Sukses

Sinar Mas Land Raih Kredit Sindikasi Rp 3,28 Triliun untuk Proyek Tol Serpong-Balaraja

PT Trans Bumi Serbaraja memperoleh pembiayaan kredit sindikasi sebesar Rp 3,28 triliun untuk membiayai pembangunan jalan tol Serpong-Balaraja Seksi 1

Liputan6.com, Jakarta PT Trans Bumi Serbaraja memperoleh pembiayaan kredit sindikasi sebesar Rp 3,28 triliun untuk membiayai pembangunan jalan tol Serpong-Balaraja Seksi 1.

Kredit sindikasi untuk proyek ini digagas oleh PT Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai Joint Mandated Lead Arranger and Book Runners (JMLAB) dan kreditur bersama dengan Bank BJB dan Bank Papua.

Dalam sindikasi ini yang bertindak sebagai Agen Fasilitas dan Agen Penampungan adalah BCA. Sementara Agen Jaminan adalah Bank Mandiri.

PT Trans Bumi Serbaraja merupakan BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) dari ruas Serpong-Balaraja sepanjang 39,9 Km.

Kredit sindikasi perbankan diperlukan karena total biaya investasi seksi 1 ruas tol Serpong-Balaraja sebesar Rp 5,47 triliun, termasuk Rp 2,19 triliun yang akan dipenuhi dari ekuitas PT Trans Bumi Serbaraja sebagai pemegang konsesi jalan tol Serpong-Balaraja.

President Director PT Trans Bumi Serbaraja Christopher Siswanto Adisaputro mengungkapkan, Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja menyampaikan terima kasih kepada para kreditur bank sindikasi yang turut bergabung dalam penandatanganan kredit untuk proyek jalan tol hari ini.

“Kami yakin dengan dukungan dari lima kreditur, jalan tol yang dibutuhkan masyarakat ini dapat segera beroperasi,” ungkap Christopher Siswanto Adisaputro, Kamis (1/4/2021).

PT Trans Bumi Serbaraja saat ini sedang mengerjakan pembangunan seksi 1A jalan tol Serpong-Balaraja (Serbaraja).

Pembangunan tol Serbaraja seksi 1A sepanjang 4,5 km yang menghubungkan kawasan The Green dengan AEON Mall BSD City ditargetkan dapat mulai beroperasi di kuartal IV 2021.

Pembangunan juga akan segera dilakukan untuk seksi 1B sepanjang 5,3 km dari AEON Mall sampai dengan Legok. Tol Serbaraja merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Banten.

Jalan Tol Serpong-Balaraja akan meringankan beban kendaraan yang selama ini ditanggung oleh jalan-jalan di kawasan Tangerang. Tol ini akan terkoneksi dengan tol Ulujami-Serpong serta menghubungkan Kota Tangerang Selatan dengan Kabupaten Tangerang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panjang 39,9 Km

Pembangunan tol Serpong-Balaraja sepanjang 39,9 kilometer dibagi dalam tiga tahap yakni seksi I Serpong-Legok (9,8 km), seksi II Legok-Pasir Barat (11,5 km), dan seksi III Pasir Barat-Balaraja (18,6 km). Seluruh pendanaan pembangunan dan konstruksinya berasal dari Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja.

Gerbang tol Serbaraja seksi 1A akan berlokasi tepat di sisi AEON Mall. Gerbang tol ini akan terkoneksi dengan Stasiun Cisauk yang berada di kawasan Intermoda BSD City.

Area ini merupakan transit-oriented development (TOD) yang menghubungkan beberapa layanan transportasi publik termasuk shuttle bus BSD Link dan Commuter Line melalui Stasiun Cisauk.

Kehadiran tol tersebut akan memudahkan mobilisasi warga BSD City dan sekitarnya serta membantu pertumbuhan sejumlah daerah urban di Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten serta Kabupaten Bogor di Provinsi Jawa Barat.

Proyek ini dimaksudkan untuk menyediakan jalur alternatif guna mengembangkan dan memeratakan pembangunan wilayah Tangerang di bagian selatan, tengah, dan barat yang merupakan jalur kurang berkembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.