Sukses

Mengintip Seluk Beluk Coupang, Perusahaan dengan IPO Terbesar pada 2021

Coupang berhasil mengumpulkan dana sebesar USD 4,6 miliar setara Rp 66,26 triliun dari penawaran saham perdana atau itinial public offering (IPO).

Liputan6.com, Jakarta - Saham raksasa e-commerce Korea Selatan, Coupang (CPNG), melonjak 40 persen dalam debut pada perdagangan saham Kamis, 11 Maret 2021 di New York Stock Exchange.  

Hal itu membuat penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) Coupang menjadi IPO terbesar sepanjang 2021 di Amerika Serikat. Coupang berhasil mengumpulkan dana sebesar USD 4,6 miliar setara Rp 66,26 triliun (kurs Rp 14.405 per dolar AS).

Dilansir dari laman CNBC, saham Coupang mulai diperdagangkan pada level USD 63,50. Saham ditutup pada USD 49,25, memberikan perusahaan kapitalisasi pasar USD 84,47 miliar atau sekitar Rp 1.214 triliun (asumsi kurs Rp 14.373 per dolar AS). Berikut rangkuman terkait IPO Coupang yang dirangkum  dari berbagai sumber, Senin (15/3/2021):

- CPNG Tambah Jumlah Saham Dijual saat IPO

Coupang menaikkan jumlah saham yang akan ditawarkan, dari 120 juta menjadi 130 juta, termasuk beberapa dari pemegang saham yang ada.

Sebelumnya, perusahaan telah mengatakan akan menjual saham masing-masing antara USD 27 dan USD 30 sebelum menaikkan kisaran itu menjadi USD 32 menjadi USD 34-dan akhirnya menetapkan harga pada USD 35.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Softbank Raup Cuan Rp 471,9 Triliun dari IPO Coupang

SoftBank Group Corp berhasil meraup cuan sekitar USD 33 miliar, setara Rp 471,9 triliun (kurs Rp 14.300 per USD) dari IPO e-commerce Korea Selatan, Coupang di bursa saham Amerika Serikat (AS). Dilansir dari Yahoofinance, SoftBank menyuntikkan dana sekitar USD 3 miliar untuk 37 persen saham di perusahaan.

3 dari 7 halaman

Kekayaan Bos Coupang Naik Lebih dari 10 Kali Lipat.

Tak hanya SoftBank, Dilansir dari Forbes, 10,2 persen saham pendiri dan kepala eksekutif perusahaan, Bom Kim sekarang bernilai USD 11,1 miliar atau setara sekitar Rp 160 triliun. Kekayaan ini melonjak lebih dari 10 kali lipat dari kekayaan bersihnya sebelum IPO sebesar USD 1 miliar.

Rezeki nomplok itu membuat Kim, menjadi orang terkaya ketiga di Korea Selatan, mengungguli wakil ketua Samsung Electronics, Jay Y. Leedan dan kepala honcho di kerajaan Hyundai, Mong-koo Chung.

4 dari 7 halaman

Jadi Salah Satu Pemain Terbesar

Coupang kini menguasai hampir 25 persen pasar e-niaga Korea senilai USD 115 miliar, melampaui perusahaan lama seperti Gmarket (dimiliki oleh Ebay) dan situs web pengecer yang dijalankan konglomerat Lotte dan Shinsegae. 

Salah satu perbedaan utamanya, armada pengiriman internal di pasar tempat pengiriman dialihdayakan ke perusahaan pihak ketiga. “Masih banyak ruang untuk pertumbuhan di Korea Selatan,” kata Kim.

Menurut Goodwater, Coupang telah melampaui ritel besar seperti Walmart, Etsy, dan Alibaba dalam tingkat retensi dolar (perubahan dalam pengeluaran konsumen sejak pembelian pertama mereka). 

Itu mengalahkan Amazon dalam permainannya sendiri, debgan kelompok konsumen Coupang pada 2017 membelanjakan 350 persen lebih banyak pada tahun keempat (2020) mereka ke Amazon 280 persen.

5 dari 7 halaman

Miliki lebih dari 100 pusat pemenuhan dan logistik di lebih dari 30 kota

Didirikan pada 2010 oleh miliarder Korea-Amerika Bom Kim, Coupang (dilafalkan "coo-pong") membuat namanya terkenal melalui layanan pengiriman hari yang sama atau hari berikutnya yang dijamin. Seringkali dibandingkan dengan Amazon atau Alibaba, Coupang memiliki lebih dari 100 pusat pemenuhan dan logistik di lebih dari 30 kota. 

Perusahaan, yang menduduki peringkat nomor 2 pada daftar CNBC Disruptor 50 2020, juga mempekerjakan 15 ribu pengemudi di Korea Selatan untuk pengirimannya.

6 dari 7 halaman

Sempat Alami Kerugian

Coupang hampir menggandakan pendapatannya menjadi USD 12 miliar tahun lalu, menurut pengajuannya untuk go public. Namun, perusahaan melaporkan kerugian bersih sekitar USD 475 juta pada 2020.

7 dari 7 halaman

Sejumlah Kasus Terkait Pekerja

Coupang menghadapi pengawasan Maret lalu ketika seorang pekerja kontrak sementara meninggal selama shift pengiriman di Ansan, sebuah kota di selatan Seoul.

Kemudian, pada Oktober, seorang pria berusia 27 tahun yang bekerja di pusat pemenuhan kebutuhan perusahaan di Daegu meninggal tak lama setelah shift malam. 

Baru-baru ini, ada seorang kurir Coupang yang meninggal pada hari Minggu lalu, meskipun dia tidak sedang bekerja pada saat kematiannya.

Serikat Pekerja Layanan Umum dan Transportasi Korea mengaitkan kematian tersebut dengan jam-jam yang melelahkan dan tuntutan yang dibawa oleh sistem pengiriman perusahaan yang bergerak cepat. 

Awal pekan ini, Financial Times melaporkan, delapan orang yang dipekerjakan oleh Coupang telah meninggal selama setahun terakhir karena kondisi kerja yang tidak menguntungkan, mengutip otomatisasi yang kurang dari raksasa e-commerce lainnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.