Sukses

BEI: Pembiayaan Marjin Naik hingga 10 Persen Tiap Bulan

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan, transaksi pembiayaan margin rata-rata per harinya mencapai Rp 1,3 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat pembiayaan margin turut naik sejalan dengan tren kenaikan transaksi saham di bursa. Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengungkapkan kenaikan pembiayaan marjin ini meningkat di rentang 8-10 persen tiap bulan.

“Rentangnya kurang lebih bertahan di angka sekitar 8 persen sampai 10 persen setiap bulannya relatif dibandingkan transaksi keseluruhan yang dilakukan oleh para investor ritel,” kata Hasan dalam siaran bertajuk Incar Cuan Investasi Saham, Pahami Risikonya, Selasa (23/3/2021).

Sebagai gambaran, pada Januari 2021, Hasan mengatakan, transaksi pembiayaan marjin rata-rata per harinya mencapai Rp 1,3 triliun. Dengan angka rata-rata transaksi keseluruhan investor ritel ada di angka Rp 14 triliun.

"Jadi proporsinya sekitar 9,5 persen pada saat itu," kata Hasan.

Untuk diketahui, fasilitas pembiayaan margin ini memungkinkan nasabah membeli saham melebihi dana yang dimiliki dengan menggunakan pembiayaan dari fasilitas pinjaman oleh sekuritas.

Hasan menuturkan, fasilitas ini cukup aman karena dijamin otoritas termasuk OJK melalui pemberlakuan ketentuan yang ketat.

"Pembiayaan margin ini hanya dapat diberikan untuk efek-efek yang terdaftar dalam daftar efek margin, yang daftarnya pun dikeluarkan dan diseleksi secara ketat oleh bursa setiap bulannya,” kata Hasan. 

Adapun pertanyaan ini, menjawab fenomena banyaknya nasabah yang ikut-ikutan investasi hingga tak segan menggunakan uang panas hasil pinjol. Sayangnya, fasilitas pembiayaan marjin ini tidak ditujukan bagi investor baru. Hal ini mengingat proses seleksi yang ketat ,sehingga pembiayaan marjin bisa berjalan dengan baik.

"Jadi efek margin ini merupakan efek pilihan yang kami melihat kecukupan syarat kekuatan fundamentalnya, lalu likuiditas dan kewajaran transaksinya selama ini di pasar juga terjaga dan sebagainya. Sehingga kita harapkan kalau transaksi pembiayaan marjin ini cukup aman,” ujar Hasan.

Mengutip berbagai sumber, marjin trading merupakan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan sekuritas bagi nasabah yang memungkinkan para nasabah dan investor untuk membeli saham beberapa kali lipat, dari jumlah yang seharusnya didapat dengan dana yang tersedia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Investor Investasi

Sebelumnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat lonjakan investor selama pandemi COVID-19 berlangsung tahun lalu. Sepanjang 2020, jumlah investor di Pasar Modal Indonesia yang terdiri atas investor saham, obligasi, maupun reksadana, mengalami peningkatan sebesar 56 persen mencapai 3,87 juta Single Investor Identification (SID) sampai dengan 29 Desember 2020.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi menerangkan, kenaikan angka investor ini sejalan dengan munculnya kesadaran untuk berinvestasi di masyarakat.

Pada Oktober-November 2020, BEI melakukan survei dengan jumlah responden tidak kurang dari 1.222 investor yang berasal dari 30 kota di Indonesia. Dari angka ini, 42 persen di antaranya merupakan investor baru.

“Dari hasil survei itu kami mendapatkan konfirmasi jumlah investor individu di pasar modal selama masa pandemi ini sangat positif karena bersumber dari meningkatnya kesadaran berinvestasi di kalangan masyarakat kita,” kata Hasan dalam siaran bertajuk Incar Cuan Investasi Saham, Pahami Risikonya, Selasa (23/3/2021).

Mayoritas responden mengaku ingin memperoleh cuan dari investasi saham. “40,3 persen itu memang menyatakan ingin memperoleh capital gain atau cuan,” kata Hasan.

Kemudian 20,8 persen mengaku ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Selanjutnya, yang mengharapkan deviden sebanyak 17,6 persen. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • marjin

  • Pembiayaan Marjin