Sukses

Profil Mukesh Ambani, Miliarder India yang Salip Kekayaan Gautam Adani

Mukesh Ambani mencatat kekayaan USD 82,6 miliar atau sekitar Rp 1.252,10 triliun (asumsi kurs Rp 15.177 per dolar AS). Ia menggeser posisi orang terkaya lainnya Gautam Adani.

Liputan6.com, Jakarta - Mukesh Ambani geser Gautam Adani sebagai orang terkaya di India. Saat ini, ia masuk 10 besar orang terkaya dunia dalam daftar Real Time Billionaire Forbes.

Melansir Forbes, Senin (13/2/2023), kekayaannya saat ini mencapai USD 82,6 miliar atau sekitar Rp 1.252,10 triliun (kurs Rp 15.177 per USD). Dengan kekayaan tersebut, Mukesh Ambani bertengger di posisi 9 sebagai orang terkaya di dunia dalam daftar Real Time Billionaire Forbes.

Mukesh Ambani lahir 19 April 1957. Dia memimpin dan menjalankan Reliance Industries dengan pendapatan senilai USD 104 miliar. Perusahaan itu bergerak di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, dan ritel. Reliance didirikan oleh mendiang ayahnya Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang pada 1966 sebagai produsen tekstil kecil.

Setelah kematian ayahnya pada 2002, Ambani dan adiknya Anil membagi porsi bisnis keluarga. Reliance memicu perang harga telekomunikasi dengan peluncuran telepon 4G dan layanan broadband Jio pada 2016. Saat ini, Reliance memiliki lebih dari 420 juta pelanggan dan siap meluncurkan layanan 5G.

Ambani mengubah Reliance menjadi energi hijau. Perusahaan akan menginvestasikan USD 80 miliar selama 10-15 tahun ke depan untuk energi terbarukan dan membangun kompleks baru di sebelah kilangnya.

Saat ini, Mukesh Ambani menyiapkan ketiga anaknya untuk mewarisi kerajaan bisnisnya di masa mendatang. Putranya yang bernama Akash didapuk memimpin Reliance Jio yang bergerak di bidang telekomunikasi. Sementara, putrinya yang bernama Isha bertugas mengurus bisnis ritel di bawah bendera Reliance Retail. Anant, si anak bungsu, ditunjuk untuk mengelola bisnis energi terbarukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Orang Terkaya Asia Miliarder Mukesh Ambani Bangun Kantor Baru di Singapura

Sebelumnya, Orang terkaya kedua di Asia yang menjabat sebagai Ketua Reliance Industries Mukesh Ambani tengah mendirikan kantor keluarga di Singapura. Bahkan dia juga sudah memilih seorang manajer untuk mengelola bisnis barunya di sana.

Dilansir dari The Straits Times, Senin (10/10/2022), miliarder asal Mumbai ini telah memilih seorang manajer untuk kemudian bisa mempekerjakan para staf. Nantinya pegawai itu akan mengelola entitas baru dan menjalankan bisnis. Selain itu, keluarga Ambani juga memilih real estat.

Namun, seorang juru bicara Reliance, yang juga mewakili Ambani, enggan berkomentar.

Seperti yang diketahui, Ambani menjadi orang terkaya di Asia yang memilih Singapura untuk mendirikan kantor keluarga.

Perusahaan itu dibentuk untuk mengelola urusan klan kaya dan akan bergabung dengan orang-orang seperti miliarder hedge fund Ray Dalio dan salah satu pendiri Google Sergey Brin.

Singapura telah menjadi pusat yang menarik untuk kantor keluarga berkat pajaknya yang rendah dan keamanannya yang relatif.

Otoritas Moneter Singapura memperkirakan bahwa sekitar 700 sudah ada pada akhir tahun 2021, naik dari 400 tahun sebelumnya.

Akan tetapi, meningkatnya jumlah orang kaya global yang memadati Singapura juga mengakibatkan harga yang lebih tinggi untuk pembelian mobil, perumahan, dan barang-barang lainnya.

Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong mengungkapkan dalam sebuah wawancara di Agustus lalu bahwa orang kaya mungkin membayar lebih banyak pajak untuk mendorong pertumbuhan inklusif.

