Sukses

Saham Kakao Corp Merosot di Tengah Kabar HYBE Akuisisi SM Entertainment

Sejumlah saham agensi K-Pop melonjak setelah HYBE umumkan akuisisi saham SM Entertainment milik Lee Soo Man. Namun, saham Kakao Corp merosot.

Liputan6.com, Jakarta - Saham Kakao Corp (KRX) anjlok pada penutupan perdagangan Jumat, 10 Februari 2023. Saham Kakao Corp ditutup ambrol 4,65 persen ke posisi 67.600 Won atau setara dengan Rp 811.876 (asumsi kurs Rp 12.01 per Won).

Saham KRX terakhir ditutup pada posisi 70.900 Won. Lalu, saham KRX bergerak pada rentang 66.300 Won - 70.200 Won. Volume rata-rata tercatat 2,7 juta dan kapitalisasi pasar 30,11 triliun Won.

Melansir CNBC, Jumat (10/2/2023), agensi K-pop di belakang boy band BTS menjadi pemegang saham terbesar SM Entertainment, perusahaan warisan yang dikenal telah memulai gelombang popularitas seputar budaya pop Korea.

HYBE Co setuju untuk akuisisi 14,8 persen saham yang dipegang oleh pendiri SM Entertainment Lee Soo-man pada Maret, menurut pengajuan Jumat pagi menjelang pembukaan pasar Seoul dan berjanji dalam pemberitahuan terpisah untuk membeli 25 persen saham lagi.

Hal itu akan membuat HYBE menjadi pemegang saham teratas di SM Entertainment. Lee saat ini adalah investor utama SM Entertainment dengan 18,45 persen saham, menurut data Refinitiv, diikuti oleh Layanan Pensiun Nasional Korea Selatan, manajemen Aset KB dan Manajemen Investasi Bank Norges Norwegia.

Kesepakatan itu ditargetkan untuk meningkatkan daya saingnya di industri K-pop dan menghasilkan efek sinergi, menurut HYBE dalam pengajuannya.

Saham SM Entertainment melonjak pada Jumat, naik lebih dari 16 persen pada pembukaan di Seoul. HYBE naik 6 persen dan JYP Entertainment naik 2,5 persen, sedangkan YG Entertainment naik 3,8 persen.

Agensi ini juga dikenal dengan girl grup yang sedang naik daun NewJeans, yang memulai debutnya di Billboard's Hot 100 dengan hitnya " Ditto” pada bulan lalu dalam waktu enam bulan sejak debutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

HYBE Akuisisi Saham SM Entertainment

SM Entertainment juga merupakan agensi di balik band papan atas Super Junior, Girls' Generation, dan Red Velvet, sebuah grup yang tampil di depan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada 2018 di puncak diplomasi antar-Korea terbaru, bersama dengan presiden Moon Jae saat itu.  

HYBE membeli 3,5 juta saham SM Entertainment dengan harga 422,8 miliar Won (USD 334,2 juta) — atau 120.000 won per saham, dengan premi lebih dari 20 persen dibandingkan dengan harga penutupan SM Entertainment sebesar 98.500 won pada penutupan pasar Kamis.

Hal itu terjadi setelah perusahaan internet Korea Selatan Kakao mengumumkan rencana untuk mengakuisisi 9 persen saham di SM Entertainment dalam kesepakatan senilai 217 miliar won.  

Saham Kakao melonjak tak lama setelah pengumuman pada Selasa awal pekan ini dan terakhir diperdagangkan lebih dari 4 persen lebih rendah pada Jumat.

 

3 dari 3 halaman

HYBE Akuisisi Saham SM Entertainment Milik Lee Soo Man

Sebelumnya, mengutip Variety, pengumuman tersebut muncul setelah berita pada Rabu, 8 Februari 2023 kalau HYBE America akuisisi Qualitcy Control (QC Media Holdings Inc), perusahaan hiburan berbasis di Atlanta yang cover music Lil Baby, Lil Yachty, City Girls, dan Migos termasuk di antara pemainnya, olah raga, film dan televisi yang didirikan pada 2013 oleh CEO Pierre “P” Thomas dan COO Kevin “Coach K” Lee.

Kesepakatan itu senilai USD 320 juta dalam bentuk saham dan uang tunai dipimpin oleh CEO HYBE America Scooter Braun.

Langkah akuisisi SM dipimpin oleh tim global HYBE yang meliputi chairman Bang Si-Hyuk, CEO Jiwon Park dan Braun dlibatkan akuisisi saham mantan chief producer Lee Soo-Man di SM Entertainment. Adapun SM adalah rumah bagi artis-artis antara lain Aespa, BoA, TVXQ, Girls Generation, Shinee, EXO, Super Junior dan NCT. Pada Oktober 2022, SM mengumumkan akhiri kontrak dengan Lee Soo-Man setahun lebih awal.

Kesepakatan tersebut menjadikan HYBE pemegang saham tunggal terbesar di SM Entertainment dan sejalan dengan misi perusahaan untuk membangun raksasa hiburan global yang berakar pada music dengan minat media dan platform yang berkaitan dengan hiburan, gaya hidup dan budaya.

Menurut pengumuman tersebut, Bang Si-Hyuk dan Lee setuju visi bersama untuk masa depan industri K-poo diikuti dengan penandatangan perjanjian pembelian saham.

“HYBE sepenuhnya setuju dengan inisiatif strategis mantan kepala Produser Lee termasuk metaverse, sistem multi-label, dan kampanye visi berkelanjutan, memanfaatkan kemampuan dan sumber daya kami, HYBE akan semakin memperkuat kehadiran K-pop di panggung global,” kata Bang.

Kapitalisasi pasar HYBE saat ini mencapai USD 6,6 miliar, dan SM Entertainment mencapai USD 1,85 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.