumni Kartu Prakerja.

"Hal ini juga sejalan dengan misi Bukalapak dalam menciptakan dampak positif serta kesempatan yang sama bagi semua lapisan masyarakat lewat kekuatan teknologi,” ujar dia dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (28/2/2023).

Sepanjang 2022, Bukalapak memfasilitasi proses pembelian kelas pelatihan Kartu Prakerja dari berbagai LP dengan jumlah transaksi yang terus meningkat. Selain itu, Bukalapak juga memberikan kelebihan ekstra berupa Kompetisi Prakerja yang diikuti Sobat Prakerja dengan hadiah pulsa dan modal usaha.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Transaksi di Bukalapak

"Kartu Prakerja akan terus membantu masyarakat mengembangkan kapasitas diri untuk meraih masa depan. Kelas-kelas pelatihan akan semakin menyesuaikan dengan permintaan tenaga kerja. Kolaborasi kami dengan para LP dan mitra platform digital, seperti Bukalapak yang sudah populer berperan besar untuk mewujudkannya,” kata Direktur Kemitraan, Komunikasi dan Pengembangan Ekosistem PMO Kartu Prakerja, Kurniasih Suditomo.

Pada tahun ini, para Sobat Prakerja yang melakukan transaksi pembelian kelas-kelas pelatihan melalui Bukalapak juga dapat kembali mengikuti Kompetisi Prakerja berhadiah ratusan juta rupiah.

Manfaat lain yang dapat dinikmati oleh para Sobat Prakerja di Bukalapak di antaranya pilihan-pilihan kelas yang makin bervariasi dengan jumlah kelas lebih dari 600, jangkauan kelas pelatihan yang luas di seluruh Indonesia, kelas-kelas gratis, hingga kegiatan-kegiatan pendampingan alumni. Untuk informasi lengkap seputar program Kartu Prakerja di Bukalapak, Sobat Prakerja dapat mengunjungi https://www.bukalapak.com/kartu-prakerja.

 

3 dari 4 halaman

Digitalisasi Warung oleh Mitra Bukalapak Jangkau Pelosok Tanah Air

Sebelumnya, Mitra Bukalapak mengukuhkan posisi kuatnya sebagai pemimpin pasar online-to-offline (o2o) Indonesia melalui berbagai pencapaian.

Berdasarkan hasil riset Nielsen yang dilakukan pada 2021 dan 2022 di sejumlah kota di Indonesia, Mitra Bukalapak terus memimpin tingkat penetrasi ke toko kelontong dan kios pulsa, yaitu sebanyak 42 persen pada 2021 dan meningkat ke 56 persen pada 2022.

Salah satu kunci kesuksesan ini ialah konsistensi Mitra Bukalapak dalam mewujudkan inklusi keuangan dan digital melalui warung-warung di seluruh Indonesia, hingga di kota-kota luar Jakarta, melalui akses ke berbagai produk dan layanan virtual yang tersedia di aplikasi Mitra Bukalapak.

Dengan demikian, para pemilik warung yang sudah terdigitalisasi dapat memanfaatkan produk virtual dari Mitra Bukalapak untuk meningkatkan pendapatannya, sekaligus memenuhi kebutuhan akses finansial dan digital bagi masyarakat di sekitarnya.

Pengembangan produk digital dan finansial tersebut tidak lepas dari misi besar Mitra Bukalapak dalam mentransformasi warung konvensional agar mampu bersaing dengan ritel modern.

Para pemilik warung, baik di daerah perkotaan maupun pelosok, dapat mengembangkan warung tradisionalnya, yang semula hanya mengandalkan satu atau dua produk tertentu untuk dijual, kini bisa melayani transaksi untuk lebih dari 42 jenis produk digital dan finansial.

 

 

4 dari 4 halaman

Inovasi untuk Perluas Bisnis

 

Pendapatan Meningkat hingga 10x Lipat Berkat Jualan Produk Digital dan Finansial

Inovasi yang terus-menerus dikembangkan Mitra Bukalapak dapat dimanfaatkan oleh pemilik warung untuk memperluas lini bisnisnya. Hasilnya, pendapatan yang diterima pun rata-rata meningkat hingga 3x lipat. Beberapa di antaranya juga berhasil meraup keuntungan lebih banyak.

Seperti halnya Tulus Prasetyo, Mitra Bukalapak asal Srigading, sebuah desa di Sumatera Selatan, berhasil meraup pendapatan 10x lipat lebih tinggi berkat penjualan produk dan layanan virtual seperti pulsa, paket data, kirim uang, dan token listrik. Tulus sempat bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit selama 25 tahun sebelum memutuskan untuk mengelola warung di awal tahun 2018.

Setelah bergabung dengan Mitra Bukalapak, warung milik Tulus yang di awal serba terbatas, kini jauh lebih berkembang. Mitra Bukalapak membantu Tulus menyediakan kemudahan akses finansial di lingkungan warungnya yang berjarak cukup jauh dari pusat Kota Palembang.

"Tadinya hanya mengandalkan berjualan pulsa menggunakan metode chip all-operator. Prosesnya cukup rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pulsa sampai ke pelanggan. Akhirnya saya memutuskan untuk mengembangkan warung ini dengan produk digital Mitra Bukalapak yang beraneka ragam. Warung saya jadi bisa menjual pulsa, token listrik, bahkan tiket pesawat. Selain itu, cara penggunaannya juga sangat praktis dan mudah,” ungkap Tulus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.