 

3 dari 4 halaman

Rencana Mukesh Ambani

Sementara itu, langkah Ambani untuk mendirikan kantor keluarga terkait dengan visinya yang lebih besar untuk membawa kerajaan ritel ke pemurniannya secara global dan memperoleh aset di luar India. Saat mengumumkan penunjukan ketua Aramco di dewan Reliance pada tahun 2021, miliarder itu mengatakan kepada pemegang sahamnya bahwa ini menandai "awal internasionalisasi" konglomeratnya, tapi dia tidak menjelaskan lebih lanjut.

"Anda akan mendengar lebih banyak tentang rencana internasional kami di masa mendatang," katanya saat itu.

Dalam perjalanan bisnisnya, Reliance membayar USD 79 juta untuk Stoke Park pada April 2021, menambahkan lokasi ikonik Inggris yang telah menjadi latar dua film James Bond. Selain itu, dia juga membeli 73,4 persen saham tidak langsung di Mandarin Oriental New York seharga USD 98,15 juta pada Januari dan sebuah vila tepi pantai senilai USD 80 juta di Dubai tahun ini.

Ambani, yang bernilai sekitar USD 83,7 miliar, menurut Bloomberg Wealth Index, ingin kantor keluarga Singapura berjalan dalam waktu satu tahun. Istrinya Nita Ambani juga membantu mengaturnya.

Sebagai informasi, Reliance telah beralih dari bisnis penyulingan minyak dan petrokimia warisannya menuju e-commerce, energi hijau dan perluasan jejak ritelnya di seluruh India.

Pada tahun 2020, usaha teknologinya Jio Platforms memikat lebih dari USD 25 miliar dari investor besar Silicon Valley termasuk Meta Platforms dan Google. Itu juga telah meluncurkan rencana ambisius untuk mengambil Amazon.com di negara ini, termasuk dalam streaming.

 

 

4 dari 4 halaman

Miliarder India Mukesh Ambani Bakal Bangun Fasilitas Petrokimia di Abu Dhabi

Sebelumnya, Perusahaan yang dipimpin oleh miliarder India Mukesh Ambani, Reliance Industries telah menyepakati kemitraan bersama perusahaan minyak Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC) untuk membangun fasilitas produksi petrokimia di Abu Dhabi.

Kesepakatan kerja sama ini menjadi investasi perdana Reliance Industries di Timur Tengah.

Dilansir dari laman Forbes, Rabu (27/4/2022) kerja sama proyek pembangunan fasilitas produksi petrokimia itu pun mengeluarkan dana yang fantastis, yaitu senilai USD 2 miliar atau Rp 28,8 triliun.

Dalam kemitraan dengan ADNOC dan dana kekayaan negara Uni Emirat Arab ADQ, Reliance akan membangun pabrik petrokimia skala dunia di kompleks industri Ta'ziz di Ruwais, berlokasi sekitar 240 kilometer barat Abu Dhabi.

"Reliance adalah mitra strategis yang berharga dan kolaborasi kami di Ta'ziz menggarisbawahi peran penting kerjasama industri dan energi sebagai sarana untuk memperkuat hubungan yang mengakar antara UEA dan India," demikian pernyataan bersama Menteri industri dan teknologi UEA Al Jaber,  dan CEO ADNOC.

"Kami membangun kemitraan ini dan kemajuan di Ta'ziz untuk membuka lebih banyak peluang dan mendorong pertumbuhan industri serta manufaktur UEA," tambah pernyataan itu.

Fasilitas pabrik petrokimia di kompleks Ta'ziz nantinya akan memproduksi bahan kimia seperti klor-alkali, etilen diklorida dan polivinil klorida.

Selain itu, Ta'ziz juga akan menjadi fasilitas  petrokimia pertama di UEA, yang mengembangkan kompleks industri Ta'ziz sebagai bagian dari inisiatif untuk membuat produk minyak bernilai tinggi bagi konsumsi domestik serta untuk ekspor ke Asia Tenggara dan Afrika.

"Usaha bersama ini adalah kesaksian akan hubungan yang kuat dan berkembang antara India dan UEA dan akan menjadi tolak ukur untuk lebih banyak proyek serupa yang dibangun di atas kekuatan kedua negara," tutur Ambani, yang menandatangani perjanjian pemegang saham dengan Al Jaber di kantor pusat  ADNOC, di Abu Dhabi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.