Sukses

Bursa Saham Asia Bervariasi Jelang Akhir Pekan, NetEase Catat Pertumbuhan Laba

Bursa saham Asia Pasifik bergerak di zona hijau pada perdagangan Jumat, 19 Agustus 2022 mengikuti wall street.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Asia Pasifik sebagian besar menguat pada Jumat (19/8/2022). Hal ini mengikuti wall street yang positif.

Indeks S&P/ASX 200 di Australia naik 0,0.1 persen. Indeks Nikkei 225 Jepang naik 0,51 persen sementara indeks Topix bertambah 0,45 persen sedangkan indeks Kospi sedikit turun di 0,38 persen.

Inflasi utama Juli Jepang telah meningkat menjadi 2,6 persen dari 2,4 persen pada Juni. Itu di atas ekspektasi 2,2 persen dan lebih tinggi dari target Bank of Japan sebesar 2,0 persen.

Selandia Baru atau New Zealand membukukan ekspor sedikit lebih tinggi pada Juli menjadi NZ$ 6,68 miliar dolar (USD 4,17 miliar atau Rp 61,94 triliun) dari NZ$ 6,27 miliar atau Rp 58,09 triliun. Tetapi impor juga naik menjadi NZ$ 7,77 miliar atau Rp 72,07 triliun untuk Juli dari NZ$ 7,38 miliar atau Rp 67,53 pada Juni.

Malaysia akan merilis angka perdagangannya untuk Juli 2022. Setelah penurunan pendapatan kuartal II Tencent awal pekan ini, sesama raksasa teknologi NetEase menawarkan pasar pemanis yang membukukan peningkatan hampir 13 persen secara tahunan dalam pendapatan bersih kuartal II mengalahkan ekspektasi.

Ada banyak revisi untuk pertumbuhan PDB China di hari terakhir. Goldman Sachs dan Nomura menurunkan perkiraan dengan alasan permintaan yang lebih lemah, ketidakpastian yang berasal dari kebijakan nol-Covid-19 dan krisis energi.

Ekonom senior Capital Economics China Julian Evans-Pritchard mengatakan dalam sebuah catatan pada Kamis prospek rebound setelah Omicron untuk China buruk, terutama dengan latar belakang pasar perumahan yang berputar dan selera kredit yang lambat meskipun ada pelonggaran kebijakan.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda Permintaan Turun

"Lebih banyak dukungan sedang dalam perjalanan tetapi mungkin akan terlalu terlambat untuk mencegah produksi stagnan tahun ini. Dan begitu ekonomi kembali tumbuh, itu akan menjadi lebih lambat daripada di masa lalu," kata dia dikutip dari CNBC, Jumat, 19 Agustus 2022.

Menurut Evans, masalah ekonomi China saat ini akan memburuk jika bukan karena ekspor yang booming akhir-akhir ini.

Namun, ada tanda-tanda permintaan sekarang turun karena perlambatan ekonomi global dan pembalikan pergeseran konsumsi barang yang disebabkan oleh pandemi, ia menambahkan.

Bank sentral China mengejutkan minggu ini dengan pemotongan 10 basis poin untuk suku bunga utamanya pada Senin.

"Kami sekarang mengharapkan dua lagi pemotongan 10 basis poin selama sisa tahun ini dan terus memperkirakan pemotongan RRR kuartal berikutnya. Namun, pergerakan ini sebagian besar akan bersifat simbolis," kata Evans-Pritchard.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tanggapan Pengamat

“PBOC ingin meyakinkan pelaku pasar dan bos politiknya di Zhongnanhai bahwa mereka mengambil tindakan untuk menopang perekonomian. Namun dalam praktiknya, bank sentral tampaknya masih enggan untuk memangkas suku bunga pada skala yang diperlukan untuk membuat perbedaan yang berarti terhadap permintaan pinjaman,” ia menambahkan.

Veteran pasar Nancy Tengler mengatakan pembicaraan tentang market bull baru terlalu dini, karena dia menyebutkan saham terpercaya yang dia sukai saat ini.

"Saya pikir reli ini sangat bagus," CEO dan kepala investasi Laffer Tengler Investments, Tengler, kepada CNBC "Squawk Box Asia" pekan lalu.

"Tapi saya tidak berpikir kita akan pergi dan berlari di market bull baru,” katanya.

Dia menyebutkan beberapa saham teknologi yang menurutnya "petani yang lebih andal", perusahaan dengan rekam jejak yang terbukti dalam meningkatkan pendapatan dan dividen.

Pasar AS telah naik dari posisi terendah pertengahan Juni dalam beberapa pekan terakhir, tetapi ahli strategi David Roche percaya dukungan saat ini untuk pasar akan habis.

Roche selaku kepala perusahaan riset strategi independen, mengatakan dia pikir reli itu mungkin 75 persen lebih sekarang. Hal itu diungkapkan kepada CNBC awal pekan ini.

4 dari 4 halaman

Penutupan Bursa Asia Kamis 18 Agustus 2022

Sebelumnya, bursa saham Asia Pasifik melemah pada perdagangan Kamis, 18 Agustus 2022 setelah reli wall street mereda dan risalah the Fed pada pertemuan Juli 2022 menunjukkan sedikit bukti tekanan inflasi mereda pada saat pertemuan.

Indeks ASX 200 di Australia melemah 0,21 persen ke posisi 7.112,8. Indeks Nikkei Jepang turun hampir 1 persen menjadi 28.942,14. Indeks Topix tergelincir 0,82 persen ke posisi 1.990,5. Indeks Kospi Korea Selatan terperosok 0,33 persen ke posisi 2.508,05.

Bursa saham China juga melemah.Indeks Shanghai turun 0,46 persen ke posisi 3.277,54. Indeks Shenzhen melemah 0,62 persen ke posisi 12.517,32. Indeks Hang Seng anjlok 0,8 persen.

Setelah menaikkan suku bunga acuan 50 basis poin pada Rabu, 17 Agustus 2022, Gubernur Reserve Bank of New Zealand Adrian Orr yakin inflasi akan turun.

“Kami masih memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi kami punya waktu di pihak kami,” ujar dia.

Bank Sentral Filipina juga bergabung hadapi inflasi dan menaikkan suku bunga 50 basis poin. Di sisi lain, saham Tencent melambung 3,1 persen. Pada Rabu, 17 Agustus 2022, Tencent mencatat penurunan penjualan kuartalan pertamanya. Perseroan mengatakan, laba perseroan turun oleh kurangnya persetujuan game dan peraturan yang membatasi waktu bermain dan ekonomi yang lemah sehingga rugikan penjualan iklan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.