Sukses

Saham HALO dan CHIP Melambung, VAST dan PACK Lesu saat Perdagangan Perdana

Empat emiten mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, (8/2/2023). Berikut ulasan kinerja saham perdana tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Empat emiten baru mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (8/2/2023). Empat saham pendatang baru itu antara lain PT Vastland Indonesia Tbk (VAST), PT Haloni Jane Tbk (HALO), PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK), dan PT Pelita Teknologi Global Tbk (CHIP).

Berikut kinerja saham pendatang baru di BEI hari ini, 8 Februari 2023:

Harga Saham PT Vastland Indonesia Tbk

PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, 8 Februari 2023. Lantas, bagaimana laju saham VAST pada perdagangan perdana?

Mengutip data RTI, saham VAST dibuka naik Rp 7 ke posisi Rp 115 per saham dari harga awal Rp 108. Harga saham VAST berada di posisi Rp 104 atau turun 3,7 persen pada pukul 09.10 WIB. 

Saham VAST berada di level tertinggi Rp 141 dan terendah Rp 101 per saham. Total frekuensi perdagangan 8.787 kali dengan volume perdagangan 107,50 juta saham. Nilai transaksi harian Rp 11,34 miliar.

Emiten pergudangan PT Vastland Indoesia Tbk (VAST) mencatatkan kelebihan pemesanan pada proses penawaran perdananya (initial public offering/IPO).

Dalam proses IPO, Perseroan menyebutkan, total pemesanan lebih dari Rp 1,2 trilliun dari investor baik institusi maupun ritel yang berstatus lokal maupun internasional.

Manajemen Perseroan mengungkapkan, terjadinya oversubscribed terhadap pemesanan saham VAST saat IPO menunjukkan antusiasme investor yang tinggi karena VAST merupakan emiten yang bergerak di sektor pergudangan yang terlihat defensive terhadap pandemi.

"Ke depan, manajemen juga masih sangat bullish terhadap kinerja perseroan serta prospek sektor pergudangan Indonesia," tulis Manajemen Perseroan dalam keterangan resminya,

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

IPO Vastland

Perseroan menjalankan usaha dengan konsep gudang built-to-suit yang bersifat kontrak jangka panjang (5-10 tahun), dan gudang general warehouse (kontrak 1-3 tahun). 

Hal ini menghasilkan kekebalan terhadap kinerjan perseroan pada saat masa pandemi, dengan  adanya perkembangan pendapatan dari Rp 17 miliar pada2019 menjadi Rp 19 miliar pada 2020 dan Rp 22 miliar pada 2021. 

Net Leasable Area (NLA) Perseroan per September 2022 adalah sekitar 70.000 m2, di mana 44.000 m2 adalah gudang built-to-suit. Dengan tingkat occupancy yang sudah mencapai 96,65 persen pada September 2022, Perseroan targetkan penambahan NLA sebesar 7.700 m2 dan landbank sebesar 7.900 m2 setelah penawaran umum.

Dalam aksi korporasinya, VAST akan melepas 650 juta saham baru atas nama setara dengan 21 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Setiap satu saham VAST dihargai Rp 108 sehingga pendanaan yang diperoleh mencapai Rp 70,2 miliar.

Manajemen Perseroan melihat antusiasme investor yang tinggi, ke depan aksi korporasi perseroan tidak hanya akan berhenti di penawaran perdana saja dan manajemen akan selalu mengedepankan sistem tata kelola perusahaan (good corporate governance) yang baik dalam menjalankan perseroan.

3 dari 10 halaman

2.PT Haloni Jane Tbk

Harga Saham PT Haloni Jane Tbk

PT Haloni Jane Tbk (HALO) melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (8/2/2023). Lantas, bagaimana laju saham HALO pada perdagangan perdana?

Mengutip data RTI, saham HALO dibuka naik Rp 10 ke posisi Rp 110 per saham dari harga awal Rp 100. Harga saham HALO berada di posisi Rp 110 atau naik 10 persen pada pukul 09.10 WIB. 

Saham HALO berada di level tertinggi Rp 129 dan terendah Rp 93 per saham. Total frekuensi perdagangan 15.305 kali dengan volume perdagangan 262,94 juta saham. Nilai transaksi harian Rp 26,77 miliar.

