Sukses

Melihat Prediksi JPMorgan untuk Bursa Saham Asia Tenggara pada 2023

JPMorgan prediksi permintaan global yang melemah, pengetatan kebijakan moneter dan dorongan pembukaan kembali yang memudar bayangi bursa saham Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Asia Tenggara akan bergerak dengan cara yang mirip bak "bungee jump" pada 2023, anjlok sebelum melonjak pada paruh kedua 2022, menurut analis JPMorgan.

"(Itu kemungkinan akan ditandai dengan) penurunan tajam diikuti oleh peningkatan cepat di ketinggian (reli pasar bearish) diikuti oleh penurunan lainnya sampai akhirnya pasar berhenti di titik terendah," tulis analis yang dipimpin oleh Rajiv Batra dalam sebuah laporan, dikutip dari CNBC, Senin (12/12/2022).

JPMorgan mengaitkannya dengan daya beli yang melemah sehubungan dengan pengetatan kebijakan moneter, tabungan yang lebih rendah, dan biaya pinjaman yang lebih tinggi.

JPMorgan prediksi indeks MSCI ASEAN untuk menguji ulang posisi terendah tahun ini dan berpotensi bergerak lebih rendah lagi pada paruh pertama 2023, terbebani oleh permintaan eksternal yang lebih lemah, pengetatan kondisi keuangan, dan dorongan pembukaan kembali yang memudar, di antara faktor-faktor lainnya.

Indeks MSCI ASEAN turun 22 persen dari level tertinggi pada Februari ke level terendah tahun ini pada Oktober. Indeks kemudian rebound atau memantul 10 persen, didukung oleh harapan pembukaan kembali China dan kebijakan moneter Amerika Serikat atau the Federal Reserve.

"Impuls pembukaan kembali China diharapkan sederhana mengingat kondisi resesi global," tulis JPMorgan.

Dorongan pembukaan kembali China diperkirakan tidak terlalu besar mengingat kondisi resesi global.

Indeks mengukur kinerja saham kapitalisasi besar dan menengah di empat pasar negara berkembang, satu pasar maju, dan satu pasar perbatasan. Secara total, ini terdiri dari 170 konstituen di Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ekonomi Berorientasi Perdagangan

Suku bunga Fed diperkirakan mencapai 5 persen pada Mei, dan resesi AS diperkirakan terjadi pada akhir tahun.

Namun, "bertentangan dengan kepercayaan investor, pasar ekuitas telah gagal untuk sepenuhnya menghargai resesi sampai hal itu terjadi," kata laporan itu.

Perekonomian yang berorientasi perdagangan antara lain Singapura, Thailand, Vietnam, dan Malaysia akan sangat terpengaruh oleh pertumbuhan global yang lebih lambat di masa mendatang dan permintaan yang lebih lemah untuk barang-barang konsumen yang tahan lama.

Selain itu, pelonggaran pembatasan Covid yang diharapkan China tidak mungkin mengimbangi penurunan perkiraan.

Perekonomian Thailand, misalnya, diperkirakan terkena "penurunan signifikan" dalam ekspor, investasi swasta, dan manufaktur, dengan analis JPMorgan menurunkan perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) 2023 dari 3,3 persen menjadi 2,7 persen. Singapura juga diperkirakan menghadapi kondisi ekonomi makro yang lebih menantang.

"Kami perkirakan bahwa melemahnya permintaan eksternal akan terus memperlambat sektor penghasil barang [Singapura] bahkan ketika sektor jasa memberikan beberapa kompensasi."

Kenaikan pajak barang dan jasa Singapura yang akan datang – dari 7 persen menjadi 8 persen – juga akan mengurangi permintaan dan prospek sektor konsumen, kata JPMorgan.

3 dari 4 halaman

Pembukaan Kembali China

 "Impuls pembukaan kembali" China juga diperkirakan sederhana mengingat kondisi resesi global.

China Daratan melonggarkan banyak kontrol COVID-19 yang ketat dalam seminggu terakhir, dengan otoritas nasional mengumumkan banyak perubahan besar seperti kemudahan perjalanan di dalam negeri, menjaga bisnis tetap beroperasi, dan mengizinkan pasien Covid untuk dikarantina di rumah.

"Manfaat dari pembukaan kembali China akan diimbangi oleh resesi di pasar maju," kata analis JPMorgan kepada CNBC, menambahkan bahwa pasar Asia Tenggara memiliki eksposur yang tinggi terhadap ekspor dan permintaan dari ekonomi pasar maju.

Namun, pembukaan kembali China untuk perjalanan internasional, jika itu terjadi, akan menjadi katalisator positif bagi perekonomian Singapura. Turis China menyumbang sekitar 20 persen dari kedatangan turis Singapura pada 2019, yang kembalinya juga dapat menghasilkan dampak langsung pada konsumsi (Singapura) dan sektor layanan terkait perjalanan.

 

4 dari 4 halaman

Berdampak terhadap Inflasi

Namun demikian, JPMorgan memperkirakan kenaikan kemungkinan masih akan dibatasi oleh kondisi resesi global dan tantangan permintaan eksternal yang dihadapi negara tersebut.

Pembukaan kembali perbatasan secara penuh dari China juga akan menambah potensi keuntungan untuk pemulihan pariwisata Thailand, dan itu bisa menyebabkan inflasi, menurut laporan tersebut.

"Ada argumen bahwa pembukaan kembali perbatasan China yang lebih awal dari perkiraan adalah inflasi," kata JPMorgan.

Namun demikian, sementara pariwisata dapat merangsang kenaikan upah dan konsumsi, itu tidak berkorelasi erat dengan inflasi di negara-negara seperti Thailand, di mana sifat inflasi terutama didorong oleh pasokan. Hal itu ditambahkan oleh para analis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.