Sukses

NFCX Lewat Volta Hadirkan Motor Listrik Mulai dari Rp 12,75 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Volta, anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), MCAS Group menghadirkan motor listrik berbasis teknologi IoT terdepan dengan infrastruktur sistem ganti baterai yang masif di Indonesia. Motor listrik ini hadir dalam pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 yang berlangsung pada 28-30 September 2022 di Jakarta Convention Center.

IEMS 2022 merupakan pameran Kendaraan Bermotor Listrik yang diselenggarakan untuk mendorong percepatan implementasi kendaraan listrik di Indonesia melalui berbagai inovasi terbaru.

Chief Executive Officer Volta, Iwan Suryaputra mengungkapkan, sebagai upaya dalam memperkenalkan motor listrik yang lebih ramah lingkungan pada masyarakat, Volta hadir dalam ajang IEMS 2022, di mana selain kembali menunjukan Volta 401 sebagai unit unggulan, serta memperkenalkan Volta seri Mandala sebagai inovasi varian model terbaru.

"Kini Volta turut menghadirkan program Volta Plus+, artinya semakin banyak pilihan bagi calon pembeli motor listrik Volta. Dengan DP dan cicilan yang rendah, harapannya motor listrik Volta semakin terjangkau bagi masyarakat. Volta menyambut setiap pengunjung di IEMS 2022 untuk dapat melihat secara langsung tampilan hingga spesifikasi beragam model motor listrik Volta yang ciamik,” kata Iwan dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia, ditulis Kamis (29/9/2022).

Ajang IEMS 2022 menjadi wadah Volta untuk memperkenalkan inovasi motor listrik ramah lingkungan kepada pengunjung acara dan masyarakat luas.

Perseroan menyatakan, hadirnya Volta dalam pameran ini sekaligus menjadi bentuk partisipasi dan dukungan Volta sebagai motor listrik karya anak bangsa guna membantu mewujudkan komitmen pemerintah terkait pembangunan berkelanjutan dan percepatan transisi ke energi bersih.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Ragam Varian

Sementara itu, Volta menghadirkan ragam varian model motor listrik unggulannya, di antaranya adalah Volta 401, Volta edisi kolaborasi bersama Bumilangit yaitu seri ‘Virgo and the Sparklings’ dan seri baru ‘Mandala’. Di IEMS 2022, para pengunjung juga dapat membeli motor Volta dengan berbagai program cicilan kepemilikan motor yang menarik dari berbagai Bank dan Multifinance.

Masih dalam kesempatan yang sama, Volta menghadirkan Volta Plus+ sebagai program kepemilikan motor listrik yang lebih murah dan lebih hemat. Mulai dari Rp12,75 juta (OTR Jakarta), kini masyarakat dapat menikmati era baru berkendara dengan motor listrik Volta yang tertangguh, terhemat, termurah, dan tercanggih melalui seri Volta 401 dan seri ‘Virgo and the Sparklings’.

Volta Plus+ juga dilengkapi dengan berbagai keunggulan, di antaranya garansi baterai seumur hidup, gratis home charging, dan biaya operasional yang lebih hemat dibandingkan motor biasa, cukup dengan tarif flat baterai sesuai penggunaan.

Tak hanya itu, pada ajang IEMS 2022 ini Volta juga memperkenalkan model motor listrik terbarunya yaitu seri ‘Mandala’ yang namanya diambil dari salah satu karakter Bumi Langit.

Masih dalam kolaborasi bersama dengan Bumi Langit, seri ‘Mandala’ adalah inovasi varian motor listrik terbaru dengan model Classic Retro, yang memiliki 2 slot baterai dengan jarak tempuh sampai dengan 130 km dan kecepatan maksimal 55 km/jam. Volta seri ‘Mandala’ sendiri akan dibanderol dengan harga Rp18,5 juta OTR Jakarta.