PT Haloni jane Tbk memulai debutnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode perdagangan HALO, mencatatkan 5,65 miliar saham yang mewakili 100 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan. 

Sebelum mencatatkan sahamnya, HALO melakukan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) kepada publik dari 1 Februari hingga 6 Februari 2023 sebanyak 1,13 miliar saham baru yang mewakili 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan. Periode penawaran umum ditutup pada 6 Februari 2023 dan mencatatkan kelebihan permintaan(oversubscribed) sebanyak 101,6 kali.

PT Haloni Jane Tbk merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi sarung tangan karet lateks sekali pakai, merupakan produk medis esensial yang digunakan di rumah sakit dan layanan kesehatan umum lainnya, di samping industri makanan dan industri lainnya di mana kebersihan dan perlindungan pribadi merupakan hal yang sangat penting. 

Laba Perseroan pada 2021 sebesar Rp 93,9 miliar dengan pendapatan penjualan sebesar Rp 455,1 miliar.PT Haloni Jane Tbk memiliki keunggulan kompetitif, yaitu telah memperoleh persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat untuk seluruh jajaran produknya, sehingga Perseroan memiliki akses tanpa batas ke salah satu pasar perawatan kesehatan terbesar di dunia. 

Perusahaan juga terakreditasi penuh untuk pasar Uni Eropa. Sumber penelitian menunjukkan pasar global diperkirakan mencapai lebih dari USD 22,7 miliar pada tahun 2030.

 

 

4 dari 10 halaman

Akses Haloni Jane

Selain itu, memiliki akses langsung ke kapasitas pemrosesan lateks segar dari perkebunan karet di Sumatera Selatan yang dikelola oleh Shamrock Group, sehingga Perseroan dapat memaksimalkan kualitas produk serta meminimalkan risiko ketersediaan pasokan bahan baku.

Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, berdampak pada kesadaran akan semakin pentingnya kebersihan, telah menyesuaikan seluruh sektor APD (Alat Pelindung Diri) secara menyeluruh dan khususnya dalam penggunaan sarung tangan sekali pakai ke tingkat yang  lebih tinggi.

Direktur Utama PT Haloni Jane Tbk, Louis Hans Laurence menyampaikan, pihaknya sangat senang melihat antusiasme investor atas IPO Perseroan. 

"Sebelum go public kami sudah melakukan investasi untuk meningkatkan kapasitas produksi sebesar 40 persen 2022 menjadi lebih dari 1.200 juta sarung tangan per tahun. Dana hasil penawaran umum ini akandigunakan untuk modal kerja yang akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk ekspansi dan meningkatkan penjualan ke pasar di luar negeri dan domestik," kata Louis.

 

5 dari 10 halaman

Kinerja Keuangan Haloni Jane

Pada puncak pandemi Covid-19, PT Haloni Jane Tbk mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan penjualan sebesar 54 persen dari Rp 295 miliar pada 2020 menjadi Rp 455 miliar pada 2021, dengan peningkatan laba sebesar 75 persne dari Rp 53,8 miliar menjadi Rp 93,9 miliar.

Pada 2022, kenaikan luar biasa tarif angkutan peti kemas terkait pandemi, konflik geopolitik di Ukraina dan tingkat inflasi mempengaruhi kondisi pasar, sehingga berdampak negatif terhadap penjualan Perseroan dalam jangka jangka pendek.

Di tengah kondisi pasar yang tidak menentu, Perseroan berhasil membukukan penjualan sebesar Rp 300 miliar untuk periode 12 bulan pada 2022. Ketika tarif peti kemas naik lebih dari sepuluh kali lipat, manajemen Perseroan mengambil keputusan untuk menunda pengiriman dalam jumlahbesar ke luar negeri.

Tarif angkutan kemudian kembali normal, dan sementara itu terjadi lonjakan infeksi COVID-19 baru-baru ini di China dan di negara-negara lain, telah menggarisbawahi pentingnya penggunaan sarung tangan yang efektif dalam mencegah tingkat infeksi.

