Sukses

Wall Street Perkasa Tersengat Lonjakan Saham Amazon

Pada penutupan perdagangan wall street, semua rata-rata indeks utama menguat sehingga mendorong pekan yang positif dan bulan terbaik sepanjang 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street menguat pada sesi ketiga berturut-turut pada Jumat, 29 Juli 2022. Wall street Inbergerak di zona hijau seiring laba teknologi yang kuat dan melihat kekhawatiran masa lalu tentang inflasi yang tinggi dan resesi.

Pada penutupan perdagangan wall street, semua rata-rata indeks utama menguat sehingga mendorong pekan yang positif dan bulan terbaik sepanjang 2022. Indeks Dow Jones menanjak 315,50 poin atau hampir 1 persen menjadi 32.845,13. Indeks S&P 500 menguat 1,4 persen menjadi 4.130,29. Indeks Nasdaq bertambah sekitar 1,9 persen ke posisi 12.390,69.

Pada pekan ini, indeks Dow Jones bertambah hampir 3 persen, sedangkan indeks S&P 500 dan Nasdaq masing-masing naik sekitar 4,3 persen dan 4,7 persen. Pada Juli 2022,indeks Dow Jones menguat 6,7 persen. Indeks S&P 500 menanjak 9,1 persen. Indeks Nasdaq masih di wilayah bearish atau menurun, tetapi masih naik sekitar 12,4 persen. Kenaikan itu terbesar secara bulanan untuk tiga indeks acuan utama di wall street sejak 2020.

Kinerja itu sangat kontras dari enam bulan sebelumnya ketika bursa saham jatuh ke level bearish atau menurun. Pasar berbalik karena ketakutan investor tentang langkah agresif kenaikan suku bunga the Federal Reserve (the Fed) mulai berkurang dan gagasan inflasi mungkin telah mencapai puncaknya mulai menetap.

"Mulai dari posisi sentimen tertekan dan posisi bearish adalah aset, tetapi gambaran yang lebih besar adalah pergeseran halus dalam inflasi dan ekspektasi inflasi dan dengan demikian ekspektasi pasar untuk jalur the Fed,” ujar Investment Strategy Analyst Baird, Ross Mayfield, dikutip dari CNBC, Sabtu (30/7/2022).

Ia menambahkan, akhir-akhir ini ketahanan ketahanan laba perusahaan menambah sentimen positif di pasar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Ada Kekhawatiran Inflasi

Namun, beberapa tetap khawatir dengan tingkat inflasi dengan perang Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina dan kemungkinan pasar bisa berubah lebih rendah lagi. Pada Jumat, 29 Juli 2022, biro analisis ekonomi melaporkan indeks pengeluaran konsumsi pribadi Juni naik 6,8 persen dalam 12 bulan. Indikator inflasi yang diawasi ketat oleh the Fed ini mencapai level tertinggi sejak Januari 1982.

“Ini mungkin terbukti menjadi reli pasar bearish pada akhirnya, ini sangat umum terjadi selama pasar bearish yang lebih lama, tetapi kombinasi dari penangguhan suku bunga, sentimen dan posisi bearish, ketahanan perusahaan dan konsumen dalam menghadapi inflasi sudah cukup untuk memicu reli dalam aset berisiko,” ujar Mayfield.

Pada Jumat pekan ini, investor juga mendapatkan pembacaan akhir dari indeks sentimen konsumen Universitas Michigan, yang berada di posisi 51,5 pada Juli 2022. Indeks itu sedikit meningkat dari pembacaan awal dan naik dari level terendah sepanjang masa pada Juni di 50.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Laba Perusahaan Teknologi Angkat Indeks

Namun demikian, keuntungan dari dua saham terbesar memimpin rata-rata indeks utama lebih tinggi. Saham Amazon melonjak hampir 10,4 persen setelah raksasa e-commerce itu melaporkan penjualan lebih kuat dari perkiraan untuk kuartal sebelumnya.

Sementara itu, Apple naik 3,2 persen setelah membukukan pendapatan iPhone lebih baik dari perkiraan. Chevron dan Exxon Mobil juga membukukan hasil lebih baik dari perkiraan untuk kuartal sebelumnya membawa saham mereka masing-masing menguat 8,9 persen dan 4,6 persen.

Namun, kumpulan hasil laporan keuangan perusahaan cenderung beragam. Saham Roku merosot sekitar 23,1 persen setelah perusahaan meleset dari perkiraan dan memperingatkan perlambatan iklan. Saham produsen chip Intel turun hampir 8,6 persen setelah hasil kuartalannya jauh dari harapan.

“Pasar mengambil banyak kenyamanan di musim laporan keuangan dengan laba yang beragam karena kekhawatiran bahwa itu tidak akan beragam, itu akan lebih seragam negatif,” ujar Chief Investment Strategist BMO Wealth Management, Yung-Yu Ma.

Ia mencontohkan, ketika Intel menurunkan harapan setahun penuh. Microsoft mengeluarkan perkiraan laba yang cerah pada 2023. Sedangkan Walmart memangkas prospek laba dan Amazon memberikan panduan optimistis.

“Anda berpikir nasib mereka terikat cukup erat, tetapi Anda melihat yang satu berjuang sedikit lebih banyak dari pada yang lain,” kata dia.

 

 

4 dari 4 halaman

Hasil Kinerja Emiten

Ia menambahkan, dari satu sudut pandang, itu tidak bagus, karena menciptakan beberapa ketidakpastian dan risiko di masing-masing perusahaan, tetapi juga menghibur karena tidak semuanya negatif, dan beberapa perusahaan mampu mengelola biaya, meningkatkan pendapatan dan mempertahankan margin keuntungan dengan lebih baik.

Lebih dari setengah perusahaan S&P 500 telah melaporkan laba, dengan 72 persen dari nama-nama tersebut mengalahkan harapan, dan menunjukkan data FactSet.

Keuntungan pekan ini datang setelah investor mengabaikan kenaikan 75 basis poin dari the Federal Reserve atau bank sentral AS pada Rabu pekan ini, dan pembacaan produk domestik bruto (PDB) yang negatif pada Kamis pekan ini.

“Pasar mengambil harapan perlambatan pertumbuhan ekonomi akan menghasilkan Fed yang lebih dovish, untuk bergerak maju bahkan jika itu sedikit lebih jauh,” ujar Ekonom New York Life Investments Lauren Goodwin.

Goodwin menambahkan, jadi masuk akal kalau harapan suku bunga yang lebih lemah bergerak maju dan hasilkan sedikit kenaikan di pasar saham. Namun, Goodwin memperingatkan lingkungan ekonomi yang tidak biasa dan periode panjang sebelum pertemuan the Fed berikutnya membuat sulit untuk prediksi jalur bank sentral dari sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.