Sukses

Tesla Bakal Desak Hakim Batalkan Gugatan Tuduhan Diskriminasi Ras di Pabrik California

Tesla, yang menghadapi serangkaian tuntutan hukum diskriminasi lainnya yang diajukan oleh karyawan, mengatakan kasus itu bermotif politik.

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara Tesla pada Rabu akan mendesak hakim California untuk membatalkan gugatan oleh lembaga hak-hak sipil negara bagian yang menuduh pembuat mobil listrik melakukan diskriminasi ras yang meluas di pabrik perakitan.

Hakim Pengadilan Tinggi California Evelio Grillo di Oakland akan mengadakan sidang tentang upaya Tesla untuk menolak gugatan oleh Departemen Hak Sipil (DCR) negara bagian. Tesla, yang menghadapi serangkaian tuntutan hukum diskriminasi lainnya yang diajukan oleh karyawan, mengatakan kasus itu bermotif politik. Demikian mengutip dari laman Channel News Asia, ditulis Kamis (25/8/2022).

Dalam pengaduan yang diajukan pada Februari, DCR mengatakan pabrik unggulan Tesla di Fremont, California, adalah tempat kerja yang dipisahkan secara rasial di mana karyawan kulit hitam dilecehkan dan didiskriminasi dalam hal tugas pekerjaan, disiplin, dan gaji.

Tesla, yang telah membantah melakukan kesalahan, dan pengacaranya tidak menanggapi permintaan komentar pada Selasa. Begitu pula DCR, yang sampai bulan lalu disebut Departemen Pekerjaan dan Perumahan yang Adil.

Tesla yang berbasis di Austin, Texas menghadapi serangkaian kasus diskriminasi ras dan jenis kelamin, sebagian besar melibatkan pabrik Fremont.

Seorang hakim negara bagian pada April memotong vonis juri untuk seorang pekerja kulit hitam yang menuduh pelecehan rasial dari USD 137 juta atau Rp 1,99 triliun menjadi USD 15 juta atau Rp 218 miliar. Penggugat menolak pengurangan penghargaan dan memilih persidangan baru, yang dijadwalkan pada Maret 2023.

Dalam mosinya untuk menolak kasus DCR, Tesla mengatakan agensi tersebut melanggar kewajibannya berdasarkan undang-undang negara bagian dengan mengajukan gugatan tanpa terlebih dahulu memberitahu perusahaan tentang semua klaim atau memberinya kesempatan untuk menyelesaikan.

Agensi telah menjawab sebelum menggugat, pihaknya mengikuti semua prosedur internal termasuk memberi Tesla kesempatan untuk memasuki mediasi.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tesla Ajukan Keluhan

Tesla pada Juni mengajukan keluhan dengan lembaga negara bagian yang berbeda, Kantor Hukum Administrasi California, mengklaim dugaan penyimpangan DCR tersebar luas dan prosedur yang diadopsi oleh lembaga tersebut melanggar hukum. OAL awal bulan ini menolak untuk meninjau petisi Tesla tanpa memberikan alasan untuk melakukannya.

Ada sedikit preseden untuk menantang kekuasaan agen anti-diskriminasi yang diberikan kewenangan luas untuk menuntut majikan.

Dalam kasus Mach Mining v. Equal Employment Opportunity Commission 2015, yang melibatkan agen yang memberlakukan undang-undang anti-bias federal, Mahkamah Agung AS mengatakan, pengadilan tidak dapat menyelidiki detail tentang bagaimana agen tersebut bertindak sebelum menuntut.

Hukum California, yang mirip dengan hukum federal yang ditegakkan oleh EEOC, mengatakan DCR harus berusaha untuk menyelesaikan klaim bias melalui konferensi, konsiliasi, dan persuasi sebelum menuntut, tetapi tidak menetapkan persyaratan ketat untuk diikuti oleh agensi.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Elon Musk Sebut Tesla Telah Produksi Lebih 3 Juta Mobil

Sebelumnya, Tesla telah produksi lebih dari tiga juta mobil. Hal itu disampaikan CEO Elon Musk melalui tweet pada Minggu, 14 Agustus 2022. Dari total itu, pabrik Tesla di Shanghai telah produksi satu juta mobil, menurut tweet tersebut.

"Selamat Giga Shanghai telah membuat mobil ke-sejuta! Total Tesla yang dibuat sekarang lebih dari 3 juta,” tulis tweet dari Musk, dikutip dari CNBC, Senin, 15 Agustus 2022.

Pengumuman Musk datang setelah berbulan-bulan penguncian dan kekurangan suku cadang di China yang mengancam produksi kendaraan Tesla. Ini menunjukkan pabrik Tesla di Shanghai memproduksi sejumlah besar kendaraan baru setelah dibuka pada 2019 dan tahun-tahun investasi berikutnya.

Pencapaian total kendaraan yang dirayakan oleh Musk pada Minggu datang setelah pengiriman Tesla yang dilaporkan, perkiraan terdekat untuk penjualan, telah meningkat dalam beberapa kuartal terakhir. Pada Juli, Tesla mengatakan mereka mengirimkan 254.695 kendaraan pada kuartal II, naik 26,5 persen dari tahun ke tahun.

Namun, tonggak sejarah itu juga menyoroti betapa kecilnya Tesla dibandingkan dengan raksasa otomotif. Misalnya, Toyota mengirimkan lebih dari 10 juta kendaraan pada 2021 saja. Tesla mengatakan awal tahun ini pihaknya berencana untuk meningkatkan pengiriman kendaraan sebesar 50 persen setiap tahun.

4 dari 4 halaman

Produksi Mobil

Selain pabriknya di Shanghai, Tesla memproduksi mobil di pabrik-pabrik di Fremont, California, Austin, Texas dan dekat Berlin di Jerman. Musk mengatakan pada Juli pabrik Fremont, yang pertama di perusahaan, telah membuat 2 juta mobil.

Pada Juni, Musk mengatakan dia ingin mendapatkan pabrik Shanghai “kembali ke pelana" dan menyesalkan bahwa pabrik Tesla di Berlin dan Austin adalah tungku uang yang kehilangan miliaran dolar karena rantai pasokan dan masalah produksi.

Saham Tesla turun hampir 25 persen pada 2022 karena investor telah menilai kembali perusahaan yang tumbuh cepat dalam menghadapi inflasi dan masalah ekonomi makro.

Musk menjual lebih dari 7 juta saham Tesla minggu lalu senilai sekitar USD 6,88 miliar atau Rp 101 triliun (asumsi kurs Rp 14.686) karena ia secara bersamaan terikat dalam litigasi atas upayanya untuk mengakhiri perjanjian untuk membeli Twitter seharga USD 44 miliar atau Rp 646 triliun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.