PT Haloni Jane Tbk merupakan bagian Shamrock Group yang memiliki rekam jejak selama 35 tahun dalam bidang produksi dan memasok berbagai perusahaan perawatan kesehatan multinasional terkemuka. Perseroan didirikan oleh Hansen Jap, pendiri Shamrock Group, pada 2001, untuk melengkapi fasilitas produksi yang sudah beroperasi di Medan yang dimiliki oleh Grup.

6 dari 10 halaman

3.PT Solusi Kemasan Digital Tbk

Harga Saham PT Solusi Kemasan Digital Tbk

PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK) melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (8/2/2023). Lantas, bagaimana laju saham PACK pada perdagangan perdana?

Mengutip data RTI, saham PACK dibuka turun Rp 2 ke posisi Rp 160 per saham dari harga awal Rp 162. Harga saham PACK berada di posisi Rp 146 atau turun 9,88 persen pada pukul 09.10 WIB. 

Saham PACK berada di level tertinggi Rp 160 dan terendah Rp 146 per saham. Total frekuensi perdagangan 217 kali dengan volume perdagangan 7,16 juta saham. Nilai transaksi harian Rp 1,05 miliar.

Melansir keterangan resminya, saham PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK) secara resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai emiten ke-16 pada 2023, Perseroan semakin optimistis total pendapatan di sepanjang tahun ini bisa bertumbuh dua digit dibanding setahun sebelumnya.

Direktur Utama Solusi Kemasan Digital, Denny Winoto mengatakan, kinerja keuangan perseroan untuk tahun buku 2023 diproyeksikan tetap konsisten berada di jalur pertumbuhan, setelah pada 2022 berhasil membukukan laba bersih di tengah membaiknya prospek bisnis percetakan digital untuk kemasan fleksibel.

"Kami memproyeksikan bahwa kinerja keuangan PACK akan tetap konsisten menjaga pertumbuhan laba di tengah momentum positif pada prospek bisnis kemasan bagi UMKM,” kata Denny, Rabu, 8 Februari 2023.

 

7 dari 10 halaman

Target Kinerja Keuangan Solusi Kemasan Digital

Dia mengungkapkan, optimisme perseroan  untuk meneruskan capaian laba positif tersebut akan ditopang oleh pertumbuhan pendapatan pada2023 hingga lebih dari 20 persen. 

"Kami memperkirakan growth revenue akan bertumbuh double digit atau sekitar 23 persen sampai dengan 24 persen," ungkap Denny.

Berdasarkan laporan keuangan PACK yang berakhir 31 Juli 2022, perseroan mamp mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 40,97 persen menjadi Rp26,22 miliar dibanding per 31 Juli 2021 yang senilai Rp18,6 miliar. Sehingga, selama tujuh bulan pertama pada 2022, PACK berhasil meraih laba bersih tahun berjalan sebesar Rp705,95 juta.

Menurut Denny, perusahaan pemilik brand FlexyPack dalam melaksanakan penawaran umum perdana saham (IPO) akan memuluskan kinerja operasional perseroan ke depannya. Karena, aksi korporasi ini akan mendukung pemenuhan kebutuhan modal kerja maupun belanja modal PACK.

Pada pelaksanaan IPO, Perseroan melepas saham ke publik sebanyak 308 juta lembar bernilai nominal Rp10 atau setara 20,03 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Dengan harga penawaran umum senilai Rp162 per saham, maka dana yang berhasil dihimpun mencapai Rp 49,9 miliar.

 

8 dari 10 halaman

Dana IPO Solusi Kemasan Digital

Selain melakukan IPO, PACK juga menerbitkan sebanyak 61,6 juta waran seri I. Setiap pemegang lima saham baru PACK berhak untuk memperoleh satu waran, sedangkan setiap satu waran memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru perseroan dengan harga pelaksanaan Rp350 per saham. Total penghimpunan dana dari penerbitan waran ini maksimal Rp21,56 miliar.

Rencananya, sebesar 79 persen dana hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan oleh PACK untuk modal kerja, sedangkan sisanya akan dimanfaatkan sebagai anggaran belanja modal. Sementara itu, dana hasil pelaksanaan waran juga akan digunakan PACK sebagai modal kerja.

