Sukses

Varian Omicron COVID-19 hingga Suku Bunga The Fed Bakal Bebani IHSG

Sejumlah sentimen internal dan eksternal bakal bayangi gerak IHSG pada 2022, salah satunya varian baru COVID-19 omicron.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada 2022 diprediksi dapat sentuh 7.380. Namun, dalam perjalanan menuju target IHSG tersebut, sentimen varian omicron COVID-19 dan potensi kenaikan suku bunga the Federal Reserve (the Fed) akan membayangi.

Associate Director Pilarmas Investindo, Maximilianus Nicodemus menuturkan, IHSG berpotensi 7.380 hingga akhir tahun 2022. Akan tetapi, dalam perjalanan IHSG, sejumlah sentimen negatif akan menekan IHSG.

Pertama, ada varian baru omicron COVID-19. Ia menuturkan, varian omicron patut diperhatikan lantaran potensi menganggu menciptakan prospek pemulihan ekonomi jika tidak dapat dikendalikan dengan baik karena dapat memicu kenaikan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Ketika PPKM dinaikkan dapat hambat aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dapat membuat daya beli akan turun. Kita masih membutuhkan konsumsi dan daya beli untuk menopang pertumbuhan ekonomi,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (11/2/2022).

Maximilianus menambahkan, secara fundamental ekonomi Indonesia kuat tetapi daya beli dan konsumsi masih rapuh imbas omicron.

Kedua, sentimen yang akan menekan IHSG yaitu rencana bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve (the Fed) untuk menaikkan suku bunga.

"The Fed perlu diperhatikan seberapa cepat dan seberapa besar menaikkan suku bunga. Jadi diperhatikan kenaikan inlfasi membuat spekulasi bermain di tengah investor dan trader,” kata dia.

Ia menambahkan, investor dan pelaku pasar yakin the Fed akan menaikkan suku bunga seiring inflasi AS yang melonjak dan mencapai level tertinggi sekitar 7,5 persen. Akan tetapi, di sisi lain, pemulihan ekonomi dunia, menurut Maximilianus tidak merata sehingga ada perbedaan suku bunga.

"China bersama AS diharapkan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi dunia, tetapi China melonggarkan kebijakan moneter dengan turunkan suku bunga. Sedangkan (AS) memperketat kebijakan moneter,” kata dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sektor Saham Pilihan

Namun, Maximilianus optimistis IHSG dapat sentuh 7.380 pada akhir 2022 didukung dari sentimen internal terutama fundamental ekonomi Indonesia masih cukup kuat. Hal ini ditunjukkan pertumbuhan ekonomi postiif pada 2021 akan berlanjut pada 2022.

Selain itu, inflasi masih terjaga dan cadangan devisa yang masih positif. Bank Indonesia mencatat, cadangan devisa Indonesia pada akhir Januari 2022 merosot dibandingkan dengan Desember 2021. Cadangan devisa RI pada Januari 2022 USD 141,3 miliar. 

Suku bunga acuan Bank Indonesia juga masih stabil di 3,5 persen. Meski demikian, Maximilianus melihat Bank Indonesia akan menaikkan suku bunga untuk antisipasi rencana kenaikan suku bunga the Fed.

Untuk sektor saham pilihan yang dapat dicermati pada 2022, ia memilih sektor saham perbankan, consumer non siklikal, energi, infrastruktur dan teknologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Persentase dari pokok utang yang dibayarkan sebagai imbal jasa (bunga) dalam suatu periode tertentu disebut suku bunga.

    suku bunga

  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

    The Fed

  • IHSG