3 dari 5 halaman

Sepeda Motor Listrik Siap Buka Pabrik Pertama di Indonesia

Sebelumnya, produsen kendaraan listrik ramah lingkungan, PT Volta Indonesia Semesta (Volta) mendukung upaya pemerintah melakukan transisi energi fosil ke energi yang lebih ramah lingkungan. Volta pun siap membuka pabrik sepeda motor listriknya di Indonesia.

Hal ini juga sejalan dengan upaya mendukung pemerintah dalam mengimplementasikan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).Direktur PT Volta Semesta Indonesia, Willty Awan menyampaikan, motor listrik produksinya hadir dengan Battery Replacement System (SGB) sebagai inovasi penggerak yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

"KBLBB yang menargetkan pertumbuhan jumlah mobil listrik menjadi 374 ribu, sepeda motor listrik menjadi 11,8 juta, Stasiun Pengisian Tenaga Listrik Umum (SPKLU) menjadi 6 ribu dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) menjadi 17 ribu pada tahun 2025," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (2/11/2021).

Mengusung motor listrik hemat energi, Volta siap mendebutkan kendaraan inovatif dengan fitur teknologi ramah lingkungan, didukung oleh NFCX, dan desain modern yang memberikan kenyamanan berkendara bagi penggunanya. Kendaraan listrik besutan anak perusahaan patungan PT NFC Indonesia Tbk (IDX: NFCX) – MCAS Group dan SiCepat ini menciptakan dan mengembangkan inovasi untuk membantu kemajuan Indonesia khususnya di bidang transportasi yang ramah lingkungan.

 

4 dari 5 halaman

Tipe

Memiliki 4 tipe sepeda listrik dan 1 tipe motor listrik serta 3 tipe motor listrik roda tiga, Volta siap menembus pasar kendaraan listrik Indonesia yang saat ini sedang didukung kuat oleh Pemerintahan Jokowi.

Memiliki dimensi kendaraan yang langsing berukuran 1920x1100x680 mm, Volta 401 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 60V 23A berjenis SGB Lifepo4 Lithium dan kekuatan motor 1500 watt yang mampu menempuh jarak hingga 60 km.

Selain itu, Volta 401 juga dilengkapi dengan fitur LCD Digital Speedometer, LED Lamp, Remote Alarm, Keyless Ignition System, Double Batteries Slot, hingga USB Charging Port yang memberikan kemudahan bagi pengendaranya untuk berkendara dengan aman dan nyaman.

“Menyadari proposisi nilai Indonesia yang lebih hijau, NFCX senang bekerja sama dengan Volta untuk menghadirkan kendaraan bermotor ramah lingkungan yang didukung oleh teknologi Internet-of-Things (IoT) yang kuat. Pengguna Volta akan dapat mengatur kendaraan listrik dan penggunaan baterai mereka dengan nyaman melalui platform digital yang didukung oleh NFCX," jelas Presiden Direktur NFCX Abraham Theofilus.

"Dengan demikian, kami berharap dapat memperkuat kegunaan dan mengurangi keraguan yang terkait dengan adopsi EV terutama pada jarak tempuh dan frekuensi penggunaan," lanjut dia.

 

5 dari 5 halaman

Buka Pabrik Pertama di Indonesia

Sebagai pemain baru di pasar kendaraan listrik Indonesia yang memulai kegiatan pemasarannya pada Februari 2018, Volta telah memiliki Sertifikat Uji Tipe Kendaraan Bermotor untuk unit tipe Volta 401, Volta 501, dan Volta 503. Selain itu, potensi Volta juga telah diakui dan mendapat predikat Motor Newcomer IIMS Electric Newcomer Terbaik tahun 2020.

Volta juga memiliki jaringan dealer yang melayani 4S (Sales, Service, Spare Parts, dan SGB) yang tersebar di Jakarta, Banten, Jawa Barat , Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga daerah luar Jawa.

Dalam waktu dekat, Volta akan segera membuka pabrik sepeda motor listrik pertamanya di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan kendaraan ramah lingkungan yang berkualitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.