"Hari ini, 8 Februari 2023, Solusi Kemasan Digital sebagai pemilik brand FlexyPack sudah resmi menjadi perusahaan go public yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia. Pencatatan saham PACK ini merupakan milestone bagi perseroan untuk menuju level yang lebih tinggi dalam mentransformasi kemasan jutaan UMKM di Indonesia,” kata Denny.

Dia menegaskan, pada pelaksanaan offering yang berlangsung selama kurun 2-6 Februari 2023, saham PACK mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 6,98 kali berdasarkan sistem laporan e-IPO. 

"Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki minat besar terhadap PACK yang berfundamental baik dengan prospek bisnis positif," ujar Denny. 

 

9 dari 10 halaman

4.PT Pelita Teknologi Global Tbk

Harga Saham Pelita Teknologi Global

PT Pelita Teknologi Global Tbk (CHIP) melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (8/2/2023). Lantas, bagaimana laju saham CHIP pada perdagangan perdana?

Mengutip data RTI, saham CHIP dibuka naik Rp 16 ke posisi Rp 176 per saham dari harga awal Rp 160. Harga saham CHIP berada di posisi Rp 174 atau naik 8,75 persen pada pukul 09.10 WIB. 

Saham CHIP berada di level tertinggi Rp 176 dan terendah Rp 168 per saham. Total frekuensi perdagangan 4.703 kali dengan volume perdagangan 42,01 juta saham. Nilai transaksi harian Rp 7,24 miliar.

PT Pelita Teknologi Global Tbk, perusahaan yang bergerak dalam bidang aktivitas konsultasi dan perancangan IoT, dan industri smart card melepas sejumlah 200 juta lembar saham. Besaran saham itu setara dengan 24,81 persen dari modal disetor dan ditempatkan Perseroan, dengan harga Rp 160 per lembar saham. Perseroan menunjuk PT Lotus Andalan Sekuritas selakuUnderwriter.

Seiring berjalannya waktu terdapat beberapa perubahan anggaran dasar dimana yang terakhir kalinya Perseroan berfokus pada bisnis produksi smart xard dan aktivitas konsultasi informasi dan Teknologi.

 

10 dari 10 halaman

Langkah IPO

Direktur Utama Perseroan Ardarini mengatakan, langkah perusahaan masuk Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui IPO adalah bagian dari strategi meningkatkan kapasitas pendanaan perusahaan dan tata kelola untuk lebih baik lagi.

Kinerja perusahaan sampai Juli 2022 masih mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang positif. Ardarini menyatakan optimis dengan prospek bisnis smart card dan aktivitas konsultasi Informasi dan teknologi yang dijalankan perseroan saat ini.

"Seluruh dana bersih hasil IPO akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja yaitu untuk biaya operasional. Di antaranya seperti pembelian bahan baku, biaya angkut, biaya kantor, biaya penjualan, gaji dan biaya sewa," kata Ardarini dalam keterangan resminya, Rabu (8/2/2023).

Perseroan tidak memiliki rencana untuk melunasi utang kepada pihak terafiliasi dengan menggunakan dana hasil penawaran umum. 

Setelah dilaksanakannya IPO, mulai tahun ini berdasarkan laba bersih 2022, perseroan berniat untuk melakukan pembayaran dividen sebanyak-banyaknya 20 persen dari laba bersih untuk masa yang akan datang.

Direktur Utama PT Lotus Andalan Sekuritas (Lotus) Wientoro Prasetyo menuturkan, Perseroan mendapatkan izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan pada 31 Januari 2023. 

Selama masa penawaran umum pada 2 – 6 Februari 2023, saham PT Pelita Teknologi Global Tbk mendapatkan minat yang cukup positif dari para investor dan seluruh saham yang ditawarkan dapat terserap dengan baik. 

"Perseroan akan menerima dana segar sebesar  Rp 32 miliar. Di mana dana yang diraih dari IPO akan digunakan untuk working capital yaitu pembelian bahan baku, biaya angkut, biaya kantor, biaya penjualan, gaji dan biaya sewa," kata Wientoro.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.