Sukses

Bukalapak Rilis SIGNAL demi Mudahkan Pembayaran Pajak hingga Urus Dokumen Kendaraan Bermotor

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak memperkenalkan fitur Samsat Digital Nasional (SIGNAL) di platform marketplace Bukalapak untuk memenuhi kebutuhan pendaftaran dan pengesahan STNK serta pembayaran PKB dan SWDKLJJ secara mudah dan aman bagi seluruh masyarakat.

SIGNAL adalah transformasi dari layanan SAMOLNAS yang sudah dihentikan sejak September 2020 oleh Pembina Samsat Nasional untuk tujuan pengembangan. Layanan SIGNAL hadir dengan mengedepankan peningkatan kualitas serta pemenuhan norma-norma standar dalam pelayanannya.

Keunggulan dari layanan SIGNAL ini adalah masyarakat dapat memakai fitur E-Pengesahan STNK berupa barcode yang akan tampil pada aplikasi SIGNAL sehingga tidak perlu lagi datang ke Samsat untuk melakukan pengesahan STNK.

Selain itu Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran juga bisa dikirimkan ke alamat yang diminta. Demikian mengutip dari keterangan tertulis, Senin (27/6/2022).

Layanan SIGNAL di Bukalapak sudah dapat digunakan oleh masyarakat yang berdomisili di provinsi berikut:

●        Banten

●        Jawa Tengah

●        Kepri

●        DKI Jakarta

●        Jawa Timur

●        Sumatera Barat

●        Riau

●        Jambi

●        Bengkulu

●        Sulawesi Selatan

●        Sulawesi Tenggara

●        Sulawesi Barat

●        NTB

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Langkah Penggunaan Fitur

Untuk menggunakan fitur SIGNAL di marketplace Bukalapak, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah mudah berikut:

-Download Aplikasi SIGNAL di Playstore atau Appstore

-Buat akun SIGNAL dan lakukan validasi E-KTP dan foto selfie

-Tambahkan nomor kendaraan yang ingin dibayar dengan memasukkan NIK, No kendaraan dan No rangka hingga pendaftaran berhasil

-Daftar Pengesahan STNK dengan memasukkan No Kendaraan kemudian klik Lanjut

-Lengkapi data Pengiriman Dokumen kemudian klik Lanjut Pembayaran

-Copy Kode Bayar dan pilih Bukalapak sebagai metode pembayaran

-Masuk Aplikasi Bukalapak dan ketik “SIGNAL” pada menu pencarian

-Masukkan Kode Bayar yang didapatkan dari Aplikasi SIGNAL kemudian klik lanjut

-Periksa detail transaksi dan pilih metode pembayaran yang diinginkan 

3 dari 4 halaman

Jadi Mitra Kartu Prakerja, Bukalapak Hadir di Temu Raya Alumni Pekerja

Sebelumnya, PT Bukalapak.com (BUKA) berpartisipasi dalam kegiatan Temu Raya #KitaPrakerja yang diadakan di Sentul International Convention Center, 17 Juni 2022. Kehadiran Bukalapak yakni sebagai salah satu mitra platform digital Kartu Prakerja.

"Peran Bukalapak pada program Kartu Prakerja tidak hanya mempertegas komitmen Bukalapak untuk terus mendukung program pemerintah, tetapi juga untuk membantu masyarakat yang mengalami dampak ekonomi, termasuk saat pandemi Covid-19," ujar Head of Public Relations Bukalapak, Monica Chua dalam keterangan resmi, Rabu (22/6/2022).

Para peserta Kartu Prakerja di Bukalapak dapat memilih lebih dari 100 kelas pelatihan baru sesuai dengan minat dan kebutuhan. Peserta Kartu Prakerja yang melakukan pembelian kelas pelatihan di Bukalapak berkesempatan untuk mengikuti kompetisi dengan beragam hadiah pulsa dan paket data.

Selain itu, ada gratis ongkos kirim (ongkir) dan diskon saat berbelanja di marketplace Bukalapak dari Traktir Ongkir dan Nabung Diskon. Monica menerangkan, Temu Raya menjadi ajang kumpul penerima manfaat Kartu Prakerja berskala nasional.

 

 

4 dari 4 halaman

Penerima Kartu Prakerja

Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bertemu alumni Kartu Prakerja. Sebanyak 8.000 penerima manfaat dari berbagai provinsi di Indonesia hadir untuk bertemu dan berbincang bersama Presiden Joko Widodo, mengikuti mini job fair dan menikmati live music. Terdapat juga ribuan alumni dan peserta Kartu Prakerja yang bergabung secara virtual dari seluruh Indonesia.

"Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Program Kartu Prakerja terbukti bermanfaat kepada masyarakat sampai pelosok. Apalagi tidak ada dana insentif yang melewati pihak lain, tapi dana langsung dari Kementerian Keuangan ke penerima manfaat," ujar Monica.

Dalam dua tahun pelaksanaannya, program Kartu Prakerja telah mencapai gelombang ke-33, dengan lebih dari 12,8 juta penerima manfaat yang tersebar di 514 kabupaten/kota se-Indonesia.