Sukses

Mengenal Nico Kanter, Komisaris Vale Indonesia yang Didapuk Jadi Dirut Baru Antam

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Antam Tbk (ANTM) menyetujui pengangkatan Nicolas D. Kanter alias Nico Kanter sebagai Direktur Utama, Nico menggantikan Dana Amin yang sebelumnya mengisi jabatan Direktur Utama.

Nico Kanter sebelumnya menjabat sebagai Komisaris PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Ia ditunjuk oleh Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2021 setelah menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO PT Vale Indonesia Tbk selama 9 tahun.

Nico Kanter memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia pada 1983 dan pada 1990 memperoleh gelar Master of Business Administration dalam bidang International Business dari University of Southern California – USA. Sejak 2009-2011, Nico Kanter menjabat sebagai Komisaris Independen PT Vale.

Sebelum itu, ia menduduki posisi sebagai Head of Country BP Indonesia sejak 2008, yang membawahi seluruh bisnis BP di Indonesia dan memastikan pengintegrasian BP di Indonesia.

Mengawali karier di BP Indonesia pada 1984 sebagai Pengacara Perusahaan, sampai dengan diangkatnya pada 1996 sebagai Human Resources Manager, Nico telah menjabat di berbagai departemen yang berbeda di BP Indonesia.

Mulai dari Departemen Purchasing, Finance, Control & Planning hingga Marketing & Commercial. Merujuk laman resmi PT Vale Indonesia Tbk, Kamis (23/12/2021), Nico dipromosikan sebagai Vice President Public & Government Affairs di BP/Arco Indonesia pada 1999 sampai 2001, kemudian Senior Vice President Human Resources & General Support di Vico Indonesia dari tahun 2001 hingga 2002.

Selanjutnya, Nico diperbantukan ke BP Asia Pacific & Middle East (Hong Kong) menjadi Executive Assistant for the Group Vice President Upstream dalam persiapan untuk jabatan kepemimpinan yang lebih senior dalam BP.

Sekembalinya Nico ke Indonesia pada 2003, ia diangkat sebagai Senior Vice President for Public and Government Affairs. Karier di BP terus berkembang hingga beliau dipromosikan sebagai Executive Vice President Human Resources & Relations.

Kemudian pada 2005, Nico dipercayakan untuk memegang jabatan sebagai Executive Vice President Human Resources & Relations di BP Indonesia.

Pada RUPSLB Antam menyetujui mengangkat Nico Kanter sebagai direktur utama perseroan pada Kamis, 23 Desember 2021.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Hasil RUPSLB Antam

Sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Antam Tbk (ANTM) menyetujui perubahan jajaran manajemen perusahaan. RUPSLB memutuskan mengangkat Nicolas D. Kanter sebagai Direktur Utama Antam, menggantikan Dana Amin.

"Perseroan mengucapkan terima kasih atas dedikasi kepada yang diganti. Terima kasih atas kontribusi pengurus yang diganti," kata Corporate Secretary Antam Yulan Kustiyan dalam video konferensi usai RUPSLB, Kamis (23/12/2021). 

Nicolas sebelumnya merupakan Komisaris PT Vale Indonesia Tbk (INCO) sejak 29 April 2021. Dia juga pernah menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO PT Vale Indonesia Tbk selama sembilan tahun.

Dengan demikian, susunan dewan Direksi dan Komisaris Perseroan menjadi sebagai berikut:

Direktur:

Direktur Utama: Nicolas D. Kanter

Direktur Operasi dan Produksi: I Dewa Bagus Sugata Wirantaya

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Elisabeth RT Siahaan

Direktur Pengembangan Usaha: Dolok Robert Silaban  

Direktur Sumber Daya Manusia: Basar Simanjuntak  

Komisaris:

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: F.X. Sutijastoto

Komisaris: Dio Seno Widagdo  

Komisaris Independen: Anang Sri Kusuwardono  

Komisaris Independen: Gumilar Rusliwa Somantri  

Komisaris: Bambang Sunarwibowo 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS