Sukses

Segera IPO di AS, Nubank yang Didukung Warren Buffett Incar Valuasi Sentuh Rp 798,75 Triliun

Raih pendanaan dari Berkshire Hathaway, perusahaan investasi milik Warren Buffett, Nubank memiliki valuasi USD 30 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Fintech asal Brasil, Nubank, sedang mencari valuasi dalam penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) di Amerika Serikat (AS). Valuasi perseroan tersebut direncanakan melebihi perusahaan pemberi pinjaman tradisional utama negara itu, Itau Unibanco Holding SA.

Dilansir dari channelnewsasia, Kamis (26/8/2021), jika Nubank berhasil terdaftar di atas kapitalisasi pasar Itau senilai USD 55,4 miliar atau sekitar Rp 798,75 triliun (asumsi kurs Rp 14.417 per dolar AS). Nubank akan naik ke peringkat fintech terbesar di dunia. Mengungguli Robinhood yang mencatatkan saham baru-baru ini.

Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya, dalam beberapa minggu terakhir para bankir Nubank telah mengajukan valuasi sebesar USD 100 miliar atau sekitar Rp 1.441 triliun. Mereka mengatakan, unicorn fintech Brasil itu tidak mungkin dinilai begitu tinggi pada saat go public.

Dalam putaran pendanaan baru-baru ini yang dipimpin oleh Berkshire Hathaway Inc dari Warren Buffett, Nubank, yang memiliki 40 juta klien di Amerika Latin, memiliki valuasi USD 30 miliar atau sekitar Rp 432,54 triliun.

Menurut peringkat oleh CBInsights, Nubank adalah unicorn ketujuh paling berharga di dunia, di belakang fintech Stripe, Klarna, dan Revolut. Nubank telah menunjuk unit perbankan investasi Morgan Stanley, Goldman Sachs dan Citigroup untuk membantu pencatatan di Bursa Amerika Serikat.

 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkshire Hathaway Investasi di Nubank

Sebelumnya, Perusahaan investasi Berkshire Hathaway milik Warren Buffett menanamkan investasi USD 500 juta atau sekitar Rp 7,12 triliun (asumsi kurs Rp14.249 per dolar AS) di bank digital Brasil Nubank. Hal itu disampaikan Nubank pada Selasa, 8 Juni 2021.

Valuasi Nubank meningkat dari USD 25 miliar menjadi USD 30 miliar setelah investasi dari Berkshire Hathaway.Demikian disampaikan sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Valuasi baru ini menempatkan bank digital sedikit di belakang Banco Bradesco, salah satu bank top di Brazil dengan nilai pasar USD 40,9 miliar. Demikian mengutip dari Forbes, ditulis Jumat, 11 Juni 2021.

Nubank yang memiliki 40 juta klien menyampaikan, pihaknya akan memakai dana tersebut untuk ekspansi global ke Meksiko dan Kolombia, meluncurkan produk dan layanan baru serta mempekerjakan lebih banyak karyawan.

Kedatangan investor kelas atas tersebut yang biasanya berinvestasi di perusahaan publik memberikan sinyal tentang seberapa dekat Nubank dengan rencana pencatatan saham.

Mengutip yahoo finance, sebelumnya pada April 2021, Reuters melaporkan Nubank telah memulai persiapan untuk mencatatkan saham di bursa saham Amerika Serikat (AS).

Investasi Berkshire Hathaway merupakan perpanjangan dari putaran seri G senilau USD 400 juta yang diumumkan pada Januari. Perusahaan Warren Buffett juga memiliki StoneCo, perusahaan pembayaran digital yang berbasis di Brazil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.