Sukses

Ada Reshuffle Kabinet Terbatas, Bagaimana Dampaknya ke Pasar Modal?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik sejumlah tokoh untuk menduduki posisi pos kementerian dan lembaga. Lalu bagaimana dampaknya ke pasar saham?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik empat tokoh untuk menduduki pos kementerian dan lembaga pada Rabu, (28/4/2021).

Dari empat tokoh itu, Jokowi dikabarkan akan melantik Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dikbud-Ristek). Ia juga akan melantik Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Investasi.  Adapun reshuffle kabinet terbatas ini dilakukan usai usulan pemerintah melebur Kemendikbud dengan Kemenristek dan pembentukan Kementerian Investasi disetujui oleh DPR RI.

Dengan ada reshuffle kabinet tersebut itu, bagaimana dampaknya ke pasar modal?

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee menuturkan, ada kementerian investasi positif bagi pasar. Diharapkan Kementerian Investasi dapat meningkatkan investasi dari investor asing ke Indonesia dan memperbaiki birokrasi.

"Positif bagi pasar. Kementerian investasi diharapkan meningkatkan investasi di Indonesia. Minat investor asing tinggi, tetapi birokrasi tidak gampang,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Rabu (28/4/2021).

Hans menilai, proses birokrasi masih rumit sehingga menghambat padahal minat investor asing besar. Oleh karena itu, ia menilai, ada sentimen ini akan direspons positif oleh investor di pasar saham.

Selain sentimen reshuffle kabinet, Hans mengatakan, pelaku pasar juga mencermati perkembangan situasi COVID-19 di India. Diharapkan Indonesia dapat mengantisipasi penyebaran kasus COVID-19 sehingga mencegah kejadian seperti di India.

Hans menambahkan, pasar juga menanti hasil pertemuan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve pada pekan ini. Laporan keuangan perusahaan Amerika Serikat juga menjadi perhatian. “Pasar menanti apa yang disampaikan Ketua The Fed Jerome Powell mengenai kebijakan, bunga, tapering, dan inflasi,” ujar dia.

Hans memperkirakan, IHSG akan konsolidasi menguat pada Rabu, 28 April 2021. IHSG akan bergerak di kisaran support 5.994-5.883 dan resistance di 6.003-6.045.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain Bahlil Lahaladia dan Nadiem Makarim, ada Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko yang akan dilantik pada Rabu pekan ini. Dia disebut akan mengisi jabatan sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"(Kepala BRIN) Dari Kepala LIPI," kata sumber Liputan6.com di lingkaran Istana saat dikonfirmasi, Selasa 27 April 2021, seperti dikutip dari Kanal News Liputan6.com.

Nama lain yang dikabarkan akan dilantik Jokowi adalah Indriyanto Seno Adji yang akan menjadi anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mantan Plt Wakil Ketua KPK itu menggantikan Artidjo Alkostar.

"Iya (Indriyanto Seno Adji juga akan dilantik menjadi Dewas KPK)," ujar sumber Liputan6.com di Istana saat dikonfirmasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.

    pasar modal