Sukses

2 April 2021, Jasa Marga Operasikan Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran di Gerbang Tol (GT) Pamulang Jalan Tol Serpong-Cinere pada Kamis, 1 April 2021.

Mulai Jumat, 2 April 2021,  Jasa Marga (JSMR) melalui PT CSJ dan PT JKC akan mengoperasikan dua jalan tol ini sejak pukul 22.00 WIB.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru berharap, masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan jalan tol ini secara maksimal. 

"Dengan dibukanya dua jalan tol ini, pengguna jalan asal Pamulang, Serpong dan sekitarnya bisa melakukan perjalanan menerus menuju Bandara Soekarno-Hatta, demikian pula sebaliknya. Untuk sementara waktu, pengguna jalan dapat mengakses dua jalan tol ini tanpa tarif, sebagai bentuk sosialisasi kami kepada masyarakat,” kata Heru dalam keterangannya, Kamis (1/4/2021).

Meskipun kedua jalan tol yang baru diresmikan tersebut dioperasikan tanpa tarif, tetapi perjalanan menerus dari Pamulang/Serpong menuju Bandara Soekarno-Hatta maupun sebaliknya, tetap akan dikenakan tarif untuk Jalan Tol ruas Kunciran-Serpong yang telah beroperasi lebih dahulu sejak 2019, dengan tarif Rp20.000.

“Untuk itu, pengguna jalan tetap harus menyiapkan uang elektronik sebelum memasuki gerbang tol, dan juga tidak lupa tetap mematuhi peraturan selama masa sosialisasi ini,” ujar heru.

2 dari 3 halaman

Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran Gratis 14 Hari

Sebelumnya, Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi I Serpong - Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran telah diresmikan dan mulai beroperasi pada hari ini, Kamis, 1 April 2021. Kedua jalan tol tersebut akan gratis selama 14 hari ke depan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit. Tarif gratis tersebut merupakan bagian dari sosialisasi.

"Sosialisasi pengoperasian tidak berbayar dahulu," kata Danang kepada Liputan6.com pada Kamis, 1 April 2021.

Kendati demikian, ia belum bisa memastikan mengenai besaran tarif untuk kedua jalan tol tersebut. Penetapan tarif akan dilakukan setelah ada surat keputusan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Ditunggu saja SK tarifnya," tutur Danang.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 km dan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran sepanjang 14,19 km pada hari ini, Kamis (1/4/2021). Keduanya merupakan bagian dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Jalan Tol Serpong-Cinere terdiri dari dua seksi. Seksi 1 ruas Serpong IC - Pamulang IC sepanjang 6,5 km, dan seksi 2 ruas Pamulang IC - Cinere IC sepanjang 3,64 km. Konstruksi untuk seksi 2 ditargetkan rampung pada 2023.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini